25 C
Padang
Jumat, Maret 5, 2021
Beritasumbar.com

BKAN Melanjutkan Sosialisasi Program Kepada Karang Taruna Dan Kesatuan Mahasiswa Ulakan Tapakis
B

Kategori -

Padang Pariaman, BeritaSumbar.com,- Badan Kerjasama Antar Nagari (BKAN) Kecamatan Ulakan Tapakis kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat, kembali menggelar Pertemuan dan Sosialisasi di Aula Kantor Camat setempat pada Selasa (17/11). Pertemuan yang dihadiri seluruh anggota dan pengurus Karang Taruna Kecamatan Ulakan Tapakis dan Kesatuan Mahasiswa Ulakan Tapakis (KAMUS) ini, bertujuan mensosialisasikan program BKAN dan memberdayakan generasi muda untuk peduli dan terlibat dalam berbagai kegiatan pembangunan yang ada di nagari. Karena, saat ini generasi millenial sangat dibutuhkan peran sertanya dalam menghadapi persaingan di era di Digital.

Dalam kesempatan itu, bertindak sebagai narasumber Ketua BKAN Kecamatan Ulakan Tapakis Ali Waldana ST. yang saat ini juga menjabat sebagai Wali Nagari Kampuang Gelapung Ulakan. Dia menjelaskan, tentang tujuan dan manfaat adanya BKAN bagi masyarakat di nagari. Kemudian dijelaskan juga keberadaan lembaga BKAN ini, dengan legalitasnya yang sudah diakui sampai ke tingkat Nasional.

Dia juga mengatakan, bahwa program BKAN kedepan tentu melibatkan generasi muda sebagai tenaga potensial dan produktif. Salah satu permasalahan sosial budaya yang dihadapi sektor pertanian saat ini adalah, belum terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender dalam proses produksi. Karena, saat ini banyak generasi muda yang tidak tertarik lagi kepada sektor pertanian.

Disisi lain, banyak kegiatan dan peluang usaha pada sektor pertanian yang sesuai bagi kawula muda. Namun, mereka masih disibukkan dengan lingkungan pergaulan dan sosial media serta kegiatan lain yang membuang waktu dengan sia-sia. Sehingga lahan terlantar yang terbentang luas di depan mata, belum dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Banyak kegiatan yang bisa dikelola oleh generasi millenial ini, terutama yang berkaitan dengan teknologi informasi dan sistem digital. Seperti kegiatan pasca panen, pengolahan hasil skala rumah tangga, pemasaran produk, pengelolaan lembaga keuangan mikro di Nagari serta kegiatan yang bernilai ekonomis lainnya”. Ujar Wali Nagari yang sering disapa Awal itu.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Kecamatan Ulakan Tapakis Adi Saputra, memperkenalkan organisasi yang dipimpinnya kepada ketua BKAN. Dia mengatakan, bahwa saat ini Karang Taruna sedang menunjukkan keberadaan di tengah masyarakat. Diantaranya, melakukan kegiatan aksi sosial dimasa Pandemi dan menggelar Dialektika terkait peran serta pemuda dalam pesta demokrasi.

“Kami akan terus berupaya, bagaimana anggota Karang Taruna bisa berbuat dan melakukan kegiatan positif bagi masyarakat dan pembangunan di nagari. Pengurus karang taruna akan menghubungi para pemilik tanah, yang tanahnya dibiarkan terlantar. Sesuai dengan latar belakang pendidikan, kami akan menjadikan lahan terlantar itu menjadi produktif dan bernilai ekonomis”. Jelas Adi.

Lahan yang tidak produktif itu, akan kami tanami sayur-sayuran atau umbi-umbian yang sesuai dengan struktur tanahnya. Kalau daerahnya rawa-rawa atau lahan gambut, mungkin bisa dijadikan kolam ikan atau tambak udang”. Ujarnya.

Lalu Arie Safitria G selaku ketua Kesatuan Mahasiswa Ulakan Tapakis juga sempat menyampaikan tentang apa yang bisa di bantu oleh BKAN untuk program unggulannya yang membuka kelas bimbingan belajar bahasa Inggris untuk pelajar sekolah dasar se-Kecamatan Ulakan Tapakis agar setiap kebutuhan program tersebut dapat di penuhi.

Badan Kerjasama Antar Nagari ini merupakan suatu lembaga yang dibentuk dengan adanya kerjasama antar nagari, dalam hal mengelola sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di nagari.
Kerjasama yang dilakukan, tidak hanya tentang peningkatan ekonomi atau dana bergulir saja. Tetapi kerjasama yang bersifat inklusif dan berkelanjutan. Termasuk pembangunan ekonomi, sosial budaya dan infrastruktur serta pembangunan kawasan pedesaan yang partisipatif dan berbasis masyarakat. (AS)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tugas Perdana Marfendi Jadi Wawako Bukittinggi, Hadiri Acara PIF

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wakil wali kota Bukittinggi, Marfendi menghadiri acarakomunitas pencinta Pajero Indonesia Family (PIF) Ranah Minang Chapter (RMC) pada hari pertamanya menjabat sebagai...
- Advertisement -

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Usai Dilantik, Benny Dan Radi Serius Garap Pertanian Di Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Belum genap seminggu masuk kantor sejak dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung sudah bergerak cepat. Baik itu kunjungan, Rapat Program maupun acara undangan.
- Advertisement -

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...

Pemko Bukittinggi Programkan Subuh Berjamaah Setiap Jumat

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota Bukittinggi, memprogramkan setiap hari Jumat hingga tahun 2024 nanti, waji menyelenggarakan subuh berjemaah. Hal itu disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Erman...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

UPZ Nagari Se Kecamatan Ulakan Tapakih Dilantik

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman, Rabu (3/3) di Aula Kantor Ulakan Tapakih. Hadir dalam acara pelantikan, semua wakil ketua BAZNAS sebanyak 4 orang yaitu Fakhri Zaki, Masri Chan, Zulfahmi dan Zulherman. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin, Plt. Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkarnaini, Kanit Sabhara Ipda. Junaidi Salat, SH. Danramil 07/PK diwakili oleh Serda Zainal Arifin, KUA Kecamatan, Kasi Trantib Anesa Satria dan Wali Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

KPUD Padang Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Pilkada 2020

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,- Dengan telah usainya pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020, KPUD Padang Pariaman Gelar rapat evaluasi pelaksanaan pilkada. Rapat tersebut digelar selama dua hari di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.

H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH Kunjungi Nagari Sikucua Tengah

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH mengunjungi Pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Pada Senin,8/2/2021.

Politeknik Negeri Padang (PNP) menggali Potensi Nagari di Kecamatan Sungai Limau

Politeknik Negeri Padang (PNP) melirik potensi nagari di Kecamatan Sungai Limau, hal ini di lakukan untuk menyelenggarakan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9), maka Politeknik Negeri Padang (PNP) sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi/ keterampilan / keahlian mewujudkan salah satu dharmanya untuk pengabdian kepada masyarakat.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Yayasan Fisabilillah Bangun Surau Di Nagari Tandikek

Acara peletakan batu pertama pembangunan mushalla Ar-Rasul, Korong Data Kampung Jambak, Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman, berjalan sukses dan khidmad, Kamis (31/12/2020).

Dilaporkan Kuasa Hukum Paslon 02, KPU Padang Pariaman Hormati Langkah Hukum

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ory Sativa Sakban terkait dengan laporan kuasa hukum Paslon 02 Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Try Suryadi-Taslim, mengatakan , KPU Padang Pariaman menghormati langkah hukum atau langkah konstitusional yang ditempuh oleh Pihak Paslon 02 tersebut.

Didampingi Unand, KTH Trigona Mandiri Optimis Tingkatkan Produksi dan Upaya Pemasaran Produk Lebah Tanpa Sengat

Serangga merupakan hewan yang paling banyak jumlah jenis dan individunya di alam karena kemampuannya untuk berkembang dan beradaptasi yang tinggi terhadap kondisi sumber daya dan lingkungan sekitar.

Pasangan Suhatri Bur-Rahmang Kantongi 40,66% Suara Di Pilbup Padang Pariaman

Ketua Tim Pemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman nomor urut 1, Suhatri Bur-Rahmang, H. Tambi telah menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara dari Ketua komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman, Edy Zulnaidi, SH, Rabu (16/12/2020) pagi menjelang subuh sekitar 02.49 Wib di Kantor KPU Parit Malintang. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Tim Pemenangan Suhatri Bur-Rahmang, H. Muslim Zein, SH melalui WhatsApp nya, Rabu (16/12/2020).
- Advertisement -