31 C
Padang
Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mahasiswa F.Kep Unand Lakukan Penyuluhan Mitigasi Banjir Di SDN 16 Padang Besi
M

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,– Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas melakukan penyuluhan mitigasi bencana banjir  di SDN 16 Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Kamis, 25 Mei 2023. Kegiatan ini merupakan bentuk project dari kegiatan preklinik mahasiswa pada mata kuliah keperawatan bencana.

Mahasiswa yang terlibat adalah Fitri Amalia, Aulidina Melfitri, Arnol Yoga Pratama, Nurul Qamaria, Firma Wapiq Azizah, Miftahul Rahmi, Nadya Maharani, Muharatil Aprinalita, Sri Visco, Delsy Junita dan dosen pembimbing Ns. Fitri Mailani, M.Kep. Adapun tujuan dilakukannya penyuluhan mitigasi bencana banjir di SDN 16 Padang Besi karena daerah tersebut merupakan salah satu wilayah rawan banjir.

Sasaran pada kegiatan ini adalah siswa kelas 5 di SDN 16 Padang Besi. Sebelum penyuluhan dimulai dilakukan pre test terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan pengetahuan siswa mengenai banjir. Penyuluhan berlangsung lebih kurang selama 45 menit dan dihadiri oleh 23 orang siswa/i. Terkait materi yang disampaikan kepada siswa/i kls 5 yaitu tentang definisi banjir, bagaimana penyebab terjadinya banjir, apa saja yang dilakukan saat banjir datang, dan bagaimana cara mencegah terjadi nya banjir sebagai siswa/i sekolah dasar. Siswa/i SDN 16 Padang besi juga diajarkan bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara menjaga lingkungan disekitar mereka melalui kegiatan buang sampah pada tempatnya dan mempraktikan bagaimana cara mencuci tangan dengan benar dengan teknik 6 langkah. Tidak lupa siswa/I juga diberikan penjelasan tentang tujuan dan isi dari tas siaga bencana. Selama penyuluhan berlangsung para peserta penyuluhan tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan penyuluhan ini. Siswa/i terlihat aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri.

Cara penyampaian informasi saat penyuluhan menggunakan power point, leaflet dan poster yang berisi pengetahuan seputar mitigasi bencana banjir yang diberikan kepada masing-masing siswa. Adapun tujuan akhir dari penyuluhan ini diharapkan setelah dilaksanakannya penyuluhan ini, siswa/I kelas 5 SDN 16 Padang Besi dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam upaya mitigasi bencana banjir. Pada saat penyampaian materi juga disampaikan 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar, dan dilakukan demonstrasikan cuci tangan secara bersama-sama yang didampingi oleh mahasiswa FKEP UNAND.

Diakhir sesi penyuluhan dilakukan post test dengan tujuan untuk mengetahui parameter keberhasilan dari penyuluhan yang dilakukan. Diharapkan dengan kegiatan ini dilakukan dapat membawa pengaruh yang baik kepada siswa/I SDN 16 Padang Besi sehingga dapat menjadi generasi yang siap siaga akan bencana.

Penulis: Ns. Fitri Mailani, M.Kep

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img