30 C
Padang
Kamis, Februari 25, 2021
Beritasumbar.com

Pelayanan Samsat Dikeluhkan
P

Kategori -

Bikittinggi – Warga yang berurusan dengan Kantor Samsat Bukittinggi mengeluhkan biaya cek fisik kendaraan roda dua dan roda empat di kantor tersebut. Pasalnya, mereka merasa dikenai pungutan liar (pungli) antara Rp 25.000-Rp 150.000/orang.

 

Salah seorang wajib pajak di kantor Samsat Bukittinggi kemarin yang menolak ditulis namanya mengaku biaya yang dikenai untuk pajak mobil pribadi jenis Gren Livina miliknya Rp 3 juta sedang­kan dalam rincian pengeluaran sekitar Rp 2.600.000. “Kelebihan pembayaran itu tanpa bukti kui­tansi resmi dari petugas terkait. Saya sendiri, hanya disuruh memba­yar karena BPKB mobil saya masih di showroom,” kata warga Garegeh itu.

 

 

Ani, warga lainnya menga­takan, telah lebih empat bulan mengurus STNK kendaraannya, namun hingga saat ini belum juga tuntas. ”Sejak Juni 2013 dima­sukkan. Kata petugas September 2013 sudah bisa diambil, ternyata sudah Oktober 2013 belum juga tuntas,” katanya.

 

 

Pantauan Padang Ekspres, di dalam ruangan pelayanan, tidak adanya petunjuk prosedur pem­bayaran pajak dan tarif resmi. Yang tertera di dinding loket pela­yanan berbunyi; “Sebaiknya Mem­bayar Pajak tidak melalui Calo”. Di din­ding sebelah barat tertera aturan untuk petugas dalam m­e­layani wajib pajak.

 

 

Kepala UPTD Kantor Samsat Bukittinggi Hidayat ketika dikon­firmasi membantah  adanya pu­ngutan liar di kantor itu. Ketika ditanya  besaran biaya yang harus dikeluarkan setiap wajib pajak, dia berkilah semuanya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Ia juga mengatakan,  pihak­nya tidak memiliki wewenang untuk menentukan biaya cek fisik. Sebab, kebijakan tersebut yang me­nerap­kan adalah petugas lainnya di kantor itu.  “Ini kewenangan ke­polisian,” ujarnya.

 

 

Ia juga menerangkan di dalam Kantor Samsat ada tiga instansi selain instansinya juga ada ke­polisian dan Jasa Raharja.

 

 

Menanggapi berkeliarannya para calo yang keluar masuk ruang pelayanan Samsat juga menjadi keluhan dari masyarakat, Hidayat mengatakan akan mendata serta mengakomodir dengan men­jadi­kan mitra Samsat. “Tentu saja dengan aturan yang berlaku, yang pastinya mereka harus jelas asal-usulnya,” tukasnya. Hidayat juga mengatakan telah mem­beri­kan teguran keras dan surat pe­ringatan pertama dan kedua ke­pada oknum petugas Samsat yang terbukti mencari penghasilan ilegal dari pekerjaan mereka.

 

 

Hidayat  bertekad memberikan pelayanan maksimal kepada ma­syarakat dengan membuat tempat pemeriksaan cek fisik kendaraan yang lebih representatif.

 

”Saat ini tempat pemeriksaan kendaraan hanya berupa pondok biasa saja. Rencananya, sebelum Desember 2013 tempat pemerik­saan cek fisik kendaraan sudah selesai dibangun,” kata Hidayat.

 

Menurut dia, perencanaan untuk pembuatan tempat peme­rik­saan cek fisik kendaraan telah dimulai.

 

 

Sejauh ini, pelayanan diberikan Samsat kepada masyarakat masih jauh dari harapan. Misalnya, saat akan membayar pajak kendaraan atau biaya balik nomor (BBN) kendaraan dibutuhkan waktu berbulan-bulan.

 

 

Tidak itu saja, besaran biayanya tidak jelas berapa nilainya.  Hidayat mengakui dengan kondisi keter­lambatan itu. Ia menyebutkan, bahwa keterlambatan disebabkan blanko Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) mengalami kekurangan.”Bahan-bahanya yaitu STNK dan BPKB kan semuanya dari pusat. Pusat yang mengirim ke Samsat,” kata dia.

 

Kasat Lantas Polres Kota Bukit­tinggi AKP.M.Sudjarot  Zakun berjanji akan menindak ang­gotanya yang ketahuan melakukan pungutan liar di luar ketentuan yang berlaku, karena sesuai dengan motto kepolisian memberikan layanan yang baik terhadap masyarakat umum. Ia juga mengaku belum mengetahui dan mendapat laporan jika ada anggotanya yang melakukan hal tersebut.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...
- Advertisement -

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).

Pasca Operasi Punggung, Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Dengan wajah pucat, seorang remaja terlihat terbaring lemas di tempat tidur UGD Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, Kamis (18/2).
- Advertisement -

BPNB Sumbar dan HWK Sumbar bersama DPD RI Gelar Orasi Pemajuan Kebudayaan Saniangbaka

Saniangbaka memiliki kekayaan dalam seni dan budaya. Nagari yang berada di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut menonjol dengan kesenian tarinya yang sering ditampilkan pada panggung nasional dan internasional.

Irvan Firdaus Lantik 31 Dokter Cilik

Dengan memakai baju putih-putih khas seorang dokter, 31 dokter cilik di SDN 13 Payakumbuh dilantik oleh Kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus, di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kamis (18/2).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Pelanggaran Netralitas ASN-Wali Nagari Di Limapuluh Kota Selama Pilkada 2020, Ini Rinciannya

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, empat pelanggaran yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN)...

BPNB Sumbar dan HWK Sumbar bersama DPD RI Gelar Orasi Pemajuan Kebudayaan Saniangbaka

Saniangbaka memiliki kekayaan dalam seni dan budaya. Nagari yang berada di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut menonjol dengan kesenian tarinya yang sering ditampilkan pada panggung nasional dan internasional.

Kawasan Lembah Harau Kembali Terbakar, Diduga Pelaku Kemah Lupa Matikan Api Unggun

Sarilamak, beritasumbar.com - Kawasan Wisata Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota Kembali mengalami mengalami kebakaran pada Selasa siang, namun berhasil dipadamkan oleh petugas. "Pada kebakaran hutan...

Cegah Narkoba Di Jajaran Internal, Personel Polres Sijunjung Tandatangani Fakta Integritas

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mencegah pemakaian nakorba pada jajaran internal, semua personel Polres Sijunjung menandatangani komitmen moral untuk tidak menyalahgunakan, memakai, dan atau mengedarkan ...

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...

Terlambat Laporkan SPT Tahunan, Wismar: Tak Berpenghasilan Tetap Didenda

Bukittinggi, beritasumbar.com - KPP Pratama Bukittinggi mengimbau masyarakat wajib pajak pribadi atau badan, meski tak berpenghasilan diwajibkan melaporkan SPT tahunan 2020 sebelum jatuh tempo,...

Usai Jabat Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan Akan Aktif Dalam Kegiatan Sosial

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah berakhir menjabat Wakil Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat periode 2016-2021, Ferizal Ridwan akan kembali menjalani sejumlah kegiatan sosial. Hal itu...

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...
- Advertisement -