25 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Travelling Di Masa Pandemi: Catatan Perjalanan Seorang Diaspora Minang
T

Kategori -

Saya melakukan perjalanan dari Padang ke Amsterdam, melalui rute Padang – Jakarta – Doha – Schiphol (Indonesia, Qatar, dan Belanda). Saya memulai penerbangan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang berlokasi di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Indonesia. Sebelum penerbangan, semua calon penumpang harus menjalani tes bebas Covid-19 yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Terhitung cepat jika tidak dihitung waktu antriannya. Hasil tes bebas Covid-19 tersebut berlaku dan valid selama 14 hari.
Sampai di Jakarta, kalau belum melapor ke web Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, maka ada petugas yang akan membagikan form berwarna kuning, “Kartu Kewaspadaan Kesehatan”. Petugas tersebut yang langsung mengisikan data saya dan selesai dalam dua menit. Setelah itu maka bebas untuk masuk ke Kota Jakarta. Sayapun langsung menuju ke rumah adik saya untuk temu kangen sebentar.
Setelah itu, sayapun melanjutkan perjalanan dari Bandar Udara Soekarno-Hatta untuk penerbangan ke Amsterdam, Belanda. Di Bandara Soeta, sebelum memasuki ruang tunggu atau boarding room, saya mendapat pembagian di pelindung wajah atau face shield yang wajib dipakai selama penerbangan. Sesampainya di dalam pesawat, saya juga mendapatkan pembagian paket sanitizer, dan sebagainya. Ketika tiba jam makan, seperti biasanya, saya menikmati hidangan yang tersedia. Menu makanan ala Qatar, menurut saya enak. Saya pun memilih omelet telor.
Pesawat yang saya tumpangi sangat lega, susunan bangkunya adalah 3 – 3 – 3. Toilet di dalam pesawat selalu bersih. Bahkan ketika saya akan masuk dan ada orang yang baru keluar dari toilet, maka saya pun ditahan oleh personil atau awak pesawat. Pramugari mengecek langsung apakah toilet sudah siap pakai. Menurut saya, pelayanannya bagus. Rancak bana!
Perjalanan dari Jakarta ke Doha menempuh waktu selama delapan jam. Selama menempuh perjalanan, saya menghabiskan waktu untuk menonton film, bercakap-cakap dengan penumpang lain yang baru saya kenal, membaca buku, dan memantau perkembangan di media sosial seperti Facebook dan WhatsApp, dan sebagainya. Pesawat Qatar Airways menyediakan Wi-Fi gratis untuk penumpang. Selain itu, tentu saja saya juga makan dan minum serta tidur dengan santai.
Salah satu yang menjadi perhatian dan ingatan saya adalah ketika perjalanan bersama anak saya yang berusia dua tahun. Terutama ketika dia merengek untuk minta main sepeda dan keluar dari pesawat. Penerbangan yang jauh dan memakan waktu lama membuat anak-anak merasa cepat jenuh. Di pesawat, bisa menggambar dan menonton film kesukaan mereka sangat membantu untuk menenangkan.
Oya, penerbangan saya kali ini adalah untuk kembali berkumpul dengan keluarga saya di Belanda. Setelah saya pulang kampung sebentar ke Sumatera Barat, untuk bertemu dengan keluarga besar di kampung. Selama di Padang, saya sempat menjadi salah satu narasumber Seminar Online Koperasi Mandiri Dan Merdeka/KMDM (SemOK – 1) untuk berbagi pengalaman menjadi pengusaha kuliner di negara lain. Sebelum berangkat, saya mendaftarkan diri menjadi Anggota KMDM. Oleh Ketua KMDM, diterima sebagai anggota ke – 42, dan ditugaskan secara khusus menjadi Duta KMDM di Eropa.
(Amsterdam, 16 Juli 2020)

