24.4 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kuliner Khas Kabupaten Agam Yang Menipu Mata
K

Kategori -
- Advertisement -

Agam, BeritaSumbar.com-Bicara tentang kuliner yang ada di kabupaten Agam ini tidak akan pernah usai, dengan memiliki beragam  makanan khas ditiap-tiap kecamatan, seperti halnya di kecamatan Tanjung Raya, yang memiliki makanan khas yang bisa menipu mata banyak orang melihat yaitu cubadak kicuah.
Sepintas dari tampilan dilihat masakan ini seperti rendang daging pada umumnya, tetapi setelah merasakan masakan  ini, orang akan tahu, bahwa ini adalah rendang cubadak (rendang nangka) yang dimasak menyerupai rendang daging.
“Ini adalah makanan khas kabupaten Agam, yang satu-satunya cuman ditemui di Maninjau, kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam,” ujar Suryati (65) warga asal maninjau saat di konfirmasi BeritaSumbar. Jum’at (27/7)
Suryati mengatakan, cubadak Kicuah ini adalah makanan khas kabupaten Agam, khususnya Maninjau, yang hanya bisa ditemui ketika ada Alek Nagari dan pesta perkawinan.
“Kuliner seperti ini sering ditemui, terkusus dalam acara pesta perkawinan,” ujarnya lagi
Cara membuatnyapun cukup sederhana, dengan menyiapkan bahan sebagai berikut, nangka muda bahan pokoknya, kelapa, dan air. Untuk bahan rempahnya, cabe merah, lengkuas, jahe, bawang putih, bawang merah, dan daun seledri.
“Untuk nangka dicincang seukuran daging rendang, lalu parut kelapa untuk diambil santannya dengan air, untuk rempah, cabe merah, lengkuas, jahe, bawang putih, bawang merah, daun seledri, semuanya disediakan secukupnya tumbuk halus lalu ditumbuk halus,” ungkapnya
Lebih lanjut Suryati mengatakan, semua bumbu ditumis hingga harum, masukan santan kedalam wajan seukuran cukup sampai mendidih, lalu masukan nangka, dimasak hingga mengering hingga menyerupai rendang daging.
“Kalau penasaran dengan masakan ini, sering-seringlah mengikuti Alek Nagari dan pesta perkawinan di kawasan maninjau, maka kita akan menemui kuliner khas cubadak Kicuah,” ulasnya.(fadil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img