25 C
Padang
Rabu, Desember 7, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Fakultas Keperawatan Unand Berikan Pelatihan PHBS di SMA Adabiah
F

Kategori -
- Advertisement -

Oleh:Esi Afriyanti
Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Padang,BeritaSumbar.com,- Dosen fakultas Keperawatan kembali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud tri dharma perguruan tingginya. Pada kesempatan ini, pengabdian masyarakat dilaksanakan di SMA Adabiah Padang dengan topik peningkatan kapasitas Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah.

Topik ini sesuai dengan visi misi dari SMA adabiah, yang mana salah satunya adalah meningkatkan kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan, dan menggalakkan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan potensi peserta didik. Untuk mencapai visi dan misi tersebut SMA adabiah mempunyai organisasi kemahasiswaan yaitu PMR dan UKS.

Dalam sambutannya, Kepala sekolah SMA Adabiah yang diwakili oleh ibu Mila Karmila, S.Pd.M.Pd, menyambut baik pelatihan yang dilaksanakan oleh dosen Fakultas Keperawatan universitas Andalas ini. Beliau berharap setelah masa pandemic covid-19 ini berlalu, maka beberapa program kegiatan yang ada di UKS dan PMR kembali hidup dan terlaksana dengan bantuan institusi dan instansi terkait seperti dari Fakultas Keperawatan.

Kegiatan Pelatihan ini diikuti lebih kurang 40 orang siswa PMR dan UKS SMA Adabiah padang. Selain dari pemberian pengetahuan dan pendidikan Kesehatan berupa 9 indikator PHBS di sekolah, siswa juga didemonstrasikan kembali cara cuci tangan yang benar dengan 6 langkah. Topik cuci tangan ini sangat penting dalam PHBS karena dengan mencuci tangan dapat mencegah penyakit yang ditransmisikan melalui tangan dan sentuhan seperti diare, ISPA dan lain-lain.

Dalam pelaksanaannya siswa terlihat menikmati dan memahami pelatihan yang diberikan. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata pengetahuan siswa yang meningkat sebelum dan sesudah pelatihan. Dengan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang PHBS maka siswa diharapkan sudah mempunyai kapasitas yang cukup untuk menjadi kader kesehatan di sekolahnya.

Kader ini sangat penting karena siswa bertugas bukan hanya mengajak dan mengajarkan pola hidup sehat, tetapi mereka juga harus menjadi contoh bagi siswa lainnya untuk menerapkan gaya hidup sehat, sehingga terwujudnya sekolah yang siswanya berperilaku sehat dan bersih.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img