Catatan Editor:
Erita Mursyid Lubeek (Uni Ita) berasal Koto Panjang, Taluak, Batang Kapeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia. Pemilik restoran Minang pertama di Eropa, yakni Salero Minang, didirikan pada tahun 2011. Restoran ini berada di Prins Hendrikstraat 150a, 2518HX Kota Den Haag, tidak jauh dari Kantor Biro Republik Indonesia (KBRI) Den Haag.
Sebelumnya, pada 2005, Uni Ita membuka usaha dengan berjualan kaki lima di Pasar Blaak, Rotterdam. Uni Ita menjual makanan ringan dan bumbu-bumbu asal Indonesia, usaha tersebut berjalan hingga akhirnya memberanikan diri membuka restoran pada 2011. Melayani pesanan masakan Padang ke berbagai negara Eropa, seperti Jerman, Perancis, dan Belgia.
Dalam wawancara khusus jarak jauh dengan Editor (16/07/2020, 19.05 – 19.35 WIB), Uni Ita menyampaikan bahwa restorannya sudah ditutup terhitung sejak Januari 2020. Alasannya karena lokasi yang selama ini dipakai kecil dan bangunan yang ditempati sangat tua. Selain itu, Den Haag bukanlah kota yang ramai dikunjungi oleh para turis. Uni Ita berencana memindahkan restorannya dengan nama yang sama ke Kota Amsterdam yang menjadi pusat kunjungan turis di Belanda.
Meskipun restorannya ditutup dan tempatnya dijual, Uni Ita terus melanjutkan bisnis kulinernya dengan membuka katering dan mengisi berbagai iven yang ada di sana. Semua makanan dimasak di rumahnya di Kota Schiedam.
“Ditunggu di Belanda ya, harus cek lapangan dulu sebelum mengekspor berbagai produk dari Sumatera Barat”, demikian disampaikannya di akhir wawancara.
Oleh: Erita Lubeek (Diaspora Indonesia di Belanda)
Editor: Virtuous Setyaka (Ketua KMDM)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Angka Positif Covid-19 Naik Lagi Di Kalangan Guru, Pemko Payakumbuh Gencar Sidak Sekolah

Masih didominasi tenaga pendidik, Payakumbuh terus mendapatkan peningkatan kasus positif Covid-19. Prediksi dinas kesehatan setempat akan terus bertambah, karena saat ini baru setengah dari target 3600 guru dan tenaga pendidik yang dites swab.
- Advertisement -

Promosikan Wisata Di Kota Tambang, Rezka Oktoberia Gelar Sepeda Sehat Explore Sawahlunto

Ikut promosikan wisata sehat di kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar bekerja sama dengan Rebana Foundation menggelar event Sepeda Sehat Explore Wisata Sawahlunto pada Minggu (24/01/2021) pagi.

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.
- Advertisement -

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pembelajaran Tatap Muka di SDN 09 Lubuk Tareh pada Masa Pandemi

SDN 09 Lubuk tareh terletak di jorong Lubuk Tareh kenagarian Garabak Data kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok. Lokasi Sekolah ini sangat jauh dari pusat kota solok bahkan untuk sampai ke sekolah ini harus melewati Kabupaten Dharmasraya terlebih dahulu.

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Keuntungan Berbisnis Kotoran

Mungkin agak tekesan jorok istilah keuntungan berbisnis kotoran ini kita dengar. Tapi hal ini sangat membantu meningkatkan ekonomi para petani. Kotoran disini yang dimaksud adalah kotoran binatang ternak seperti sapi, kambing, kerbau atau lainnya yang banyak di pelihara masyarakat.

Universitas Bung Hatta Padang Tekan MoU dengan Yayasan Madani

Kamis 17 Desember 2020, bertempat di ruang Rektorat Universitas Bung Hatta Padang telah ditanda tangani kesepakatan atau MOU antara universitas Bung Hatta Padang dengan Yayasan Madani yang mempelopori gerakan Kembalikan Marwah Minangkabau.

Politik Dinasti dan Gerbang Meritokrasi

Bagi banyak individual, tata aturan kekerabatan tidaklah secara teoritis mengesampingkan aturan politik. Menurut definisi morgan terdahulu, kekerabatan megatur keadaan socitas dan yang kedua mengatur civitas. Atau menggunakan terminologi yang sering digunakan sekarang ini yang pertama merujuk pada struktur-struktur respositas dan kedua merujuk pada dikotomi yang jelas.

Simalakama Pandemi: Liburan atau Stay at Home?

Oleh : Niken Februani dan Siska Yuningsih - Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Andalas Corona sudah menjadi beban dunia sejak pertama kalinya China melaporkan adanya penyakit...
- Advertisement -