25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Mushola Nurul Mukmin Di Ibuh Bakal Bertransformasi Ke Mesjid, Sudah Bisa Gelar Salat Jumat
M

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Lantunan ayat suci Al-Quran dari qori Nurudin, S.P.si. I dan pembacaan hafalan ayat dari hafidz cilik Fatan mengawali peresmian pemakaian gedung bangunan baru Musola Nurul Mukmin yang berada didekat lingkungan Pasar Ibuh Blok Barat, di Kelurahan Ibuh, Kecamatan Payakumbuh Barat Rabu (15/7).
Dalam peresmian itu hadir Wali Kota Riza Falepi diwakili Kabag Kesra Ul Fachri, Kadis Koperasi dan UKM Dahler, Anggota DPRD Suparman, Camat Payakumbuh Barat L. Kefrinasdi, Lurah Ibuh Yose, Ketua Pengurus Mesjid Daspendi dan Wakil H. Tasyar serta anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPM, dan tokoh masyarakat setempat.
Wako Riza Falepi yang diwakili Kabag Kesra Ul Fachri mengapresiasi semangat warga Ibuh yang telah berhasil membangun tempat ibadah dengan luas bangunan yang sudah lebih layak dan representatif menampung kebutuhan ibadah masyarakat pasar dan masyarakat Kelurahan ibuh secara umum, maka sudah sangat layak untuk ditingkatkan statusnya menjadi masjid Nurul Mukmin di dekat areal Pasar Ibuh Payakumbuh.
“Luar biasa, saya salut dengan semangat warga kita yang membangun rumah ibadah di Payakumbuh. Sejalan juga dengan semangat wali kota untuk membangunkan Mesjid Agung untuk sarana ibadah masyarakat Payakumbuh dan sekitarnya, mohon doa dan dukungannya, Insyaallah tahun 2021 pembangunannya bakal dimulai,” kata Ul Fachri.
“Untuk itu diharapkan pengurus untuk dapat memenuhi seluruh persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 tentang pedoman pendirian rumah ibadah,” tambahnya.
Ditambahkan, keberadaan sarana ibadah di fasilitas umum seperti pasar sangat banyak pengaruhnya, dakwahpun dapat dilaksanakan. Contohnya seperti warga pasar saat beraktifitas sembari mendengar ceramah dari pengeras suara yang dipasang di mesjid.
“Meningkatkan semangat beragama menjadi salahsatu visi misi Riza Falepi-Erwin Yunaz, mewujudkan Kota Payakumbuh sebagai Kota Hafiz tidak akan mustahil dilaksanakan bila semangat warga membangun rumah ibadah besar seperti ini,” ujarnya.
Selaku Imam di Musala itu, Ustaz Nuruddin dalam sambutannya menyampaikan dulunya Nurul Mukmin adalah musala, ukurannya pun kecil. Namun, dengan telah dibangun menjadi bentuk mesjid, sehingga antusias warga untuk dapat salat jumat disini dapat terealisasi.
“Selama 6 bulan, sekarang dengan telah berubah bangunannya dan representatif disebut sebagai mesjid, sudah bisa salat jumat, sebagai pengurus akan melengkapi persyaratan administrasinya menjadi sebuah mesjid. Kita juga memiliki Rumah Al-Quran, dimana anak-anak disekitar bisa hafal Al-Quran dan menjadi Hafizul Quran,” ulasnya.
Anggota DPRD Suparman menerangkan perubahan dari musala menjadi mesjid, ada aturannya dan sebagai warga Indonesia, ada hukum yang harus dipatuhi. Maka secepatnya pengurus harus melengkapi syarat yang dibutuhkan dan mengurus legalitas mesjid agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.
“Pesan kami manfaatkanlah jika musala yang bakal menjadi mesjid ini untuk ibadah dan khususkan pendidikan agama kepada generasi muda di sekitarnya agar mereka belajar Al-Quran sehingga tercipta generasi yang mencintai agamanya,” kata Suparman.
Camat Payakumbuh Barat L. Kefrinasdi menyampaikan kemampuan swadaya dari donatur dan jemaah sangat kuat. Sehingga dalam waktu yang relatif singkat, transformasi bangunan musala menjadi mesjid dapat terwujud.
“Walau secara resmi administrasi belum menjadi mesjid, namun kita patut acungi jempol semangat panitia pembangunan mesjid dan warga setempat. Selamat, mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar dan lahir Hafiz terbaik dari binaan Mesjid Nurul Mukmin,” harap Camat. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.
- Advertisement -

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 8 Rumah Warga di Jorong Sianggai-Anggai

Kabupaten Solok ,BeritaSumbar.com,- Angin puting beliung menerjang rumah warga di Jorong Sianggai-anggai, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada sore hari Jum'at (09 April 2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.
- Advertisement -