25.8 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

KKG – PAI Gelar Karnaval Tahun Baru Hijriyah 1435

Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI), Kecamatan Payakumbuh Barat dan Kecamatan Payakumbuh Selatan, bawa sekitar 3.000-an pelajar turun ke jalan.  Bocah SD tersebut, bukan berunjuk rasa, tapi memperlihatkan  potensi budaya Islam ke tengah masyarakat, dalam bentuk karnaval,  berjalan dalam barisan  di jalan utama kota, Jalan Sukarno-Hatta, Kamis (7/11).

Sehari sebelumnya, KKG-PAI Kecamatan Payakumbuh Timur, juga  menggelar acara yang sama, mengelilingi  jantung kota, dengan kendaraan roda empat yang telah dihias.  Sementara, KKG-PAI gabungan Kecamatan Payakumbuh Utara dan Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, masih mencari hari yang pas untuk menggelar acara karnaval menyambut Tahun Baru Hijriyah 1435 itu.

Sebelum 25  defile peserta dari 25 sekolah dasar di kedua Kecamatan  melakukan run way di jalan raya, Kepala Disdik Payakumbuh diwakili Kabid TK/SD  Zetwardi, S.Pd, mengajak seluruh guru dan murid SD memaknai arti hijriyah tersebut.

Dikatakan, hijriyah bukan sekedar pindah dari sebuah tempat ke tempat lain, seperti dilakukan Nabi Muhammad SAW, saat  mengembangkan ajaran Islam di Tanah Suci, tapi dapat diaplikasikan dalam bentuk semangat belajar dan mengajar yang tigggi.

Momentum peringatan tahun baru hijriyah ini, sebut Zetrawadi, mudah-mudahan akan mendorong warga kota, terutama guru dan orang tua murid,  untuk sama-sama berbuiat dalam  mewujudkan  pendidikan berkarakter dan  berkahlak mulia di kota ini.

Saat melepas rombongan karnaval itu, Kadisdik Payakumbuh didampingi Camat Payakumbuh Barat Edvidel Rusma, S.IP serta sejumlah pengurus KKG-PAI Kecamatan Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Selatan, serta puluhan kepala sekolah.

Pawai atau karnaval murid SD itu, mengangkat budaya lokal yang insani. Seluruh potensi budaya anak nagari Koto nan Ampek, Nagari Lumbukan dan Nagari Aur Kuniang, ditampilkan dalam karnaval itu. Event ini juga dimeriahkan dengan sejumlah unit drum band dari SMKN 2 Payakumbuh dan SMPN 4 Payakumbuh.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kasatlantas Polres Tanah Datar, Gelar Silaturahmi Bersama Wartawan

Tanah datar, - Puluhan wartawan yang bertugas di tanah datar, berkumpul mengadakan silaturahmi dan cofee morning bersama IPTU M Nasir Kasatlantas Polres...

Satlantas Polres Pessel gelar Patroli Hunting Sistem

Pesisir Selatan,- Sat Lantas Polres Pesisir Selatan laksanakan giat Hunting Sistem Satlantas pada hari Selasa (20/10/2020) pukul 20.00 s/d 20 15 Wib....

Kamis, 18 Warga Payakumbuh Positif Corona

Payakumbuh, - Kasus positif covid-19, di Kota Payakumbuh terus membumbung. Kamis (22/10) ini, terjadi kenaikan positif virus corona disease sebanyak 18 orang....

Penderita Kanker Darah Ini Terima Bantuan Dari Pimpinan Klinik Puti

Padang Pariaman,- dr.Zunirman kembali mengunjungi penderita Penyakit Kanker Darah (Leukemia) Sri Handayani warga Korong Pasa Kandang,Nagari Balah Hilie,Kecamatan Lubuk Alung,Kabupaten Padang Pariaman,...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -