Bukittinggi,BeritaSumbar.com,- Menjelang momentum pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 17 April 2019, sejumlah anak muda Sumatera Barat yang tergabung dalam Mentari Muda Indonesia (MMI) menyatakan dukungan pada Jokowi untuk kembali memimpin Indonesia pada 2019-2024. Setelah deklarasi dilakukan MMI pada Minggu (6/4) lalu, bertempat di Pondok Makan Bambu, khatib Sulaiman, Kota Padang. Kali ini MMI daerah Kota Bukittinggi juga melaksanakan deklarasi di Art Cafe, Senin (8/4).

Ketua MMI KorWil Sumbar, Rahmat Hanafi mengatakan, kehadiran organisasi kaum muda Sumbar ini didasari atas kepedulian dan komitmen kebangsaan mereka agar demokrasi Indonesia hadir dengan nuansa yang mencerahkan dan memberi harapan bagi semua kalangan, layaknya mentari.

“Bagi kami, Jokowi telah melahirkan harapan bagi anak-anak muda kreatif Indonesia, sehingga masa depan kami tampak lebih cerah, terbukti dengan dibangunnya jalan-jalan lintas, sehingga aktivitas pariwisata mambuka lapangan kerja bagi masyarakat,” ujar aktivis muda Muhammadiyah ini.

Bagi Hanafi, inisiasi pemerintahan Jokowi membentuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) juga telah membuka ruang kreasi dan inovasi yang luas terutama bagi generasi milenial.

“Dulu, anak muda tak banyak memiliki kesempatan seperti sekarang ini. Kini, generasi milenial lebih antusias dan berani menciptakan startup-startup baru karena atmosfer industri kreatif yang kian menggairahkan. Dukungan pemerintah juga sangat kuat,” jelasnya.

Hanafi menegaskan, Jokowi sangat bisa diandalkan lantaran badan ini membuka peluang besar bagi produk-produk ekonomi kreatif yang diklasifikasikan dalam 16 subsektor, di antaranya arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk fotografi, kuliner, musik, fashion, aplikasi dan game developer, hingga seni pertunjukan dan seni rupa.

Terlebih, kata Hanafi, Jokowi adalah tipikal seorang pendengar yang baik, presiden yang good listener, sehingga sangat cocok dengan anak muda yang punya banyak ide. Gelaran “Obrolan Santai Laporan Empat Tahun Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla” yang diadakan dengan format santai dan kekinian telah membuka ruang komunikasi dan kesempatan yang luas bagi generasi milenial untuk turut memberikan sumbangsih melalui masukan-masukan bagi kemajuan bangsa.

“Karena itu tak heran jika pada era pemerintahan Jokowi bisa lahir empat unicorn, perusahaan rintisan miliki swasta dengan valuasi USD 1 miliar, sesuatu yang tak terbayangkan sebelumnya. menariknya semua unicorn itu dirintis anak muda. Kami sangat bangga, dari tujuh unicorn di Asia, empat di antaranya dimiliki Indonesia. Bahkan, sebentar lagi kita akan punya decacorn, yakni startup degan valuasi USD 10 miliar. Luar biasa,” kata Hanafi.

Dengan pertimbangan itulah, Hanafi menilai bahwa MMI harus tampil agar ruang demokrasi lebih banyak lagi memberi harapan dan kesempatan bagi anak muda Indonesia.

“Karena itulah MMI dengan penuh optimisme mengajak anak-anak muda Sumbar untuk kembali mendukung Jokowi memimpin bangsa ini. Mari kita bersatu, menuju Indonesia maju,” tegasnya.

Senada dengan itu, Mohammad Riski selaku Korda Kota Bukittinggi melalui MMI berharap diperiode kedua Presiden Jokowi bisa mengembangkan wisata serta mensuport generasi milenial dengan usaha kreatif seperti produksi pakaian lokal, dimana selama hampir selama kurang lebih 5 tahun ini pembangunan infrastruktur yang menunjang pengembangan usaha dan wisata di Bukittinggi sudah dirasakan rasakan.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Pak Jokowi selama periode pertama fokus pembangunan infrastruktur dan diperiode kedua ini bisa dilanjutkan untuk pengembangan sumber ekonomi rakyat, Tandas,” ujarnya.(*)

loading...