30 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Mushola Nurul Mukmin Di Ibuh Bakal Bertransformasi Ke Mesjid, Sudah Bisa Gelar Salat Jumat
M

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Lantunan ayat suci Al-Quran dari qori Nurudin, S.P.si. I dan pembacaan hafalan ayat dari hafidz cilik Fatan mengawali peresmian pemakaian gedung bangunan baru Musola Nurul Mukmin yang berada didekat lingkungan Pasar Ibuh Blok Barat, di Kelurahan Ibuh, Kecamatan Payakumbuh Barat Rabu (15/7).
Dalam peresmian itu hadir Wali Kota Riza Falepi diwakili Kabag Kesra Ul Fachri, Kadis Koperasi dan UKM Dahler, Anggota DPRD Suparman, Camat Payakumbuh Barat L. Kefrinasdi, Lurah Ibuh Yose, Ketua Pengurus Mesjid Daspendi dan Wakil H. Tasyar serta anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPM, dan tokoh masyarakat setempat.
Wako Riza Falepi yang diwakili Kabag Kesra Ul Fachri mengapresiasi semangat warga Ibuh yang telah berhasil membangun tempat ibadah dengan luas bangunan yang sudah lebih layak dan representatif menampung kebutuhan ibadah masyarakat pasar dan masyarakat Kelurahan ibuh secara umum, maka sudah sangat layak untuk ditingkatkan statusnya menjadi masjid Nurul Mukmin di dekat areal Pasar Ibuh Payakumbuh.
“Luar biasa, saya salut dengan semangat warga kita yang membangun rumah ibadah di Payakumbuh. Sejalan juga dengan semangat wali kota untuk membangunkan Mesjid Agung untuk sarana ibadah masyarakat Payakumbuh dan sekitarnya, mohon doa dan dukungannya, Insyaallah tahun 2021 pembangunannya bakal dimulai,” kata Ul Fachri.
“Untuk itu diharapkan pengurus untuk dapat memenuhi seluruh persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 tentang pedoman pendirian rumah ibadah,” tambahnya.
Ditambahkan, keberadaan sarana ibadah di fasilitas umum seperti pasar sangat banyak pengaruhnya, dakwahpun dapat dilaksanakan. Contohnya seperti warga pasar saat beraktifitas sembari mendengar ceramah dari pengeras suara yang dipasang di mesjid.
“Meningkatkan semangat beragama menjadi salahsatu visi misi Riza Falepi-Erwin Yunaz, mewujudkan Kota Payakumbuh sebagai Kota Hafiz tidak akan mustahil dilaksanakan bila semangat warga membangun rumah ibadah besar seperti ini,” ujarnya.
Selaku Imam di Musala itu, Ustaz Nuruddin dalam sambutannya menyampaikan dulunya Nurul Mukmin adalah musala, ukurannya pun kecil. Namun, dengan telah dibangun menjadi bentuk mesjid, sehingga antusias warga untuk dapat salat jumat disini dapat terealisasi.
“Selama 6 bulan, sekarang dengan telah berubah bangunannya dan representatif disebut sebagai mesjid, sudah bisa salat jumat, sebagai pengurus akan melengkapi persyaratan administrasinya menjadi sebuah mesjid. Kita juga memiliki Rumah Al-Quran, dimana anak-anak disekitar bisa hafal Al-Quran dan menjadi Hafizul Quran,” ulasnya.
Anggota DPRD Suparman menerangkan perubahan dari musala menjadi mesjid, ada aturannya dan sebagai warga Indonesia, ada hukum yang harus dipatuhi. Maka secepatnya pengurus harus melengkapi syarat yang dibutuhkan dan mengurus legalitas mesjid agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.
“Pesan kami manfaatkanlah jika musala yang bakal menjadi mesjid ini untuk ibadah dan khususkan pendidikan agama kepada generasi muda di sekitarnya agar mereka belajar Al-Quran sehingga tercipta generasi yang mencintai agamanya,” kata Suparman.
Camat Payakumbuh Barat L. Kefrinasdi menyampaikan kemampuan swadaya dari donatur dan jemaah sangat kuat. Sehingga dalam waktu yang relatif singkat, transformasi bangunan musala menjadi mesjid dapat terwujud.
“Walau secara resmi administrasi belum menjadi mesjid, namun kita patut acungi jempol semangat panitia pembangunan mesjid dan warga setempat. Selamat, mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar dan lahir Hafiz terbaik dari binaan Mesjid Nurul Mukmin,” harap Camat. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.
- Advertisement -

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Pakan Sinayan Perdana Gelar Musrenbang Di Tahun 2021

Mengawali tahun 2021, Kelurahan Pakan Sinayan Payakumbuh Barat menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Tingkat Kelurahan, Senin, 11 Januari 2021.
- Advertisement -

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan Pembentukan Kampung Dan Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti hasil rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Pemko Payakumbuh menggelar rapat persiapan pembentukan kampung tangguh dan program sekolah tangguh yang bertempat di Ruang Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat(8/1/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.
- Advertisement -