31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

BPBD Sumbar Minta Tambah Pendeteksi Gempa
B

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar) mengusulkan tambahan 200 unit alat peringatan dini gempa untuk mengantisipasi potensi gempa di daerah tersebut.

“Potensi gempa di Sumbar tidak hanya dari laut, tetapi juga dari darat karena itu butuh alat pendeteksi gempa yang memadai,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Pagar Negara ketika menerima kunjungan tim Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) di Padang, Rabu.

Menurutnya, selama ini alat pendeteksi gempa dipasang di daerah yang berada di pesisir pantai, sementara di daerah yang berada di daratan, alat deteksi gempa itu masih minim.

“Padahal, di sepanjang Bukit Barisan yang membentang di hampir semua daerah di Sumbar, terdapat patahan semangka yang dinilai juga menyimpan potensi gempa,” katanya.

Berdasarkan data BPBD Sumbar, terdapat 243 nagari di daerah itu yang rawan gempa.

“Kemampuan jangkauan suara alat tersebut tidak begitu jauh, hanya dua Kilometer sehingga hampir tiap nagari membutuhkan alat tersebut,” katanya.

Sementara, ketua tim Bappenas Bidang Direktorat Lingkungan Hidup, Halim Maturahim mengatakan kedatangan mereka ke Sumbar bertujuan untuk mengevaluasi alat penyebar luas informasi gempa dan tsunami atau Warning Receiver System Digital Video Broadcast(WRS DVB) yang dipasang di Sumbar tahun anggaran 2013 dan 2014.

“Hasil tinjauan kita, enam unit WRS DVB tersebut berfungsi dengan baik,” katanya.

Dia mengatakan, permintaan tambahan WRS DVB dan alat deteksi dini gempa oleh Pemprov Sumbar akan menjadi catatan oleh tim.

 

Sumber: Antara/Oleh Agung Pambudi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img