23 C
Padang
Jumat, Juni 18, 2021
Beritasumbar.com

Dua Puluh Pemuda Diinkubasi untuk Motori Literasi
D

Kategori -

BeritaSumbar.com,-Telah menjadi isu nasional yang berkembang cukup lama, bahwa budaya literasi negeri ini masih rendah. Hal ini salah satunya dibuktikan dari peringkat Most Literate Nation in The World pada 2016 lalu, di mana Indonesia berada pada peringkat ke-60 dari 61 negara. UNESCO pada 2012 juga merilis data yang menyebutkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,1%. Itu artinya, hanya 1 dari 1.000 orang di Indonesia yang membaca.

Kondisi tersebut tentu saja bukanlah kabar baik. Selain pemerintah, banyak pihak kemudian bergerak untuk memperbaiki masalah literasi ini. Bagaimanapun, kondisi literasi menentukan kemajuan suatu bangsa.

Dompet Dhuafa Pendidikan (DD Pendidikan), sebagai salah satu lembaga swadaya masyarakat, turut memberikan kontribusinya. Melalui Divisi Jaringan Literasi, DD Pendidikan berupaya untuk membudayakan baca tulis di Indonesia. DD Pendidikan kemudian menggagas Gemari Baca, akronim dari Gerakan Mengajak Masyarakat untuk Mencintai Baca. Sesuai namanya, gerakan ini fokus pada peningkatan minat baca masyarakat.

Salah satu upaya yang ditempuh dalam gerakan ini adalah mengirimkan Duta Gemari Baca ke tengah masyarakat. Program ini bertujuan untuk memperluas kebermanfaatan dalam memberikan akses terhadap kegiatan literasi di berbagai daerah. Selain itu, Duta Gemari Baca juga berperan sebagai wadah bagi para pemuda untuk mengobarkan semangat literasi dan meningkatkan minat baca masyarakat. Melalui program ini, para pemuda yang terpilih akan ditingkatkan kapasitas dan kemampuannya dalam bidang literasi. Duta Gemari Baca sudah memiliki lima angkatan, dengan 93 orang anggota yang tersebar di Medan, Bandung, Bogor, Semarang, Makassar, dan beberapa kota lainnya.

Tahun ini, Duta Gemari Baca sudah memasuki angkatan ke-6. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pemilihan Duta Gemari Baca dilaksanakan secara regional. Yogyakarta terpilih sebagai tuan rumah perhelatan tersebut. Selama tiga hari, Jumat sampai dengan Ahad (22-24/11), 20 pemuda yang terpilih menjadi Duta Gemari Baca akan menjalani inkubasi sebagai orientasi program dan peningkatan kapasitas literasi mereka.

Kegiatan inkubasi yang bertempat di Desa Wisata Pulesari, Sleman, Yogyakarta, ini mengangkat tema “Literaksi: Dari Jogja Wujudkan Indonesia Berdaya”. Sejumlah ahli, praktisi dan profesional akan hadir sebagai narasumber. Mereka adalah Bambang Edi Prasetyo (Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta), Agung Pardini (GM Sekolah Kepemimpinan Bangsa, DD Pendidikan), Eko Prasetyo (Social Movement Institute), M. Shirli Gumilang (Sekolah Literasi Indonesia,  DD Pendidikan), Maria Tri Suhartini (Founder TBM Helicopter Gobook Maos, TBM Kreatif Rekreatif Nasional 2019), Triyanto (Founder TBM Guyub Rukun, TBM Kreatif Rekreatif Nasional 2018), Heni Wardatul Rohmah (Founder TBM Mata Aksara, Ketua FTBM D.I Yogyakarta), dan Joana Maria Zettira Da Costa (Duta Gemari Baca Batch 5).

Rangkaian kegiatan pada Inkubasi Duta Gemari Baca ini dilaksanakan dalam bentuk training, gathering, dan workshop literasi, serta sharing kepada masyarakat sekitar lokasi. Bentuk kegiatan yang demikian dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengeksplorasi minat dan kemampuan mereka dalam bidang literasi. Sebagai tindak lanjut, para peserta akan dibimbing untuk merumuskan inovasi kegiatan literasi untuk diimplementasikan di daerahnya masing-masing. (NR)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menghadiri Undangan Pembinaan dan Persiapan Menuju WBK-WBBM bersama Kakankemenang Pesisir Selatan, Kakankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Bukittinggi di ruangan FKUB Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021)
- Advertisement -

Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Terhadap Kelurahan Tanjung Pauh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com — Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.
- Advertisement -

Pulang Kampung, Gonjong Limo Bandung Salurkan Bansos Di Kecamatan Luhak Dan Payakumbuh Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gonjong Limo (G5) merupakan salah satu Perkumpulan perantau asal Luak Limopuluah di berbagai kota di Luar Sumbar. Salah satunya di Kota Bandung Jawa Barat. Gonjong Limo yang ada di Bandung ini selain wadah berkumpul dan menjalin silaturahmi sesama perantau asal Luak Limo puluah juga menggalang dana sosial untuk warga tidak mampu. Penggalangan dana melalu bidang Rumah Zakat Gonjong Limo.

RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi, Kamis 17 Juni 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ketua IPW Tutup Usia, Yakub ismail: Indonesia Kehilangan Salah Satu Tokoh Kritis

JAKARTA | Ketua Umum Ikatan Media Online Indonesia (IMO-Indonesia), Yakub Ismail mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) H. Neta Saputra Pane pada Rabu (16/6) sekira pukul 10.40 Wib di RS Mitra Keluarga, Bekasi Barat.

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Empat ASN Kemenag Kota Padang Panjag Terima Sertifikat Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Sebanyak Empat ASN Kementerian Agama Kota Padang Panjang terima Sertifikat Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah

Peduli Ekonomi Daerah PK IMM Kasman Singodimedjo Kunjungi Ketua Umum KADIN SUMBAR

Padang,BeritaSumbar.com,- PK IMM Kasman Singodimedjo berkunjung dan audiensi dengan Ketua Umum Kamar Dagang Industri (KADIN) Sumatera Barat, Jumat (28/05) di sekretariat KADIN. Dalam pertemuan ini membahas tentang apa peranan mahasiswa dan pemuda dalam membantu membangkitkan perekonomian daerah.

KPU Apresiasi Kerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu

Padang Panjang, beritasumbar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengapresiasi kerja Komisioner KPU Sumbar Almarhum Nova Indra sebagai penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu). Anggota KPU...

163 Narapidana Lapas Sijunjung Dapat Remisi Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 163 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas ll B Muaro Sijunjung mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Kepala...

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.
- Advertisement -