28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Camat Ultap Apresiasi Nagari Sungai Gimba Ulakan, Berhasil Salurkan BLT DD Tepat Waktu.
C

Kategori -

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Disaat kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum terkendali, dan Kabupaten Padang Pariaman belum keluar dari zona merah, Nagari Sungai Gimba Ulakan telah berhasil salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021 selama enam bulan terakhir tepat waktu.

Penyerahan BLT DD bulan Januari sampai Mei 2021 bantuan diantar oleh petugas, langsung ke rumah-rumah warga yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dan untuk BLT-DD bulan Juni 2021 penyerahannya dilaksanakan pada Rabu (14/7), bertempat di Kantor Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih (Ultap) Kabupaten Padang Pariaman.

Hadir dalam acara itu, Plt. Camat Ulakan Tapakih Nurmalis, SE. MM. Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Irman Tiardi, Amd, Bhabinkamtibmas Polsek Nan Sabaris Brigadir Aidil Saputra, Babinsa Koramil 07/PK Serda Zurnadi, Pendamping Lokal Desa Riki Susanto, Sekretaris Nagari Ramadanus Weri beserta perangkat dan para Wali Korong setempat.

Wali Nagari Irman Tiardi mengatakan, berkat kerjasama yang baik dari rekan-rekan Sekretariat, Nagari Sungai Gimba Ulakan bisa mencairkan BLT DD yang tepat waktu dan selama kondisi pandemi Covid-19 belum terkendali, Pemerintah Nagari berupaya mematuhi protokol kesehatan dengan mengantar BLT-DD langsung ke rumah warga penerima manfaat.

“Alhamdulillah, Nagari kita bisa melaksanakan penyaluran dana BLT DD ini tepat waktu dan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kita kepada masyarakat. Hari ini dilaksanakan penyerahan BLT DD bulan Juni 2021 secara langsung, dengan pengaturan jam kedatangan sesuai jumlah Korong. Hal ini dilakukan, untuk menghindari kerumunan dan untuk mengevaluasi penyaluran bulan Januari sampai Mei 2021. Dimana, bulan-bulan sebelumnya petugas yang mengantarkan langsung ke rumah KPM,” jelas Irman.

Senada dengan itu, Camat Ultap Nurmalis memberikan apresiasi kepada Nagari Sungai Gimba Ulakan yang berhasil salurkan BLT DD ini tepat waktu dan tepat sasaran. Kemudian beliau berpesan kepada KPM. Sebagai wujud rasa syukur, agar masyarakat yang menerima BLT dapat menggunakan bantuan yang diterima untuk usaha yang produktif dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Serta selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun mereka berada.

“Selamat kepada Wali Nagari beserta perangkat, yang telah berhasil menyalurkan BLT DD ini tetap Waktu dan tepat sasaran. Semoga kinerja bagus ini dapat dipertahankan dan berlanjut dalam kegiatan lain. Dan kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu penerima BLT, diharapkan dapat menggunakan dana bantuan ini kepada hal-hal yang produktif dan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Karena saat ini, situasi Pandemi Covid-19 di daerah kita masih belum terkendali. Untuk itu, tetaplah menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Lakukan selalu 5M, yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilisasi,” ujar Nurmalis.

Diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021, telah ditetapkan prioritas dengan tiga fokus anggaran. Pertama, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sesuai kewenangan desa. Kedua, program Prioritas Nasional sesuai kewenangan Desa yang meliputi pendataan Desa, pemetaan potensi dan sumber daya, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting serta Desa inklusif. Yang terakhir ialah, Adaptasi Kebiasaan Baru yaitu Desa Aman Covid-19.

Untuk pemanfaatan Dana Desa dimasa Pandemi Covid-19 ini, diarahkan kepada Bantuan Langsung Tunai bagi 8.045.861 Kepala Keluarga atau 39.263.802 jiwa di seluruh Indonesia. Sedangkan di Nagari Sungai Gimba Ulakan anggaran untuk BLT DD tahun 2021, telah dialokasikan sebanyak 149 (seratus empat puluh sembilan) KPM yang tergabung dalam 5 Korong dengan jumlah bantuan masing-masing sebesar Rp. 300.000,- setiap bulannya. (bus/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.
- Advertisement -

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Gelar Rakor Bersama Tungku Tigo Sajarangan.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam pelaksanaan tugas-tugas Pemerintahan dan menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman menggelar Rapat Koordinasi dengan Tungku Tigo Sajarangan. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada Senin (19/7) bertempat di aula Kantor Camat setempat.

Setelah Buron, Pelaku Pengeroyokan Berhasil Diringkus Polisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Setelah sempat buron alias melarikan diri selama hampir empat bulan, akhirnya salah satu pelaku pengeroyokan korban tewas akibat teriakan maling...

Tim Terpadu Lakukan Pengawasan Perizinan Tambak di Pesisir Pantai Padang Pariaman.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Untuk meningkatkan investasi dan kemudahan berusaha dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, serta mendorong peran serta masyarakat dan sektor swasta dalam pembangunan di daerah. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap usaha tambak udang, yang semakin banyak bermunculan di pesisir pantai daerah itu.

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...

Tim Dari Polres Padang Pariaman Lakukan Kegiatan Power On Hand

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com- Polres Padang Pariaman melaksanakan kegiatan tim Power On Hand yang dipimpin langsung oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH.SIK. Kegiatan yang diadakan pada Jumat 18/6 siang tersebut merupakan rangka pengecekan terhadap Korong yang dinyatakan zona orange.

Tingkatkan Kompetensi Guru Madrasah, MTsN 2 Padang Pariaman Gelar Lokakarya di Bukittinggi

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,_Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Pariaman gelar Kegiatan Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru di Hotel Pusako Bukittinggi, Sabtu (19/06/2021)

Pasca Penetapan Zona Merah di Kabupaten Padang Pariaman, Polsek Nan Sabaris Gelar Operasi Yustisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kecamatan Ulakan Tapakih (Ultap), Kabupaten Padang Pariaman pasca penetapan zona merah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, yang berlaku selama satu Minggu, sejak tanggal 13 - 19 Juni 2021. Jajaran Polsek Nan Sabaris dan Koramil 07 Pauh Kambar bersama Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih dan Puskesmas Ulakan, melakukan Operasi Yustisi di lokasi-lokasi strategis dan beresiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19.

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...
- Advertisement -