31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Anas Urbaningrum Akui Sumbar Kantongnya Tokoh Pergerakan Nasional Pertama
A

Kategori -
- Advertisement -

Padang –  Ketua Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI), Anas Urbaningrum menyatakan Sumatera Barat merupakan kantong pergerakan nasional pertama di Indonesia.

“Berdasarkan sejarah Sumbar merupakan basis atau kantong pergerakan nasional lahir pertama di Indonesa,” kata Anas Urbaningrum saat meresmikan rumah PPI cabang Padang, Sabtu(26/10/2013).

Menurutnya, semua orang tahu bahwa banyak tokoh-tokoh pergerakan nasional yang bermunculan berasal dari Sumatera Barat dan turut membesarkan Indonesia. “Tokoh besar asal Sumbar antara lain Dr.Muhammad Hatta, St.Syahril dan masih banyak yang lainnya,” tambah Anas.

Tokoh itu tidak lahir dengan sendirinya, namun tokoh itu muncul dari proses sejarah. “Bayak jalur yang ditempuh dari tokoh yang muncul di Sumbar, jika itu diramu, kontribusinya sangat besar untuk perputaran sejarah dari Indonesia,” katanya.

Anas mengatakan, para pemuda di Sumbar hendak mencotoh tokoh-tokoh nasional tersebut untuk berbuat bagi bangsa Indonesia. “Sudah saatnya lagi muncul tokoh-tokoh muda dari Sumbar yang mampu atau berbuat bagi bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan, pemuda di Sumbar agar membangun pembentukan karakter bangsa di segala bidang pembangunan. “Karakter yang kokoh dicirikan semangat patriotik, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar dan berwawasan luas serta kecerdasan yang mencerahkan,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif President Institute, Muhammad Rahmad menyatakan pemuda di Sumbar harus lebih banyak berbuat untuk kemajuan daerah.

“Sebab, disadari atau tidak pemuda saat ini mulai disudutkan dengan presepsi atau anggapan bahwa kekacauan kerusakan di negeri ini akibat oleh pemuda,” katanya.

Rahmad menambahkan, pemuda harus menjadi harapan serta kokoh suatu bangsa, pemuda Sumbar harus menjadi cerminan yang lebih baik. “Dari segi penddikan, pemuda Sumbar dahulu sangat disegani di tingkat nasional, ini merupakan salah satu bukti dari kebesaran pemuda Sumbar dimana terlahirnya Bung Hatta sebagai salah satu tokoh Proklamator RI, yang menggagas kemerdekaan Indonesia.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img