25.9 C
Padang
Saturday, September 19, 2020

Madya Praja IPDN Study Lapangan Ke Pemkab Limapuluh Kota

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota H.Irfendi Arbi terima study lapangan Madya Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat Prodi Keuangan Publik di Lima Puluh Kota tentang Implementasi E-Bugdeting dan E-Planning di rumah dinas Bupati Labuah Silang Payakumbuh, Rabu(27/11).

Aplikasi E-Planning dan E-Budgeting saat ini menjadi komponen penting dalam menentukan sistem perencanaan dan penyusunan anggaran pembangunan daerah yang terintegrasi dan transparansi.

Aplikasi komputer berbasis web tersebut sangat membantu dalam kegiatan perencanaan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah, sehingga penggunaan anggaran lebih efektif dan efisien, kata H.Irfendi Arbi.

“Tulis, setiap apa yang kita kerjakan tulis, biasakan menulis sehingga menjadi menciptakan hal-hal besar”,ucap H.Irfendi Arbi.

Kemudian identifikasi masalah, kita cari permasalahannya apa kelemahannya kemudian kita rumuskan dan selesaikan dengan baik. Kedepan semua permasalah sudah dapat kita antisipasi, ucap H.Irfendi Arbi.

Di pilihnya Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai study lapangan karena telah dinilai terbaik dalam pelaksanaan e-Bugdeting dan e-Planning dalam mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel, kata Direktur Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Sunbar Tun Husen.

Bugdeting dan e-Planning Kabupaten Lima Puluh Kota dalam menyusun APBD nanti dibawa ke kampus dijadikan koseptual diberi ruang diskusi dan dikembangkan, ujar Tun Husen.

Begitu besar tantangan kedepan dengan telah diterapkannya aplikasi-aplikasi yang terus berkembang e-Bugdeting dan e-Planning dan e-Controling.

Tidak kalah penting diterapkan pada Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah etitude (etika) sebagai pembentuk karakter. Ini sudah kita laksanakan, kata Tun Husen.(relis)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Akhirnya, Ponsel BM di Indonesia Benar-benar Diblokir Mulai Malam Ini

Setelah mengalami penundaan beberapa kali, akhirnya aturan pemblokiran ponsel ilegal atau black market (BM) melalui nomor IMEI resmi diberlakukan.

Satpol PP Payakumbuh Dan Tim Gabungan Disiplinkan Masyarakat

Payakumbuh --- Pada hari Rabu (16/9), puluhan petugas yang terdiri dari TNI-POLRI dan Satpol PP Payakumbuh melakukan sidak ke beberapa tempat di...

Tokoh Minta Puan Ke Sumbar Anggap Sudah Selesai, PMM Jangan Politisasi Masyarakat Uni Puan Harus Minta Maaf

Padang - Banyak sejumlah tokoh Sumatera Barat memandang persoalan ucapan Puan Maharani yang menyebut "Semoga sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila"...

Polres Pessel Siap Laksanakan Operasi Yustisi

Pesisir Selatan,-Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo S.Ik, MH menegaskan, jika jajaran Polres Pesisir Selatan siap melaksanakan operasi Yustisi, di wilayah Hukum...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Heli Chinook Antarkan Bantuan BNPB Mendarat di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,-Helikopter Chinook CH-47D dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendarat di Lapangan Gor Singa Harau, pada Senin (15/9).

Widya Putra Ingatkan ASN Tak Langgar Prokes

Limapuluh Kota, .-Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) menyusul semakin meningkatnya kasus Covid-19 sejak beberapa waktu belakangan. Aparatur Sipil...

Ketua PODSI Limapuluh Kota Tinjau Atlit Latihan Di Batang Sinama

Limapuluh kota,- Sabtu 12/9 atlit dayung kabupaten Limapuluh Kota gelar latihan di aliran batang Sinama Nagari Taram kecamatan Harau. Latihan kali ini...

LSM Pekat Limapuluh Kota Goro Bersihkan Jalan Menuju Surau Suluak Di Ketinggian Sarilamak

Limapuluh Kota Kota - LSM Pekat Limapuluh Kota Kota melaksanakan gotong royong di jalan menuju ke surau Suluk Syeikh Mulia di Ketinggian...
- Advertisement -