30.1 C
Padang
Saturday, October 31, 2020

BMKG Sumbar Relokasi WRS DVB di Mentawai

Padang – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Kelas I Padang Panjang, Sumatera Barat(Sumbar) akan merelokasi alat penyebarluasan informasi gempa dan tsunami atau WRS DVB di Kabupaten Kepulauan Mentawai, ke daerah lain.

“WRS DVB (Warning Receiver System- Digital Video Broadcast) yang terpasang di Mentawai saat ini berjumlah lima unit. Alat ini akan kita sebar ke daerah lain di Sumbar yang juga rawan gempa,” kata Kepala BMKG Kelas I Padang Panjang Rahmat Triyono dihubungi dari Padang, Rabu.

Menurutnya, WRS DVB tersebut adalah sarana komunikasi yang berfungsi sebagai penerima data dari BMKG untuk kemudian disebarluaskan menggunakan melalui SMS Server ke berbagai instansi, terkait letak lokasi gempa bumi yang berpotensi tsunami agar bisa ditindaklanjuti.

Dia mengatakan, saat ini terdapat 15 WRS DVB milik BMKG yang tersebar di sejumlah daerah, seperti Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Agam, dan Kepulauan Mentawai.

Daerah yang rencananya akan dipasang WRS DVB itu kemungkinan Tanah Datar, Solok, dan Solok Selatan, karena tiga daerah itu berada di patahan semangka, katanya.

Menurutnya pemindahan WRS DVB merupakan upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bahaya gempa bumi dan tsunami di Sumbar melalui sistem Diseminasi Informasi Gempa bumi dan Tsunami.

“Harapannya, lebih banyak masyarakat yang bisa menerima informasi kebencanaan, sehingga tidak panik ketika terjadi musibah. Selain itu, pemerintah di daerah sebagai pengambil kebijakan akan terbantu untuk menentukan sikap ketika terjadi bencana,” katanya.

Idealnya menurut Rahmat, setiap kabupaten dan kota di Sumbar memiliki satu unit WRS DVB.

“Saat ini kita baru punya 15, untuk tambahannya kita akan usulkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas),” katanya.

Dia mengatakan, tim dari Bapennas sudah meninjau langsung alat penyebar informasi yang telah terpasang itu pada Selasa(15/9).

“Bappenas memastikan apakah alat itu terpasang, berguna, dan terawat dengan baik. Dalam pertemuan dengan tim itu, Bappenas menyampaikan kemungkinan penambahan DVB untuk Sumbar,” katanya.

Rahmat menambahkan, selain WRS DVB, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya bencana, BMKG juga telah memasang enam serine peringatan dini gempa tsunami di wilayah pesisir Barat Sumbar.

Bappenas juga melakukan peninjauan di Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Sumbar, Rabu(16/9) bersama tim BMKG setempat.

Kunjungan tersebut disambut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Pagar Negara dan Satgas Pusdalops PB.

“Mereka ingin memastikan implementasi dari sistem Diseminasi Informasi Gempa bumi dan Tsunami pada instansi pemerintah atau lembaga terkait,” katanya.

Dijelaskan Pagar Negara, adanya peralatan yang disediakan oleh BMKG tersebut telah berfungsi dengan baik sehingga sangat membantu Satgas Pusdalops dengan informasi yang tepat dan akurat.

“Informasi ini menjadi pertimbangan bagi kami untuk mengambil keputusan, serta diseminasi dini kepada masyarakat,” katanya.

 

Sumber:

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pilkada 2020 serentak, Menyerahkan Keselamatan Raga Atau Hak Suara

Pilkada 2020 akan dilaksanakan sebentar lagi secara serentak. Tentunya dengan protokol kesehatan yang sangat ketat pada pandemi wabah Covid-19 masih dianggap sangat...

Darma-Tani Lintau IX Koto Solidkan Kekuatan Menuju Kemenangan

Demi meraup suara besar, tim pemenangan, relawan dan simpatisan Darma Tani Lintau IX Koto, sepakat solidkan serta satukan kekuatan pada sabtu (24/10/20)...

Tidak Ada Gunanya Peringatan Sumpah Pemuda Jika Pemuda Tidak Diberikan Ruang Dan Kepercayaan Menjadi Pemimpin

Oleh Reido Deskumar Setiap tanggal 28 Oktober selalu diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Salah satu momen bersejarah dari perjalan...

Pam Tigo Payakumbuh Akan Berlakukan Sistem Zonasi Untuk Tingkatkan Kekuatan Air

Payakumbuh BeritaSumbar - Perusahaan Air Minum Tirta Sago (Pam Tigo) Kota Payakumbuh akan melakukan sistem zonasi dalam pendistribusian agar dapat meningkatkan kekuatan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pecah Rekor Positif Covid-19 Di Payakumbuh, Muncul Klaster Tahanan Polisi

Payakumbuh, www.beritasumbar.com - Kasus Covid-19 di Kota Payakumbuh pecah rekor, dimana pada pada Jumat, 30/10 terkonfirmasi 30 orang warga positif virus corona...

Umumkan Hasil Seleksi CPNS, Pemko Padang Berikan Masa Sanggah Tiga Hari

Padang,beritasumbar.com - Perserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Padang, yang tidak lulus seleksi bisa melakukan sanggah dalam waktu tiga hari...

Polres Tanah Datar Selalu Imbau Pengunjung Pasar Batusangkar Gunakan Masker

Tanah Datar, www.beritasumbar.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres tanah Datar selalu mengimbau pengunjung Pasar Batusangkar agar tetap memakai masker, guna mencegah penyebaran...

Polres Limapuluh Kota Berhasil Mengamankan Dua Tersangka yang Miliki 135 Paket Besar Ganja

Limapuluh Kota, www.beritasumbar.com - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotika berinisial RS dan YFA yang miliki 135...
- Advertisement -