31 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

PKS Sumbar Dukung Pengesahan RUU Pilkada, KPU Sumbar Tunggu Pengesahan RUU Pilkada
P

Kategori -

Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat masih menunggu pengesahan rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) yang masih dalam pembahasan di DPR.

“Nanti kita tunggu hasil RUU Pilkada, setelah kita tau hasil RUU Pilkada seperti apa,” kata Komisioner KPU Sumatera Barat (Sumbar) Muftie Syarfie di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan, KPU ingin kepastian agar ada landasan hukum dalam melaksanakan pilkada. KPU tidak ingin masalah dalam pemilu terulang kembali. Seperti anggaran, proses pencalonan dan transparansi penghitungan suara.

“KPU punya kewajiban membuat aturan payung hukum sebagai landasan KPU kabupaten/kota untuk membuat teknis penyelenggaraan pemilu,”ungkapnya.

Soal serentak atau tidak adanya Pilkada 2015 mendatang merupakan perintah dari undang-undang (UU). “Jika memang tidak ada pemilihan secara langsung, kemungkinan serentak itu sangat tipis,” ujar Muftie Syarfie.

Ia mengatakan, KPU Sumatera Barat, sudah mempersiapkan pemilu berdasarkan Undang-Undang nomor 32 yang masih tetap berlangsung.

“Karena banyak hal yang perlu di persiapkan dari awal, tidak bisa serta merta saja pemilu itu dirancang. Kecuali ada hal-hal yang sangat fundamental dan legalitasnya sudah tidak berlaku lagi misalnya, itu baru kita nanti akan persiapkan diri sesuai dengan perintah undang-undang,” katanya.

Ia menjelaskan, KPU Sumbar juga yakin bahwa KPU pusat sudah mencmerancang antisipasi yang perlu, terutama legalitas atau turunan undang-undang tersebut. Itupun kalau UU Pemilihan Kepala Daerah menjadi kewenangan atau domain KPU.
“Kalau tidak ada, pekerjaan KPU cukup sebagai penyelenggaraan pemilu legislatif dan Presiden saja,” ujarnya.

Sikap PKS Sumbar
Sementara itu, Ketua DPW PKS Sumatera Barat Trinda Farhan menyatakan Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Barat mendukung sepenuhnya pengesahan RUU Pilkada mengenai mekanisme pemilihan kepala daerah (gubernur/bupati/wali kota) dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“PKS Sumatera Barat mendukung apa yang menjadi keputusan yang diambil di pusat,” katanya.

Ia menjelaskan, keputusan yang di ambil partainya telah melalui banyak pertimbangan, terlebih kalau melihat dari pemilu 2014. Money politiknya brutal, karena pengaruh pemilihan secara langsung, sehingga perilaku pemilih berubah menjadi mengkhawatirkan. Akhirnya pemilihan bukan lagi mencari yang berkualitas, karena bagi masyarakat pemilu menjadi transaksional.
“PKS menilai dengan pemilihan yang dilakukan secara langsung oleh rakyat, demokrasi di Indonesia ternyata ada efek negatif yang mebgubah perilaku masyarakat,” ungkapnya.

 

sumber: antara sumbar

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.
- Advertisement -

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...
- Advertisement -

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -