26.1 C
Padang
Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas
B

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, beritasumbar.com – Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas setempat. Hal itu dikatakannya dalam acara pencanangan Gerakan Sijunjung Berzakat di Balairung Lansek Manih, Selasa (4/5).

Menurut Benny Gerakan Sijunjung berzakat ini akan kita sampaikan kepada seluruh elemen masyarakat yang berhak mengeluarkan zakat, mulai dari zakat penghasilan atau yang dikenal juga sebagai zakat profesi ataupun yang lainnya.

“Pengelolaan zakat lewat baznas ini, sudah banyak manfaat di rasakan oleh masyarakat. Dengan dana zakat ini telah bisa membantu warga Sijunjung yang terkena musibah, apakah musibah banjir, kebakaran, puting beliung, bantuan untuk biaya pendidikan bagi anak yang berprestasi, serta anak kurang mampu tapi memiliki kemauan dan kecerdasan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,” katanya.

Pada kesempatan itu Bupati Sijunjung juga menandatangani surat edaran, supaya ASN dan pegawai swasta yang ada di kabupaten Sijunjung berzakat lewat Baznas.

Ketua Baznas Sijunjung Hidayatullah LC,dalam laporannya menyampaikan, bahwa Sijunjung berada di peringkat terbawah dalam rangka pengumpulan zakat lewat Baznas di tingkat Sumbar atau segaris di atas kabupaten Mentawai yang sedikit umat muslim.

 “Saat ini di Sijunjung zakat yang terhimpun baru berkisar pada angka Rp.3 miliar saja. Padahal potensi yang kita miliki bisa mencapai angka Rp.7 miliar lebih.” Katanya.

Ia menyebutkan masih banyak potensi yang belum optimal disentuh, seperti instansi vertikal baru sekitar 15 persen. Bila kita sandingkan dengan Kabupaten Pesisir Selatan yang mampu mengumpulkan zakat mencapai Rp12 miliar.

“Hasil analisa Baznas Sijunjung, masih banyak ASN di sini yang belum  untuk  mengeluarkan zakat. Semoga dengan adanya surat edaran bupati ini, target yang kita harapkan bisa tercapai dengan baik,” harapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Wabup Sijunjung H.Iraddatillah, Sekdakab Zefnihan, unsur Forkopimda, dan para OPD juga hadir.   Pada kesempatan itu, bupati dan wabup juga menyerahkan zakat yang diterima Ketua Baznas setempat, bahkan juga dilakukan penandatangan surat edaran bupati tentang zakat bupati dan wakil bupati juga menyerahkan paket sembako dari Baznas pada dua orang mustahiq. (alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img