Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Padang Pariaman telah menyelesaikan kerjanya merekapitulasi hitungan suara. Tinggal lagi menunggu rapat pleno KPU. Namun demikian prediksi perolehan kursi sepertinya sudah ada titik terang , 40 kursi di daerah itu sudah bisa ditentukan, siapa dan partai apa yang paling banyak dapat jatah.

Untuk Dapil I yang meliputi Kecamatan Ulakan Tapakis, Nan Sabaris, Enam Lingkung, 2×11 Enam Lingkung dan Kecamatan 2×11 Kayutanam, 10 kursi yang tersedia akan ditempati oleh Edi Rizal dan Mulyadi (Gerindra), Makmur (PAN), Surisman Syukur (Demokrat), Rahmad Mahmudal (Golkar), Mothia Aziz Datuak Nan Basa (NasDem), Yuliasman (PKS), Syafrinaldi (PKB), Syafrial Amir (PPP), dan antara Sukiman dan Alizwar (Hanura).

Sementara di Dapil II yang meliputi Kecamatan Lubuk Alung, Batang Anai, dan Kecamatan Sintuak Toboh Gadang 11 kursi yang tersedia diambil oleh  Happy Naldy dan Harmadian (Gerindra), Bagindo Rosman Palito Rajo Endah dan Topik Hidayat (PAN), Januar Bakri (Demokrat), Syahrul Dt. Lung (Golkar), Hasan Basri (PKB), Jondedi (PDI Perjuangan), Siswanto (PPP), Suryadi Zuhri Ali (PKS), Munafestoni (NasDem).

Untuk Dapil III yang mencakup Kecamatan Batang Gasan, Sungai Limau, Sungai Geringging, dan Kecamatan IV Koto Aua Malintang sembilan kursi yang tersedia diisi oleh Erman Malai dan Rahman Rizal (PAN), Arwinsyah dan Harpianda Datuak Sari Marajo Alam (Gerindra), Ali Umar (PPP), Zul Efendi (Demokrat), Jon Hendri (PKS), Dasmar (Golkar), dan M. Zaher (PKB).

Sedangkan 10 kursi di Dapil IV Padang Pariaman yang meliputi Kecamatan V Koto Kampuang Dalam, V Koto Timur, VII Koto Sungai Sariak, Padang Sago, dan Kecamatan Patamuan diambil oleh Aprinaldi dan Dedi Salim (PAN), Ramli (Gerindra), Syafrizal A (Golkar), Basir (Demokrat), Afredison (PKB), Alfa Edison (NasDem), Risdianto (PKS), Yusri S.Hut (PDI Perjuangan), dan Syafruddin (PPP).

Prediksi Ketua DPRD Kab Padang Pariaman Antara Partai PAN dan Gerindra

Gerindra dan PAN sama-sama dapat tujuh kursi di DPRD Padang Pariaman untuk periode 2019-2024. Maka, dua partai ini akan menjadi Ketua DPRD untuk lima tahun yang akan datang. Namun, siapa yang jadi ketua dewan, kedua partai pengusung Calon Presiden Prabowo Subianto

“Kita tunggu hasil pleno KPU yang akan menetapkan jumlah suara dan kursi nantinya,” kata Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman, Happy Naldy yang mengaku partainya sama-sama tujuh kursi dengan PAN.

Happy Neldy bersyukur, dari empat kursi hasil Pemilu 2014 yang didapatkan Gerindra, pada pencoblosan Rabu pekan lalu jumlahnya bertambah menjadi tujuh kursi. “Semoga Pleno KPU tidak merubah apa yang telah dihasilkan Pleno PPK di seluruh kecamatan,” ungkapnya.

Begitu juga dengan PAN, dari tiga kursi hasil Pemilu lima tahun lalu, melonjak jadi tujuh kursi hasil Pemilu Rabu pekan lalu. Sementara, Demokrat, PKB, PKS masih bertahan dengan empat kursi. Golkar kehilangan satu kursi, dan NasDem terjadi pula pengurangan, dari lima kursi menjadi tiga kursi yang dihasilkan Pemilu kemarin.

Happy Naldy mengaku, kemenangan Gerindra dan PAN tak terlepas dari pengaruh besar calon Presiden Prabowo – Sandi, yang begitu banyak mendapatkan suara dari masyarakat Padang Pariaman. (syamsul)

loading...