Wakil Walikota Genius Umar menyerahkan zakat fitrah dan zakat konsumtif kepada 450 fakir miskin atau mustahiq se-Kecamatan Pariaman Timur. Kegiatan itu bertempat di Masjid Raya Sungai Pasak. Dana yang berasal dari zakat fitrah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Pariaman ini diserahkan sebanyak 300 ribu rupiah perorang yang dapat diambil dalam bentuk kupon.

Menurut Wawako Genius, dana yang dibagikan ini merupakan hasil pengumpulan zakat fitrah yang langsung dipotong dari gaji PNS yang dikumpulkan melalui Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kota Pariaman.

“Zakat merupakan harta yang diwajibkan oleh Allah SWT untuk diberikan kepada para mustahiq sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran dalam surat At-Taubah ayat 103. OLeh karena itu, pemerintah berkewajiban untuk mengumpulkan dan mendistribusikannya,” ujar Genius.

Berkaitan dengan kegiatan acara pembagian zakat, Wawako menyatakan harapan hal ini akan menjadi manfaat bagi para penerima, meskipun dirinya menyadari, nilai zakat yang dibagikan tidaklah terlalu besar.

“Kami mengharapkan agar hal itu dijadikan sebagai wujud penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Pariaman sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh Bazda,” tukasnya.

Ketua II Bazda Kota Pariaman Yosef Khairul melaporkan, total dana zakat yang disalurkan sebesar Rp.892.600.000. Dana itu diambilkan dari zakat fitrah PNS Rp100 juta, selebihnya merupakan zakat profesi.

“Kami dari BAZ berharap agar warga yang menerima zakat ini merupakan orang-orang yang memang berhak menerimanya,” jelas Yosef.

Ia mengaku bersyukur karena sejak Bazda Kota Pariaman didirikan telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sebagai lembaga untuk menyalurkan zakat mereka. Hal ini dibuktikan dengan telah banyak masyarakat di luar PNS yang menitipkan zakat mereka di BAZ untuk kemudian di distribusikan. (so)

loading...