28 C
Padang
Minggu, Oktober 24, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Camat Ultap Apresiasi Nagari Sungai Gimba Ulakan, Berhasil Salurkan BLT DD Tepat Waktu.
C

Kategori -
- Advertisement -

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Disaat kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum terkendali, dan Kabupaten Padang Pariaman belum keluar dari zona merah, Nagari Sungai Gimba Ulakan telah berhasil salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021 selama enam bulan terakhir tepat waktu.

Penyerahan BLT DD bulan Januari sampai Mei 2021 bantuan diantar oleh petugas, langsung ke rumah-rumah warga yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dan untuk BLT-DD bulan Juni 2021 penyerahannya dilaksanakan pada Rabu (14/7), bertempat di Kantor Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih (Ultap) Kabupaten Padang Pariaman.

Hadir dalam acara itu, Plt. Camat Ulakan Tapakih Nurmalis, SE. MM. Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Irman Tiardi, Amd, Bhabinkamtibmas Polsek Nan Sabaris Brigadir Aidil Saputra, Babinsa Koramil 07/PK Serda Zurnadi, Pendamping Lokal Desa Riki Susanto, Sekretaris Nagari Ramadanus Weri beserta perangkat dan para Wali Korong setempat.

Wali Nagari Irman Tiardi mengatakan, berkat kerjasama yang baik dari rekan-rekan Sekretariat, Nagari Sungai Gimba Ulakan bisa mencairkan BLT DD yang tepat waktu dan selama kondisi pandemi Covid-19 belum terkendali, Pemerintah Nagari berupaya mematuhi protokol kesehatan dengan mengantar BLT-DD langsung ke rumah warga penerima manfaat.

“Alhamdulillah, Nagari kita bisa melaksanakan penyaluran dana BLT DD ini tepat waktu dan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kita kepada masyarakat. Hari ini dilaksanakan penyerahan BLT DD bulan Juni 2021 secara langsung, dengan pengaturan jam kedatangan sesuai jumlah Korong. Hal ini dilakukan, untuk menghindari kerumunan dan untuk mengevaluasi penyaluran bulan Januari sampai Mei 2021. Dimana, bulan-bulan sebelumnya petugas yang mengantarkan langsung ke rumah KPM,” jelas Irman.

Senada dengan itu, Camat Ultap Nurmalis memberikan apresiasi kepada Nagari Sungai Gimba Ulakan yang berhasil salurkan BLT DD ini tepat waktu dan tepat sasaran. Kemudian beliau berpesan kepada KPM. Sebagai wujud rasa syukur, agar masyarakat yang menerima BLT dapat menggunakan bantuan yang diterima untuk usaha yang produktif dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Serta selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun mereka berada.

“Selamat kepada Wali Nagari beserta perangkat, yang telah berhasil menyalurkan BLT DD ini tetap Waktu dan tepat sasaran. Semoga kinerja bagus ini dapat dipertahankan dan berlanjut dalam kegiatan lain. Dan kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu penerima BLT, diharapkan dapat menggunakan dana bantuan ini kepada hal-hal yang produktif dan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Karena saat ini, situasi Pandemi Covid-19 di daerah kita masih belum terkendali. Untuk itu, tetaplah menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Lakukan selalu 5M, yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilisasi,” ujar Nurmalis.

Diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021, telah ditetapkan prioritas dengan tiga fokus anggaran. Pertama, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sesuai kewenangan desa. Kedua, program Prioritas Nasional sesuai kewenangan Desa yang meliputi pendataan Desa, pemetaan potensi dan sumber daya, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting serta Desa inklusif. Yang terakhir ialah, Adaptasi Kebiasaan Baru yaitu Desa Aman Covid-19.

Untuk pemanfaatan Dana Desa dimasa Pandemi Covid-19 ini, diarahkan kepada Bantuan Langsung Tunai bagi 8.045.861 Kepala Keluarga atau 39.263.802 jiwa di seluruh Indonesia. Sedangkan di Nagari Sungai Gimba Ulakan anggaran untuk BLT DD tahun 2021, telah dialokasikan sebanyak 149 (seratus empat puluh sembilan) KPM yang tergabung dalam 5 Korong dengan jumlah bantuan masing-masing sebesar Rp. 300.000,- setiap bulannya. (bus/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img