26 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Payakumbuh Punya 1.200 Lebih Dasawisma
P

Kategori -
- Advertisement -

Kota Payakumbuh saat sudah punya 1.200 lebih Kelompok Dasawisma binaan TP-PKK Payakumbuh.   Kelompok kaum ibu terampil ini, bukan sekedar membuat taman-taman disetiap kelurahan, tapi aktif mendorong anggotanya untuk hidup bersih  dan sehat.  Dari 76 kelurahan  di lima Kecamatan di kota  ini, rata-rata disetiap kelurahan, sudah punya  10 sampai 15 kelompok dasawisma.

Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi, di Payakumbuh, Rabu (6/11), menginformasikan, kelompok Dasawisma itu merupakan ujung tombak TP-PKK Kelurahan dan TP-PKK Kecamatan, dalam mengajak warga  berprilaku hidup bersih dan sehat. Tidak sebatas itu, mereka juga  berperan serta dalam mensosialisasikan program KB dan pemeliharaan kesehatan keluarga dan kebersihan lingkungan.

Makanya, setiap tahun, dalam acara Kegiatan Kesatuan Gerak  PKK, Oktober sampai Desember, seluruh kelompok Dasawisma kelurahan berkompetisi  membenahi organisasi, menciptakan lingkungan bersih dan sehat dan menyukseskan program KB,” ucap Ny. Henny Riza Falepi.

Kabid Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Hj. Yanti, M.Pd, di tempat terpisah mengatakan, kehadiran kelompok Dasawisma binaan TP-PKK itu, sangat banyak membantu kegiatan Pemko dalam mewujudkan peningkatan kesehatan keluarga. Pasalnya, nyaris seluruh kaum ibu anggota Dasawisma sudah memahami pola hidup bersih dan sehat di rumah tangga mereka.

Dampaknya, sebut Yanti, ibu-ibu rumah tangga di kelurahan sudah mampu membudidayakan tanaman obat keluarga, sayur-sayuran di halaman rumah mereka. Malahan, mereka yang punya lahan sempit, menanam tanaman obat dan tanaman kebutuhan dapur itu dalam pot atau polybag, katanya.  Ibu-ibu anggota Dasawisma, dikatakan, rajin membawa balita dan orang tua lansia ke posyandu kelurahan. “Kita senang, Ketua TP-PKK Ny.  Henny Riza Falepi, punya komitmen tinggi dalam kegiatan ini,” simpul Yanti.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img