25.3 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

BMKG Sumbar Relokasi WRS DVB di Mentawai
B

Kategori -

Padang – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Kelas I Padang Panjang, Sumatera Barat(Sumbar) akan merelokasi alat penyebarluasan informasi gempa dan tsunami atau WRS DVB di Kabupaten Kepulauan Mentawai, ke daerah lain.

“WRS DVB (Warning Receiver System- Digital Video Broadcast) yang terpasang di Mentawai saat ini berjumlah lima unit. Alat ini akan kita sebar ke daerah lain di Sumbar yang juga rawan gempa,” kata Kepala BMKG Kelas I Padang Panjang Rahmat Triyono dihubungi dari Padang, Rabu.

Menurutnya, WRS DVB tersebut adalah sarana komunikasi yang berfungsi sebagai penerima data dari BMKG untuk kemudian disebarluaskan menggunakan melalui SMS Server ke berbagai instansi, terkait letak lokasi gempa bumi yang berpotensi tsunami agar bisa ditindaklanjuti.

Dia mengatakan, saat ini terdapat 15 WRS DVB milik BMKG yang tersebar di sejumlah daerah, seperti Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Agam, dan Kepulauan Mentawai.

Daerah yang rencananya akan dipasang WRS DVB itu kemungkinan Tanah Datar, Solok, dan Solok Selatan, karena tiga daerah itu berada di patahan semangka, katanya.

Menurutnya pemindahan WRS DVB merupakan upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bahaya gempa bumi dan tsunami di Sumbar melalui sistem Diseminasi Informasi Gempa bumi dan Tsunami.

“Harapannya, lebih banyak masyarakat yang bisa menerima informasi kebencanaan, sehingga tidak panik ketika terjadi musibah. Selain itu, pemerintah di daerah sebagai pengambil kebijakan akan terbantu untuk menentukan sikap ketika terjadi bencana,” katanya.

Idealnya menurut Rahmat, setiap kabupaten dan kota di Sumbar memiliki satu unit WRS DVB.

“Saat ini kita baru punya 15, untuk tambahannya kita akan usulkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas),” katanya.

Dia mengatakan, tim dari Bapennas sudah meninjau langsung alat penyebar informasi yang telah terpasang itu pada Selasa(15/9).

“Bappenas memastikan apakah alat itu terpasang, berguna, dan terawat dengan baik. Dalam pertemuan dengan tim itu, Bappenas menyampaikan kemungkinan penambahan DVB untuk Sumbar,” katanya.

Rahmat menambahkan, selain WRS DVB, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya bencana, BMKG juga telah memasang enam serine peringatan dini gempa tsunami di wilayah pesisir Barat Sumbar.

Bappenas juga melakukan peninjauan di Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Sumbar, Rabu(16/9) bersama tim BMKG setempat.

Kunjungan tersebut disambut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Pagar Negara dan Satgas Pusdalops PB.

“Mereka ingin memastikan implementasi dari sistem Diseminasi Informasi Gempa bumi dan Tsunami pada instansi pemerintah atau lembaga terkait,” katanya.

Dijelaskan Pagar Negara, adanya peralatan yang disediakan oleh BMKG tersebut telah berfungsi dengan baik sehingga sangat membantu Satgas Pusdalops dengan informasi yang tepat dan akurat.

“Informasi ini menjadi pertimbangan bagi kami untuk mengambil keputusan, serta diseminasi dini kepada masyarakat,” katanya.

 

Sumber:

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Literasi Digital, Melanie Soebono Hadir Virtual di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Aktris sekaligus musisi senior yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup, Melanie Soebono hadir secara virtual menyapa warga Kabupaten Limapuluh Kota. Melanie menjadi narasumber Literasi Digital yang diprakarsai Kemenkominfo, Sabtu (21/8).
- Advertisement -

Luncurkan Gerai Vaksin Untuk Pelajar, Ini Pesan Kapolres Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP.  Muhammad Ikhwan Luzuardi SH SIK MH  Launching Gerai Vaksin bagi pelajar yang dilaksanakan di SMAN 6 Sijunjung Kecamatan Kamang...

Lima Positif Covid-19 dan Empat Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Perkembangan kasus Covid-19 Kota Payakumbuh terus melandai dari hari kehari. Dimana sampai Jumat(17/09) kasus aktif virus corona tinggal 49 kasus.
- Advertisement -

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...

Seksi PHU Kemenag Padang Panjang Gelar Rakor Bersama Camat dan Lurah se Kota Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,- Kankemenag Kota Padang Panjang Gelar Rapat Koordinasi dengan Camat dan Lurah se Kota Padang Panjang tentang Petunjuk Pelaksana Pelimpahan Porsi Jemaah Haji Meninggal Dunia atau Sakit Permanen berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI Nomor 130 Tahun 2020 di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Kamis (16/09/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -