29 C
Padang
Senin, Maret 1, 2021
Beritasumbar.com

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla.
K

Kategori -

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging. 

Kepada media, Selasa (23/2)  dalam pelaksanaan penegakan hukum diwilayah hukum Polres Pessel, Kapolres Pesisir Selatan tetap mengedepankan preemtif, preventif dan penegakan hukum. Serta melaksanakan koordinasi dengan elemen masyarakat, TNI dan unsur pemerintah. Seperti  Tagana, BPBD, dan Damkar.

” Saya tegaskan, tidak ada tempat bagi pelaku kejahatan Ilegal Logging serta pembakaran hutan di wilayah hukum. Kita akan tindak tegas,” ujar Sri Wibowo.

Banyak dampak bisa terjadi dari ilegal logging yaitu, banjir dan tanah longsor termasuk juga menggangu habitat satwa yang ada didalam hutan itu sendiri. Sementara itu, perambahan hutan dengan cara membakar hutan juga bisa memberikan dampak pada kesehatan warga, akibat asap ditimbulkan dari pembakaran hutan ataupun lahan. 

Dan jika terbukti didapatkan oknum warga sengaja membakar hutan ataupun melakukan ilegal logging kita akan tindak tegas ( proses hukum).

Lebih lanjutnya, perlu ada kerjasama semua pihak untuk ikut berperan dalam menjaga alam, apabila menemukan atau mengetahui aktifitas ilegal logging ataupun perambahan hutan, Sri Wibowo bisa menginformasikan pada Polres Pessel, serta jajaran Polsek – Polsek. 

Pada para jajaran Polsek – Polsek agar tetap melakukan kegiatan patroli rutin diwilayah hukumnya masing – masing, untuk meminimalisir Ilegal logging, kebakaran hutan. Termasuk bencana alam.

” Atas informasi hal tersebut, maka Kita akan segera ditindak lanjuti,”  kata Kapolres Pessel.

Lebih jauh Kapolres Pessel itu akan melaksanakan intruksi dan arahan dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam hal pencegahan ilegal logging, kebakaran hutan, dan bencana alam. Tekuknya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pengecoran Lantai Saluran saat Air Tergenang, Kualitas Coran PT. MRN Dicurigai

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pekerjaan pengecoran saluran drainase di kawasan Aur Tanjungkang Tangah Sawah, Pakan Kurai, Kota Bukittinggi dilakukan di saat air dalam keadaan tergenang....
- Advertisement -

PD PII Padang Dilantik; SKB 3 Menteri Kembali Menuai Tantangan

Polemik SKB tiga Menteri kembali menuai tantangan berat dari berbagai elemen di Sumatera Barat, selain tokoh ulama dan tokoh adat; saat ini juga di...

37 Kandidat Bertarung Di Pilwanag Serentak Sijunjung 2021 Ikuti Tes Tertulis

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 37 ( tiga puluh tujuh) orang putra terbaik  5 (lima) Nagari di Kabupaten Sijunjung berebut tiket untuk masuk 5 (lima) bursa...
- Advertisement -

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ketua KPU Pessel : Epaldi Bahar Ajak Segala Lapisan Masyarakat Hormati Putusan MK

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD), Pesisir Selatan Epaldi Bahar mengajak seluruh semua lapisan masyarakat menghormati putusan/ ketetapan Mahkamah Konstitusi ( MK), untuk bersama disikapi sebagaimana mestinya.

Diduga Terlibat Transaksi Narkoba, 2 Pemuda Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel

2 Pemuda di kecamayan Pancung Soal Pesisir Selatan dibekuk tim Opsnal Sapu Jagat dari jajaran Satresnarkoba Polres Pessel. FF (19) dan AY (21) dibekuk dengan dugaan penyalahgunaan narkotika jenis ganja. 9 paket kecil ganja diamankan dari 2 pelaku tersebut.

Ampera Sumbar Adakan Diskusi, terkait Penyaluran BST di tengah Pandemi Covid -19

Kebijakan pemerintah tentang bantuan sosial tunai (BST) yang diberikan pada masyarakat, di tengah pandemi Covid -19 mendapat tanggapan dari Pengurus Presidium Nasional Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Rantau Asal Sumatera Barat (AMPERA).

Komunitas Jurnalis Pessel Peringati HPN Dengan Pelatihan Jurnalistik

Menyambut peringatan Hari Pers Nasional ( HPN) tahun 2021 beberapa jurnalis, cetak, online, Tv, dan radio di Kabupaten Pesisir Selatan yang tergabung Komunitas Jurnalis Pesisir Selatan ( KJP), Rabu (10/2) pukul 09.00 Wib bertempat di room pertemuan Hotel Hannah Syariah Painan, Kabupaten Pesisir Selatan mengadakan pelatihan jurnalistik tingkat SMA/ SMK Se - Kecamatan IV Jurai.

Hafizon Anderson: ajak IKAB bersama berdoa, atas musibah Kecelakaan Bus OPD Kabupaten Agam

Duka mendalam atas peristiwa kecelakaan bus rombongan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Agam bukan saja dirasakan oleh Pemerintah Kabupaten Agam, hal itu juga dirasakan Ikatan Keluarga Agam dan Bukit Tinggi ( IKAB) yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Tim Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pessel Bekuk Pelaku Narkoba

Tim opsnal Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali mengamankan YC (31) warga Lansano, Kenagarian Surantih, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa (2/2) pukul 18.00 Wib, beserta barang bukti 2 paket sabu.

Pelaku Narkoba Dengan BB 5 Paket Kecil Sabu Diamankan Tim Sapu Jagat

Opsnal Sapu jagat Resnarkoba Polres Pesisir Selatan, Senin (1/1) pukul 16.00 Wib bertempat di jalan Muhamad Zein, Kenagarian Setara Nanggalo, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan kembali mengamankan " RH" (31) beserta barang bukti 5 paket kecil sabu.

Joni Wal Ardin Nahkodai KNPI Pessel

Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI), Kabupaten Pesisir Selatan periode 2019 -2020 Ronal Bernando resmi mengahkiri jabatan Ketua, dengan ditandai dengan pelaksanaan Musyawarah Daerah ( Musda) ke XIV, Minggu (31/1) pukul 10.00 Wib, di Hannah Hotel Syariah

Pengcab Perbakin Pessel Tingkatkan Pelatihan Atlit

Dibawah arahan Ketua Umum Pengcab Perbakin Pessel AKBP. Sri Wibowo, S.IK, dan Ketua Harian Rolly Fardinan, terus mengenjot porsi latihan atlit - atlit muda menembak Perbakin Pessel.

Satresnarkoba Polres Pessel Ringkus Diduga Pelaku Narkoba

Warga kampung dusun baru pasar kompong, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan tidak berkutik lagi saat tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel berhasil menangkap JN (33), Kamis (28/1) pukul 00.40 Wib.
- Advertisement -