24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Hermanto Dwiatmoko Dirjen Kereta Api menjawab tantangan Wawako Pariaman
H

Kategori -
- Advertisement -

Kota Pariaman – Kereta Api adalah modal transportasi yang vital dalam pengembangan pariwisata di Sumatera Barat terutama Kota Pariaman. Karena dengan pengintegrasian kereta api dengan fasilitas dan destinasi pariwisata di Pariaman akan mampu mendongrak kinerja pariwisata pariaman. Demikian disampaikan oleh Wakil Walikota Pariaman dalam pertemuan dengan Direktur Jenderal Kereta Api Kementrian Perhubungan RI di ruang VIP Bandara Internasional Minang Kabau, kemarin (29/08/2014).

Dalam kesempatan itu Wakil Walikota menyampaikan program pemerintah daerah untuk merevitalisasi kereta api di Pariaman. Ada 3 stasiun yang diusulkan untuk di revitalisasi yakni Stasiun kurai taji, Stasiun pariaman dan Stasiun naras. Kemudian wawako juga mengusulkan agar kementrian perhubungan dalam hal ini Dirjen kereta api segera memperbaiki jalur kereta api dari pariaman ke naras yang nantinya kereta api akan sampai ke naras. Kalau ini terjadi, maka akan terjadi peningkatan arus barang dan jasa di pariaman samoai ke naras, juga arus pariwisata dengan kereta api sampai ke naras dan ditambah lagi dengan rencana pembuatan lori pariwisata dari stasiun pariaman ke naras. Demikian ditambahkan oleh wakil walikota.

Usulan revitalisasi kereta api tersebut disambut baik oleh dirjen kereta api bapak Hermanto Dwiatmoko dan meminta agar segera mengajukan proposal usulan ke Dirjen Kereta Api. Dirjen Kereta Api memang sekarang ini sedang mengembangkan program revitalisasi kereta Api, namun program tersebut memerlukan kerjasama yang baik antara PT. KAI dengan pemerintah daerah setempat. Apalagi sumatera barat memilki sejarah yang panjang dengan kereta api yang dibuktikan dengan banyaknya jalur kereta zaman belanda yang ada di sumtera barat antara lain di Kota Payakumbuh, Bukit Tinggi, Pariaman, Padang, Sawahluntu, Muaro Sijunjung. Kalau semua jalur kuno ini dapat di aktifkan kembali maka akan sangat membantu peningkatan perekonomian rakyat tambah Dirjen kereta api. Karena itu pemikiran dari Pemko Pariaman untuk merevitalisasi kereta api akan kami sambut baik apalagi dengan di integrasikan dengan aktifitas Pariwisata.

Karena itu akan sangat membantu kalau semua Kepala Daerah di Sumatera Barat duduk bersama untuk menyatukan langkah dalam program revitalisasi kereta Api di Sumatera Barat. Dirjen kereta Api juga mendorong agar semua Kelapa Daerah di Sumatera Barat duduk bersama dengan PT KAI dan pemerintah pusat untuk searah dengan program revitalisasi kereta api.

Hadir dalam pertemuan ini Kadivre II PT KAI Sumatra Barat Zulkarnain, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, Kepala Bappeda kota Pariaman, Sekretaris Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Pariaman serta Kabag Humas Kota Pariaman. (humas pariaman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img