23 C
Padang
Kamis, Maret 4, 2021
Beritasumbar.com

Mahyeldi Audy Punya Konsep Keren di Sektor Pertanian
M

Kategori -

Padang,- Sektor Pertanian merupakan sektor terpenting dalam memajukan ekonomi masyarakat Sumbar. Dari data BPS 2019, sektor pertanian masih mendominasi struktur ekonomi Sumbar 22.67%. Persentasinya lebih besar dari sektor perdagangan dan transportasi. Sehingga diperlukan tata kelola yang dikolaborasikan dengan konsep yang jelas dan terukur untuk bisa menguatkan dan memajukan sektor pertanian.

Dalam hal ini Mahyeldi Audy sebagai Calon Gubenur dan Wakil Gubenur sudah jauh hari, mempelajari dan mengekplorasi kondisi pertanian disetiap kunjunganya ke daerah-daerah. Sehingga muncul sebuah upaya agar sektor pertanian bukan hanya dijadikan isu bulanan, tetapi harus dibuatkan konsep yang jelas dari hulu ke hilir. Sehingga percepatan pertumbuhan ekonomi khusunya sektor pertanian bisa lebih menggeliat lagi di Sumatera Barat.

Adapun konsep keren yang ditawarkan oleh Mahyeldi adalah pembuatan BUMD Agro. Ya, ini merupakan sebuah program yang nantinya mampu menyelesaikan segala bentuk permasalahan yang dihadapai oleh petani selama ini. Mulai dari pemenuhan peralatan, pemanfaatan teknologi, tata kelola lahan, peningkatan dan pengembangan skill, hingga pemasaran produk hasil pertanian yang memiliki daya saing.

Seiring dengan pembuatan BUMD Agro, Mahyeldi Audy juga akan memperkuat anggaran di sektor pertanian dengan mengalokasikan 10% APBD. Hal ini dilakukan agar program pemerintah pada sektor pertanian nantinya bisa berjalan dengan baik tidak terkendala dengan anggaran.

Adanya BUMD Agro dan penguatan anggaran pertanian 10% APBD, memberikan pesan keseriusan Mahyeldi Audy untuk membersamai pertani dalam menguatkan sektor pertanian di Sumbar. Kedepan diharapkan tidak adalagi masalah dan kendala yang dihadapi oleh petani Sumbar. Wadah dan anggaranya sudah disiapkan. Tentu semua ini akan bisa diwujudkan saat masyarakat Sumbar mempercayakan Mahyeldi Audy menjadi Gubernur dan Wakil Gubenur Sumbar nantinya.

Oleh Reido Deskumar

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

PD PII Padang Dilantik; SKB 3 Menteri Kembali Menuai Tantangan

Polemik SKB tiga Menteri kembali menuai tantangan berat dari berbagai elemen di Sumatera Barat, selain tokoh ulama dan tokoh adat; saat ini juga di...
- Advertisement -

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.
- Advertisement -

Pelantikan Ketua TP-PKK Sebelas Kabupaten/kota di Sumbar, Istri Wako Bukittinggi Paling Muda

Padang, beritasumbar.com -- Ketua TP - PKK untuk 11 Kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar), dilantik serentak di Auditorium Gubernur berlangsung khidmat, Jumat (26/2/2021). Pelantikan ini...

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir

Sijunjung, Beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir menegaskan tugas pertama akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penegasan ini disampaikan bupati pada pidato...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

PD PII Padang Dilantik; SKB 3 Menteri Kembali Menuai Tantangan

Polemik SKB tiga Menteri kembali menuai tantangan berat dari berbagai elemen di Sumatera Barat, selain tokoh ulama dan tokoh adat; saat ini juga di...

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, melantik 11 pasangan bupati wakil bupati dan Walikota wakil walikota se-Sumbar, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Musda LPPKI DPW Sumbar Dibuka Langsung Ketum LPPKI Azwar Siri.SH

Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Dewan Pimpinan Wilayah Sumbar menyelenggarakan Musayawarah Daerah (Musda). di Meeting Room Kave Uj By Pas Kota Padang. Sabtu kemaren.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

Laporkan Natalus Pigai, Ini Komentar Ketua PMM

Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai dilaporkan ke Bareskrim Polri. Natalius dilaporkan karena diduga telah melakukan tindakan rasisme terhadap suku Minang melalui media sosial.

Deki Susanto Ditembak, Bukan Melawan

Teka teki di balik penembakan terhadap Deki Susanto (DS) pada 27 Januari 2021 yang diduga dilakukan oleh oknum aparat Kepolisian Sektor Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan pada saat penangkapannya, semakin mendapat titik terang.

PMM Dukung DPP KNPI Laporkan Abu Janda

DPP KNPI resmi melaporkan Permadi Arya alias Abu Janda ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri terkait dugaan rasis terhadap mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

Parlementery Treshold dan Kelansungan Demokrasi Di Indonesia

Kanal demokrasi yang sudah dibuka di era reformasi, kini kembali dibayang-bayangi upaya Untuk melakukan hegemoni kekuasaan oleh para elit kekuatan politik yang merasa dominan karena menang pada Pileg 2019 lalu. Hal itu disampaikan ketua DPD Hanura Sumatera Barat Ir Zalpandri Rabu (27/1) di Padang.
- Advertisement -