26.6 C
Padang
Monday, November 30, 2020
Beritasumbar.com

Benalu Kopi Dan Khasiatnya Bagi tubuh Manusia
B

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Selama ini kita kenal yang namanya benalu adalah tanaman parasit. Sebab dimana tumbuh selalu merusak tanaman induk. Bahkan sampai tanaman tempat dia menumpang hidup bisa mati.

Tetapi tahukah pembaca bahwa ternyata tanaman dengan nama Latin Macrosolen cochinchinensis ini bisa bermanfaat bagi kesehatan kita? Ya, beberapa penelitian bahwa tanaman ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita. Bahkan di Cina, tanaman ini sudah dari dahulu kala dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Jika demikian, apa sajakah manfaat dari tanaman benalu ini?

1. Mengobati Kanker

Di Eropa tanaman benalu khususnya bagian daunnya, yang sudah banyak diteliti untuk dijadikan obat dalam terapi penyembuhan penyakit mematikan kanker. Di dalam daun benalu inilah terdapat berbagai macam zat yang bisa membantu mengobati penyakit berbahaya yang satu ini.

2. Mengobati Epilepsi

Sejak abad 16, orang Eropa menggunakan tanaman benalu sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengobati penyakit gangguan syaraf seperti epilepsi. Pada seseorang yang menderita penyakit epilepsi, dia cenderung mengalami kesulitan untuk mengontrol tubuhnya sendiri dan menggunakan manfaat daun benalu yang dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi gangguan kesehatan yang satu ini.

3. Mengatasi Tidur Mendengkur

Tidur mendengkur mungkin tidak terasa bagi si penderitanya, tetapi akan sangat mengganggu bagi pasangan. Bahkan penelitian lanjut membuktikan jika mendengkur merupakan salah satu tanda adanya penyakit serius di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi manfaat daun benalu. Bisa dijadikan sebagai minuman teh dan dikonsumsi secara rutin agar hasilnya maksimal.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah bisa menjadi sumber berbagai penyakit berbahaya yang lain. Penyakit seperti stroke atau penyakit jantung bisa bersumber dari tingginya tekanan darah. Atasi tekanan darah tinggi dengan daun benalu.

5. Mengobati Radang Sendi

Radang pada sendi biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Namun tidak jarang mereka yang masih muda pun bisa mengalami penyakit radang sendi atau juga yang disebut dengan istilah arthritis. Penelitian menyebutkan jika kandungan di dalam manfaat daun benalu bisa membantu menyembuhkan peradangan yang terjadi pada sendi-sendi.

6. Mengatasi Detak Jantung Tidak Normal

Mengalami detak jantung yang tidak normal bisa menjadi tanda bahwa tubuh menderita suatu penyakit yang cukup serius. Untuk mengobatinya, beberapa peneliti menyarankan untuk menggunakan benalu sebagai obat herbal alami, yang memang sudah banyak digunakan oleh orang Cina sejak dahulu kala.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh sehat secara keseluruhan. Ini karena di dalam darah akan terdapat nutrisi-nutrisi dan gizi dari makanan yang kita makan untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Selain itu, peredaran darah yang mengalami gangguan bisa menyebabkan tubuh kekurangan manfaat oksigen dan bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Daun benalu sendiri mengandung beberapa zat yang bisa membantu tubuh untuk memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh kita.

8. Membunuh Sel Tumor

Di dalam daun benalu, terkandung unsur yang bisa mencegah membesarnya sel tumor. Kandungan di dalam daun benalu tersebut dapat membunuh sel-sel tumor yang bisa berubah menjadi kanker ganas.

9. Menjadi Obat Pusing

Manfaat lainnya yang bisa didapat dari daun benalu adalah untuk mengobati kepala pusing. Anda bisa menggunakan benalu untuk obat sakit kepala dengan cara menjadikannya minuman teh. Obat herbal untuk mengatasi pusing ini juga ditemui pada :

10. Mengobati Penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus. Jika penyakit hepatitis dibiarkan, bisa muncul penyakit kanker hati karena memang virus yang menyebabkan hepatitis ini merusak dan menyerang pada bagian hati. Manfaat naun benalu dapat berupa ekstrak atau teh ini, akan membantu mengobati penyakit hepatitis jenis apapun.

11. Mencegah Keguguran dan Pendarahan Kehamilan

Pada jaman dahulu kala, daun benalu dipercaya bisa untuk mencegah keguguran. Tetapi, hal ini belum bisa dibuktikan kebenarannya. Sehingga ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika ingin menggunakan manfaat daun benalu ini sebagai obat untuk mencegah pendarahan.

12. Menguatkan Tulang dan Gigi

Daun benalu selain mengandung zat yang mampu mengobati berbagai macam penyakit ternyata bisa juga untuk manfaat kesehatan lainnya. Kandungan mineral yang terdapat di dalam benalu bisa membantu untuk memperkuat tulang dan gigi kita.

13. Mengembalikan Fungsi Hati dan Ginjal

Ingin ginjal dan hati lebih sehat? Mungkin harus mulai mengkonsumsi benalu. Benalu mengandung beberapa zat yang sangat berguna untuk membersihkan racun-racun yang terdapat di dalam hati maupun ginjal. Dengan demikian, hati dan ginjal menjadi bersih dan dapat melakukan kembali fungsinya dengan normal.

Efek Samping Daun Benalu

Benalu memang memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Tetapi, ada baiknya kita tetap waspada mengenai penggunaan daun benalu sebagai obat herbal yang dikonsumsi. Berikut ada beberapa efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan oleh tanaman parasit yang satu ini:

Pada tahap wajar, benalu bisa menyebabkan diare.
Daun benalu yang masuk kedalam tubuh dalam dosis sedang bisa membuat perut sakit.
Daun benalu dalam takaran sedang bisa membuat perut menjadi kembung.
Dosis yang sedikit berlebihan pada konsumsi daun benalu juga bisa mengakibatkan kehilangan nafsu makan.
Dosis sedang pada konsumsi benalu bisa menyebabkan mulut menjadi kering.
Dosis berlebihan pada konsumsi daun benalu bisa mengkibatkan kematian.
Daun benalu memang banyak yang mempercayai sebagai obat herbal. Daun dari tanaman parasit yang satu ini bahkan sudah banyak digunakan sebagai bahan untuk ramua traditional Cina untuk mengobati berbagai macam penyakit. Namun perlu diingat, belum terlalu banyak penelitian yang dilakukan mengenai kandungan daun benalu. Jika anda mengalami gejala keracunan setelah mengkonsumsi daun benalu dalam takaran yang berlebihan, ketahui gejalanya:

Kepala pusing
Berkunang-kunang
Sakit kepala
Ada baiknya untuk lakukan konsultasi terlebih dahulu untuk pengobatan herbal yang akan dilakukan, termasuk mengunakan daun benalu ini.

sumber: atmago.com

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Awal Bulan Depan Lapangan Olahraga Terbuka “Payakumbuh Bugar” Sudah Boleh Dipakai, Begini Cara Pemesanan Lapangannya

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,-- Payakumbuh Bugar adalah nama dari Lapangan Olahraga Terbuka milik Pemko Payakumbuh yang berada di kawasan Padang kaduduak, Kelurahan Tigo Koto...

Pasangan Nomor 2, Dapat Dukungan Dominan Di Sitanang

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Sepekan menjelang digelarnya Pilkada Limapuluh Kota, dukungan demi dukungan untuk calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2 Darman Sahladi-Maskar...

Diterjang Banjir, Satu Jembatan Putus Di Tapan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Satu unit jembatan permanen sepanjang 4 meter di Nagari Binjai Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan putus diterjang banjir, Rabu (25/11)....

Dicokok KPK, Ini Sepak Terjang Edhy Prabowo di KKP

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan hal tersebut. "Iya...

Andes : “Warga Harau dan Kecamatan Payakumbuh Pilih Darman Sahladi-Maskar No Urut 2”

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gerakan politisi yang satu ini untuk kemenangan Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo, patut diacungi jempol. Yaitu Marsanova Andesra.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nauclea Orientalis, Bunga Yang Mirip Virus Corona.

Oleh: Lidia Gusvita Nasra ~ Mahasiswa Biologi, Universitas Andalas, Padang Tak hanya perkembangan kasus virus corona yang dibicarakan saat...

Persentase Kesembuhan Pasien COVID-19 di Payakumbuh Capai 75 Persen

Payakumbuh, BeritaSumbar - Meski angka kasus positif COVID-19 di Kota Payakumbuh terus meningkat, Dinas Kesehatan Kota (DKK) di daerah itu mencatat angka...

Tingkat Pelayanan Kesehatan Di Payakumbuh Empat kali Jumlah Penduduk

Payakumbuh, beritasumbar.com -Tingkat pelayanan kesehatan di Kota Payakumbuh melebihi jumlah penduduk, bahkan angkanya mencapai empat kali lipat dari jumlah penduduk 138.000 jiwa,...

Berikut hasil Survei Ketahanan Sosial Masyarakat selama PSBB

Dalam upaya melawan pandemi COVID-19, pemerintah mengambil kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku sejak April 2020. Karakter demografi di Indonesia...

Pecah Rekor Positif Covid-19 Di Payakumbuh, Muncul Klaster Tahanan Polisi

Payakumbuh, www.beritasumbar.com - Kasus Covid-19 di Kota Payakumbuh pecah rekor, dimana pada pada Jumat, 30/10 terkonfirmasi 30 orang warga positif virus corona...

Menepis Mitos Menjelang Hadirnya Vaksin COVID-19

Pemerintah Indonesia berencana akan memulai vaksinasi COVID-19 pada bulan Desember 2020. Setidaknya ada tiga kandidat vaksin COVID-19 yang bakal masuk ke RI pada November...

Punya Manfaat sebagai Immunodulator, Jahe Merah Segera Diuji Klinis

Beberapa waktu terakhir, media sosial Indonesia dihebohkan dengan kontroversi video di kanal Youtube musisi Anji dengan Hadi Pranoto.

Konsumsi Daun Kelor (Moringa oleifera Lam) Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi Covid-19

Padang,-Covid19 telah menyebar hampir di seluruh negara di dunia dan ditetapkan sebagai pandemi global pada tanggal 11 Maret 2020. Berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia...

Malaysia Perkenalkan Wisata Kesehatan

BeritaSumbar.com,-Malaysia diperkirakan terus aktifkan kembali dalam bidang wisata kesehatan dimulai tahun depan setelah satu tandatangan nota kesepahaman (MOU) yang akan diadakan dalam waktu terdekat. Ketua...

Menteri Kesehatan RI: Jadikan Yoga Untuk Bisa Mereformasi Diri

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek mengatakan Kegiatan Saka Yoga Festival dalam rangka hari raya Nyepi ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mereformasi diri kita...
- Advertisement -