27 C
Padang
Kamis, April 25, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Walikota Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB-KES dengan 2 Pukulan Gong
W

Kategori -
- Advertisement -

Dua pukulan gong, tanda dua anak cukup, dilakukan Walikota Payakumbuh diwakili Staf Ahli Walikota Drs. Edvianus, merupakan tanda dimulainya Pencanangan  Kesatuan Gerak PKK-KB-KES di Kota Payakumbuh. Pencanangan kegiatan tersebut berlangsung  di halaman Kantor Camat Payakumbuh Utara, Kamis (7/11). Saat pemukan gong, didampingi Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi dan wakil ketua Ny. Hj. Rasyidah Suwandel Muchtar dan Kepala Badan Perberdayaan Masyarakat Perempuan dan KB (BPMP-KB), Drs. Harmayunis serta beberapa anggota muspida.

 

Kegiatan Kesatuan gerak PKK-KB-KES, dilaporkan Kepala BPMP-KB, sebuah kegiatan untuk mendorong masyarakat  membudayakan pola atau prilaku  hidup bersih dan sehat dalam kehidupan di rumah tangga, mengajak warga ber-KB, menumbuhkan semangat kaum ibu membawa balita dan lansia ke Posyandu dan membudidayakan tanaman bermanfaat buat keluarga.

Kegiatan pencanangan kesatuan gerak PKK-KB-Kes itu,   berlangsung tiga bulan, dimulai sejak awal Oktober hingga Desember mendatang. Seluruh potensi yang ada di kelurahan, diberdayakan dalam mengejar sejumlah  target berbagai kegiatan TP-PKK  dan kegiatan lintas SKPD, terutama dalam memacu PUS (pasangan usia subur) untuk ikut ber-KB.

Staf Ahli Walikota Edvianus dan  Ketua TP-PKK  Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi dalam sambutannya, sama-sama  memberikan apresiasi kepada seluruh anggota TP-PKK Kecamatan,  Kelurahan dan organisasi wanita lainnya,  yang ikut  berperan dalam kegiatan gerak PKK. Menurut Ketua TP-PKK Henny Riza  Falepi, program KB bukan sekedar pengenalan alat kontrasepsi, melainkan mensosialisasikan pengaturan kehamilan yang tepat waktu.

Sepanjang 2013 ini, menurut Kabid KB Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan, Dra.Lili Seprina Hidayani, Payakumbuh dibebani target  capaian akseptor baru oleh provinsi, sebanyak  3.159 peserta. Hingga akhir Oktober  sudah tercatat 90,02% atau 2.850 AB (akseptor baru). Walikota dan  Ketua TP-PKK Henny Riza Falepi, optimistis target pencapaian akseptor baru tersebut akan terealisir, dengan melibatkan seluruh anggota TP-PKK sebagai motivator, fasilitator dan inisiator.

Ditegaskan Walikota Payakumbuh, program KB tak boleh gagal. Perencanaan kelahiran, akan membentuk keluarga yang berkepribadian, berkarakter dan berakhlak mulia. Rumah tangga yang baik, adalah keluarga yang mampu menciptakan generasi yang tangguh, berakhlak mulia, dan tidak menimbulkan gejolak sosial di tengah masyarakat.

Usai pencanangan Gerakan PKK KB-Kes, walikota bersama ketua TP-PKK dan wakil ketua TP PKK dan Kepala Pengadilan Agama, menyerahkan hadiah buat pememang serangkaian lomba yang digelar BPMP-KB  bersama TP-PKK  tingkat provinsi sepanjang tahun ini.

Untuk lomba Institutusi Mospirasi Pedesaan (IMP) Payakumbuh sukses merebut gelar juara II atas nama  Lina Gusrini, kader PKK dari Kelurahan Payolansek, Payakumbuh Barat.  Kemudian, dalam lomba BKB Payakumbuh keluar sebagai juara III, direbut Dewi Murni dari Kelurahan Kubu Gadang, Payakumbuh Utara. Sedangkan, dalam lomba BKR Payakumbuh juga meraih gelar juara III, atas nama  Yuliza dari Kelurahan  Koto Tangah, Payakumbuh Barat. Berikutnya, dalam lomba peta keluarga, Payakumbuh kembali keluar sebagai juara  III, juga atas nama Lina Gusrini dari Payolansek.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img