26 C
Padang
Kamis, Februari 2, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mahasiswa Magister Keperawatan Unand Gelar Praktek Lapangan
M

Kategori -
- Advertisement -

Persamaan Persepsi, Sosialisasi Program Resedensi dan Perkenalan Mahasiswa Prodi S2 Keperawatan Universitas Andalas di RSUD Padang Pariaman

Penulis: Ns. Dewi Murni, M.Kep
Dosen Keperawatan Universitas Andalas

Program magister Keperawatan berdiri pada tahun 2010 dengan No SK: 215/D/O/2010 dan sudah Terakreditasi Unggul. Mahasiswa dengan peminatan manajemen, di semester akhir akan praktek lapangan dengan mata kuliah residensi. Residensi dilaksanakan lebih kurang 14 minggu, kegiatan yang akan dilakukan selama praktek yaitu pra residensi dan residensi.

Pra residensi, Keluaran kegiatan pra residensi berupa instrument, pengkajian masalah pelayanan keperawatan, menyusun dan mensepakati kontrak belajar/ Term of Reference (TOR). Residensi, keluaran kegiatan residensi berupa teridentifikasi masalah pelayanan keperawatan berlandaskan Problem Solving Approach dengan menggunakan instrument yang sudah disepakati pada saat pra residensi.

Waktu dinas tiga hari kerja dalam seminggu dengan Jadwal dinas yang sudah disepakati yaitu hari selasa, rabu dan kamis. Mahasiswa Residen dinas sesuai dengan jadwal dinas yang juga sudah di sepakati.

Kegiatan Residensi ini Menerapkan konsep dan prinsip kepemimpinan dan manajemen keperawatan pada Instalasi/unit pelayanan kesehatan (Rumah Sakit) secara langsung dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan. Ruang lingkup

dari kegiatan residensi adalah Pertama: Pengelolaan manajemen keperawatan secara umum yang mencakup: perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan dan pengawasan. Kedua: Pengelolaan asuhan keperawatan langsung melalui kegiatan manajemen keperawatan meliputi: pengelolaan asuhan keperawatan melalui kegiatan bimbingan dan supervisi.

Mahasiswa Sebelum praktek residensi, terlebih dahulu melakukan sosialisasi denagn pihak rumah sakit beserta manager rumah sakit. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung pada tanggal 10 oktober 2022 Pukul 10.00. Mahasiswa Residensi bernama M. Hardiansyah, S.Kep., Ns yang berasal dari daerah Sumatera Selatan. 

Awal masuk kabupaten Padang Pariaman merasa canggung karena pertama kali datang ke daerah ini. Setelah beberapa hari mahasiswa menyesuaikan, M Haris merasa semangat untuk mengembangkan ilmu dan belajar manajemen Keperawatan. Hal ini tidak lepas dari dukungan semua pihak serta support baik dari fakultas, rumah sakit dan teman-teman Sejawat.

Acara persamaan persepsi, sosialisasi program resedensi dan perkenalan mahasiswa Prodi S2 Keperawatan di hadiri oleh Pembimbing Akademik (Ns. Dewi Murni, M.Kep) dan Pembimbing Klinik yang di tunjuk oleh Rumah Sakit RSUD Padang Pariaman yaitu (Ns. Candra Deni Mairosa, M.Kep), Kabid Pelayanan Medik, Kabid Penunjang, Kasi Sarana dan Prasana Serta Kasi Pelayanan.

Proses Sosialisasi berjalan dengan lancar dan mahasiswa mendapatkan support secara langgsung dari Bpk kabid Pelayana Medik. Kegiatan residensi ini pertama kali dilakukan, kerjasama Fakultas Keperawatan dengan RSUD Padang Pariaman. Semoga dengan adanya mahasiswa Residensi bisa menambah wawasan dan membuka pemikiran lanjut untuk meningkatkan mutu rumah sakit. Memberikan pelayanan yang optimal oleh tenaga ners kita yang berdinas di seluruh ruangan. Baik ruangan rawat inap maupun rawat jalan dan Unit Gawat Darurat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img