24 C
Padang
Kamis, Mei 13, 2021
Beritasumbar.com

Bawaslu Limapuluh Kota Ajak Masyarakat Tingkatkan Partisipatif Dalam Pengawasan Pemilu 2020
B

Limapuluh Kota – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota terus mengajak seluruh komponen masyarakat meningkatkan partisipatif dalam pengawasan penyelenggaraan Pilkada 2020. Minimal, memberi laporan awal jika menemukan indikasi pelanggaran kepada Bawaslu.

“Pada Pemilu 2019 lalu, tingkat kepedulian dan partisipasi masyarakat terhadap pelaporan tindak pelanggaran terus meningkat, tapi masih perlu ditingkatkan,” kata Ketua Bawaslu Limapuluh Kota, Yoriza Asra, ketika membuka kegiatan sosialisasi Pilkada 2020 di Restoran Tiva kawasan Pulutan, Harau, Rabu (27/11).

Dari catatan Bawaslu, pada penyelenggaraan Pilkada Limapuluh Kota 2015 dan Pemilu 2019, angka partisipasi masyarakat melaporkan tindakan pelanggaran pemilu mengalami kenaikan. Ini membuktikan, kepedulian masyarakat mengantisipasi pelanggaran-pelanggaran pemilu terus tumbuh.

Kendati demikian, ia menyebut, di beberapa kecamatan masih ada masyarakat yang enggan memberi informasi atau menjadi pelapor.

Sebagai wasit dalam penyelenggaraan Pilkada, Bawaslu terus berupaya mengedukasi masyarakat perihal pentingnya integritas, kredibilitas, dan transparansi penyelenggara Pilgub dan Pilbup 2020.

“Karena itu, sosilisasi ini sengaja kami gelar lebih awal karena kami berkeinginan mengajak masyarakat mengetahui pentingnya peran kita sebagai pemilih agar ikut mengawasi proses Pilkada,” kata Yoriza Asra.

Dalam sosialisasi, Bawaslu mengundang pengurus partai politik di Limapuluh Kota, Organisasi Masyarakat (Ormas), LSM hingga perwakilan pemuda dan bundo kanduang.

Tujuannya agar peserta bisa memberikan pemahaman terhadap kadernya dan masyarakat umum terkait Pilkada.

Hadir menjadi nara sumber, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Surya Efitrimen, Akademisi UIN Imam Bonjol Padang, Abrar, hingga komisioner Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Aljannata dan Zumaira.

Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen, dalam materinya sempat mengingatkan serta mengajak masyarakat mengawasi setiap indikasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), sepanjang tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020.

Sebab, potensi dan indikasi keterlibatan Aparat Sipil Negara (ASN) terkait netralitas semakin tinggi. Pada Pemilu 2019 lalu, di Sumatera Barat sekitar 27 ASN dilakukan proses penindakan karena terindikasi melakukan pelanggaran sesuai ketentuan Undang-Undang.

“Termasuk di Limapuluh Kota, ada sekitar tiga kasus terkait netralitas ASN. Ketiganya sudah ditindaklanjuti bahkan telah diberikan sanksi oleh KASN.
Karena itu mari sama-sama kita awasi, jangan sampai ada lagi pihak-pihak yang dituntut netralitasnya terlibat politik praktis,” terangnya.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kapolres Pessel Sampaikan Pesan anggotanya Jaga Kesehatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Dalam kunjungan itu, Kapolres Pessel melihat situasi pos pelayanan tersebut. Dan, juga kesiapan anggota, termasuk sarana juga prasrana di pos pelayanan.
- Advertisement -

Wako Tak Hadir di Paripurna LKPJ, Marfendi: Jangan Dikritisi Berlebihan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketidakhadiran wali kota Bukittinggi, Erman Safar dalam sidang paripurna Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) 2020 di aula sidang utama dewan, tidak bisa...

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.
- Advertisement -

Masih Zona Orange, Pemkab Sijunjung Tidak Fasilitasi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Sijunjung tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri karena daerah tersebut masuk zona orange dalam kasus Covid-19. Bupati Sijunjung Beny Dwifa...

Kejaksaan Lidik Persoalan Perpakiran di Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bukittinggi melakukan penyelidikan terhadap pengelolaan perpakiran, yang dikelola mitra kerja Dinas Perhubungan (Dishub) kota setempat. "Kita tengah menyelidiki...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...

Tapan-Pessel di Rundung Banjir; ‘Sedih, Idul Fitri Di Dahului Banjir’

Tapan-Pessel (11/5/21) Banjir menghantam dan menenggelamkan beberapa nagari di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Dari informasi di lapangan diketahui empat nagari terparah, yaitu; Binjai...

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Temui Kaban Geologi, Wabup RKN: SK Geopark Harau Insya Allah Akhir Mei

Bandung,BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) berkunjung ke Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, di Bandung.
- Advertisement -