30 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Jaga Sungai Dari Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Laksanakan Goro
J

Kategori -

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Kepedulian terhadap sungai merupakan tanggung jawab yang harus dijaga dan dilakukan secara bersama-sama tanpa terkecuali. Pasalnya, tanpa keberadaan sungai yang bersih dan aliran air yang lancar, tentu suatu ketika sungai bisa terjadi bencana seperti banjir dan hal-hal negatif lainnya.

Apalagi di situasi saat ini, dimana cuaca sudah memasuki musim penghujan, sehingga banyak membuat sampah yang hanyut ke sungai. Dan dalam menindaklanjuti hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (LH) laksanakan gotong royong untuk membersihkan sampah disepanjang aliran sungai batang agam, Kamis (26/11).

Kegiatan bersih-bersih yang dimulai di RTH Ratapan Ibu sampai ujung aliran sungai batang agam tersebut Dinas LH turut didukung Camat Payakumbuh Utara dan Timur, Lurah Kotokaciak Kubu Tapak Rajo, Balai Tongah Koto, Koto Baru Payobasuang, dan dari Tim Komunitas Pecinta Sungai (Kompas), serta Mahasiswa STKIP Abdi Pendidikan kota Payakumbuh.

Sekretaris Daerah yang diwakili Asisten 2 bidang ekonomi dan pembangunan Elzadaswarman dalam membuka acara goro itu menyampaikan jika Sungai memiliki peran penting sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup di sekitarnya.

“Banyak manfaat sungai yang kita ketahui untuk kepentingan manusia antara lain untuk pembangkit tenaga listrik, untuk mengairi sawah, untuk pariwisata dan untuk tempat hidup binatang seperti ikan,buaya dll. Itu membuktikan bahwa air memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia”, ucap Asisten 2 itu.

Kota Payakumbuh secara garis besar memiliki 7 sungai, yang terdiri dari Sungai Batang Agam, Sungai Batang Lampasi, Batang Pulau, Batang Sikali, Batang Baih, Sungai Tembok Jua dan Sungai Talang. Tercemarnya suatu sungai dapat diidentifikasi dengan Indeks Kualitas Air (IKA).

“Saat ini IKA Kota Payakumbuh mengalami penurunan dari tahun 2019 yakni sebesar 70,83 menjadi 65 di tahun 2020. Hal ini menandakan adanya penurunan kualitas air sungai yang ada di Kota Payakumbuh”, ungkap Om Zed sapaan akrab Asisten 2 tersebut.

Lebih lanjut, menurut Asisten 2 itu kegiatan goro dalam rangka membersihkan aliran sungai batang agam tersebut sangatlah penting.

“Semoga dengan Pelaksanaan Goro Bersama yang kita laksanakan ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk selalu meningkatkan kepedulian dan peran serta kita dalam menjaga kualitas air sungai di Kota Payakumbuh. Sehingga manfaat dari keberadaan sungai ini datap terus dirasakan oleh anak hingga cucu kita kelak”, tutup om Zed.

Setelah dibuka oleh Asisten 2, Dinas LH bersama undangan dan tim lain turun langsung ke sungai untuk membersihkan sampah yang terdapat di sepanjang aliran sungai batang agam tersebut.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.
- Advertisement -

Laga Divisi 3 Turnamen Nusa Bersinar Cup Di NDB Ditutup Wawako Erwin Yunaz

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz tidak setengah-setengah memberikan support kepada pemain dan panitia sejak Turnamen Nusa Bersinar CUP dihelat pertengahan Desember tahun lalu. Laga Divisi 3 yang dibuka dan diresmikan orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu, juga ditutupnya dengan menyerahkan hadiah langsung kepada sang pemenang, Kamis (8/1) malam, di lapangan Badminton Outdoor Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Kecamatan Payakumbuh Barat.

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.
- Advertisement -

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.

Enam Penambang Emas Tertimbun Longsor Di Solok Selatan, Dua Meninggal

Padang Aro, beritasumbar.com - Akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir, sebanyak enam orang penambang emas asal Jawa Tengah tertimbun longsor di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -