25.5 C
Padang
Minggu, Mei 9, 2021
Beritasumbar.com

MUI Diskusikan Cara Penyembelihan Ayam yang Islam
M

Kategori -

Penyembelihan ayam potong atau unggas lainnya di Pasar Tradisional Ibuah atau di tengah masyarakat, apakah sudah sesuai dengan syariat  Islam?  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Payakumbuh, sering mendapat pertanyaan  seperti itu dari warga kota. Untuk menjawab pertanyaan warga, MUI bersama Pemko, mendiskusikannya dengan menggelar acara Muzakarah, melibatkan sejumlah da’i, atau mubaligh di kota ini, disebuah hotel melati di Labuh Basilang, akhir Oktober lalu.

Muzakarah  dengan topik  tatacara penyembelihan hewan/unggas menurut syariat Islam itu, menampilkan Ketua Budang Fatwa MUI Sumatera Barat, H. Gusrizal Gazahar Lc.MA,  dan Ketua MUI Payakumbuh, H. Mismardi, BA, sebagai nara sumbernya.

Kabag Kesra Setdako Payakumbuh Yonrefli, S.Sos, MAP, di Balaikota di Buik Sibaluik Payakumbuh, Kamis (7/11), menginformasikan, diskusi cara penyembelihan unggas, seperti ayam, itik atau burung dara di tengah masyarakat atau di pasar-pasar tradisional, cukup hangat dibicarakan peserta muzakarah.  Kedua nara sumber menyampaikan dengan lugas, bagaimana cara penyembelihan ayam atau unggas yang sesuai dengan ajaran Islam, berdasarkan Alqur’an dan hadis.

Untuk melahirkan rumusan muzakarah, peserta membentuk tim perumus, yang diberi tenggang waktu tiga hari mampu melahirkan hasil diskusi yang tepat dan benar. Hasil rumusan itu, sebut Yonrefli, akan disampaikan kepada seluruh mubaligh, da’I atau penyuluh agama, agar disampaikan ke tengah masyarakat.

Tim perumus  terdiri dari Irfan Junaidi,MA (Ketua penyelenggara Muzakarah), Akbarul Fahmi,S.HI (Sekretaris) dengan anggota, Drs.H.Ali Amran, M.Pd, Drs. Zulkani dan H. Ahmad Maududi, Lc.MA.

Menurut Yonrefli, di antara  rumusan muzakarah itu, wajib hukumnya  dalam menyembelih hewan/unggas,  haruslah dalam keadaan hidup. Sebelum menyembelih,  membaca kalimat Allah (Bismillah), kemudian  memotong atau menyembelih dengan sempurna saluran pernafasan, saluran pencernaan dan pembuluh darah nadi dengan pisau yang tajam. Setiap penyembelihan  harus memperhatikan adab yang benar, menghadap kiblat, tidak mematahkan leher/ menyakiti unggas dan membiarkan unggas mati sempurna.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

DWP Payakumbuh Gelar Bagi Sembako

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Darma Wanita Persatuan (DWP) Payakumbuh melalui program DWP peduli memberikan bantuan sembako untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan I, II A, THL serta masyarakat kurang mampu yang tidak mendapatkan BLT dari pemerintah.
- Advertisement -

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Komisi C DPRD Desak RSUD Adnaan WD Selesaikan Tunggakan Pembayaran Jasa Tenaga Medis

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Komisi C DPRD Kota Payakumbuh melaksanakan pertemuan bersama Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh untuk mendengarkan penjelasan terkait polemik pembayaran jasa medis dan insentif Covid-19 yang terjadi di RSUD, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Kamis (6/5).
- Advertisement -

Gercep PK IMM Kasman singodimedjo Berbagi Sembako

Padang BeritaSumbar.com,- Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IKM) Kasan Singodimedjo berbagi sembako kepada masyarakat kurang mampu di Kota Padang pada Minggu 2/5. Kegiatan ini diadakan sehari usai melakukan santunan yatim di panti asuhan Aisiyah Lubuk Begalung.

Program Kesos DPD PKS Bukittinggi Bagikan Ratusan Paket Sembako

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Membantu se samanya, merupakan bahagian dari program bidang sosial Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tak tanggung-tanggung, di bulan Ramadhan ini, sebanyak 100...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -