30 C
Padang
Minggu, Februari 28, 2021
Beritasumbar.com

BMKG Sumbar Relokasi WRS DVB di Mentawai
B

Kategori -

Padang – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Kelas I Padang Panjang, Sumatera Barat(Sumbar) akan merelokasi alat penyebarluasan informasi gempa dan tsunami atau WRS DVB di Kabupaten Kepulauan Mentawai, ke daerah lain.

“WRS DVB (Warning Receiver System- Digital Video Broadcast) yang terpasang di Mentawai saat ini berjumlah lima unit. Alat ini akan kita sebar ke daerah lain di Sumbar yang juga rawan gempa,” kata Kepala BMKG Kelas I Padang Panjang Rahmat Triyono dihubungi dari Padang, Rabu.

Menurutnya, WRS DVB tersebut adalah sarana komunikasi yang berfungsi sebagai penerima data dari BMKG untuk kemudian disebarluaskan menggunakan melalui SMS Server ke berbagai instansi, terkait letak lokasi gempa bumi yang berpotensi tsunami agar bisa ditindaklanjuti.

Dia mengatakan, saat ini terdapat 15 WRS DVB milik BMKG yang tersebar di sejumlah daerah, seperti Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Agam, dan Kepulauan Mentawai.

Daerah yang rencananya akan dipasang WRS DVB itu kemungkinan Tanah Datar, Solok, dan Solok Selatan, karena tiga daerah itu berada di patahan semangka, katanya.

Menurutnya pemindahan WRS DVB merupakan upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bahaya gempa bumi dan tsunami di Sumbar melalui sistem Diseminasi Informasi Gempa bumi dan Tsunami.

“Harapannya, lebih banyak masyarakat yang bisa menerima informasi kebencanaan, sehingga tidak panik ketika terjadi musibah. Selain itu, pemerintah di daerah sebagai pengambil kebijakan akan terbantu untuk menentukan sikap ketika terjadi bencana,” katanya.

Idealnya menurut Rahmat, setiap kabupaten dan kota di Sumbar memiliki satu unit WRS DVB.

“Saat ini kita baru punya 15, untuk tambahannya kita akan usulkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas),” katanya.

Dia mengatakan, tim dari Bapennas sudah meninjau langsung alat penyebar informasi yang telah terpasang itu pada Selasa(15/9).

“Bappenas memastikan apakah alat itu terpasang, berguna, dan terawat dengan baik. Dalam pertemuan dengan tim itu, Bappenas menyampaikan kemungkinan penambahan DVB untuk Sumbar,” katanya.

Rahmat menambahkan, selain WRS DVB, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya bencana, BMKG juga telah memasang enam serine peringatan dini gempa tsunami di wilayah pesisir Barat Sumbar.

Bappenas juga melakukan peninjauan di Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Sumbar, Rabu(16/9) bersama tim BMKG setempat.

Kunjungan tersebut disambut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Pagar Negara dan Satgas Pusdalops PB.

“Mereka ingin memastikan implementasi dari sistem Diseminasi Informasi Gempa bumi dan Tsunami pada instansi pemerintah atau lembaga terkait,” katanya.

Dijelaskan Pagar Negara, adanya peralatan yang disediakan oleh BMKG tersebut telah berfungsi dengan baik sehingga sangat membantu Satgas Pusdalops dengan informasi yang tepat dan akurat.

“Informasi ini menjadi pertimbangan bagi kami untuk mengambil keputusan, serta diseminasi dini kepada masyarakat,” katanya.

 

Sumber:

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).
- Advertisement -

Pelanggaran Netralitas ASN-Wali Nagari Di Limapuluh Kota Selama Pilkada 2020, Ini Rinciannya

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, empat pelanggaran yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN)...

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).
- Advertisement -

Pelantikan Ketua TP-PKK Sebelas Kabupaten/kota di Sumbar, Istri Wako Bukittinggi Paling Muda

Padang, beritasumbar.com -- Ketua TP - PKK untuk 11 Kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar), dilantik serentak di Auditorium Gubernur berlangsung khidmat, Jumat (26/2/2021). Pelantikan ini...

Kawasan Lembah Harau Kembali Terbakar, Diduga Pelaku Kemah Lupa Matikan Api Unggun

Sarilamak, beritasumbar.com - Kawasan Wisata Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota Kembali mengalami mengalami kebakaran pada Selasa siang, namun berhasil dipadamkan oleh petugas. "Pada kebakaran hutan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir

Sijunjung, Beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir menegaskan tugas pertama akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penegasan ini disampaikan bupati pada pidato...

37 Kandidat Bertarung Di Pilwanag Serentak Sijunjung 2021 Ikuti Tes Tertulis

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 37 ( tiga puluh tujuh) orang putra terbaik  5 (lima) Nagari di Kabupaten Sijunjung berebut tiket untuk masuk 5 (lima) bursa...

Teken Fakta Integritas, ASN Lapas Sijunjung Komit Bebas Korupsi , Bersih, dan Melayani

Sijunjung, beritasumbar.com - ASN Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muaro Sijunjung menggelar deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)...

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Pelanggaran Netralitas ASN-Wali Nagari Di Limapuluh Kota Selama Pilkada 2020, Ini Rinciannya

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, empat pelanggaran yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN)...

BPNB Sumbar dan HWK Sumbar bersama DPD RI Gelar Orasi Pemajuan Kebudayaan Saniangbaka

Saniangbaka memiliki kekayaan dalam seni dan budaya. Nagari yang berada di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut menonjol dengan kesenian tarinya yang sering ditampilkan pada panggung nasional dan internasional.

Kawasan Lembah Harau Kembali Terbakar, Diduga Pelaku Kemah Lupa Matikan Api Unggun

Sarilamak, beritasumbar.com - Kawasan Wisata Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota Kembali mengalami mengalami kebakaran pada Selasa siang, namun berhasil dipadamkan oleh petugas. "Pada kebakaran hutan...

Cegah Narkoba Di Jajaran Internal, Personel Polres Sijunjung Tandatangani Fakta Integritas

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mencegah pemakaian nakorba pada jajaran internal, semua personel Polres Sijunjung menandatangani komitmen moral untuk tidak menyalahgunakan, memakai, dan atau mengedarkan ...

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...
- Advertisement -