29.8 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Ciptakan lapangan kerja dengan pelatihan kompetensi dan bantuan modal usaha
C

Kategori -
- Advertisement -
LIMAPULUH KOTA,Beritasumbar.com– menekan angka pengangguran secara otomatis mampu menekan angka kriminal di tengah masyarakat. Untuk itu lapangan kerja bagi generasi muda yang terampil harus di sediakan.Pemkab limapuluh Kota menyikapi permasalahan lapangan kerja ini dengan memberikan pelatihan keterampilan kerja dan modal usaha bagi pemuda di nagari nagari.
Seperti program yang tengah digeber Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, melalui kerjasama Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh dan Kota Padang, Kamis (30/6) siang. Sebanyak 16 orang pemuda Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, dikasih bantuan modal untuk membuka lapangan kerja baru di nagari setempat.
Bantuan modal usaha senilai Rp3 juta itu, diserahkan langsung Wabup Ferizal kepada kelompok usaha yang baru saja dibentuk oleh anak nagari Manggilang, begitu mereka selesai mengikuti serangkaian pelatihan tekhnik yang diberikan BLK. Pelatihan teknik berbasis kompetensi itu diantaranya, pelatihan menjahit, otomotif dan las.
wabup ferizal serahkan bantuan modal usaha
“Saya berharap, modal usaha menjadi penyokong atau pemancing bagi adik-adik kami, agar menjadi pondasi pengembangan usaha bagi peserta pelatihan tekhnik di Nagari Manggilang. Agar mampu bersaing, silahkan buat program kelompok, seperti kelompok usaha perbengkelan,” kata Ferizal, dalam sambutannya.
Modal usaha oleh Wabup Ferizal Ridwan, diberikan seiring ditutupnya pelatihan tekhnik las dan otomotif yang diikuti sekitar 16 pemuda Manggilang sejak beberapa bulan lalu. Selain Ferizal, hadir dalam penutupan itu Kepala BLK Padang, Zamhir, Kepala BLK Payakumbuh Daswing, serta Camat Pangkalan Koto Baru, Andri Yasmen.
Kemudian juga, PJ Walinagari serta Walinagari Manggilang terpilih, Ketua Bamus serta puluhan orang tua para peserta. Khusus di Manggilang, Ferizal berharap, program tersebut ke depan dapat diperkuat oleh pemerintah nagari melalui Dana Desa serta peraturan nagari (Pernag).
“Apabila program ini berjalan baik, maka ke depan kita akan memulai program wira usaha pemula mandiri yang ada dibawah Kementrian Pemuda dan Olahraga RI. Saya dapat kabar, ada anggaran dana bantuan Rp20-30 juta perkelompok usaha. Ini nanti akan saya upayakan,” tutur Ferizal.
Putra Lareh Sago Halaban itu memastikan, pihaknya juga telah membangun komunikasi dengan kementerian Tenaga Kerja di Pusat. Untuk itu, ia meminta pemerintah nagari, serta para pemuda dapat terus membangun komunikasi yang baik serta menghindari hal-hal yang dapat merusak kepercayaan orang lain.
Menteri Tenaga Kerja RI, M Hanif Dakhiri, katanya, beberapa waktu lalu sudah berjanji akan berkunjung ke Limapuluh Kota, guna melihat sejauh mana program pengentasan pengangguran yang dilakukan oleh BLK. Seperti pelatihan berbasis kompetensi, guna mengurai 7.236 angka pengangguran di Limapuluh Kota pada tahun ini.
Ferizal mengaku sangat berterima kasih kepada BLK Padang dan Payakumbuh, karena sudah memberi perhatian terhadap generasi muda. Program-program seperti ini, katanya, perlu menjadi perhatian semua unsur guna mengurangi angka pengangguran dan angka kejahatan.
Kepala BLK Padang, Zamhir, dalam sambutannya menyebut, para generasi muda sudah sepantasnya memperoleh perhatian dan diarahkan oleh pemerintah supaya tidak terjebak dengan dunia luar. BLK, katanya, merupakan lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Tenaga Kerja.
“Ada tiga target pencapaian kami di BLK terhadap program yang sudah berjalan ini, yakni, bagaimana para peserta bisa memperoleh pelatihan berbasis kompetensi, menjaga dan meningkatkan daya saing, serta dapat terserap di pasar kerja,” sebutnya.
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img