25.9 C
Padang
Sunday, September 20, 2020

Balitbangtan Eksplorasi Bibit Porang di Madiun

BeritaSumbar.com,-Saat ini tren permintaan porang di pasar dunia terus meningkat. Alhasil banyak pihak tertarik membudidayakan tanaman yang sedang fenomenal dikalangan pengusaha ini.

Di Indonesia, tanaman porang belum banyak dibudidayakan. Tanaman tersebut tumbuh liar di pekarangan atau di pinggiran hutan dan berkembang biak dari umbi atau biji tanaman sebelumnya.
Untuk mengetahui tingkat pertumbuhan tanaman porang pada setiap agroekosistemnya, Kementerian Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) di Malang melakukan karakterisasi dan observasi tanaman porang di Daerah Madiun. Observasi dilakukan di dua desa pada pertengahan Januari 2020 tepatnya di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, dan Desa Ngranget, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun.
Pertanaman porang di Desa Klangon umurnya sangat bervariasi karena perbedaan asal bahan tanam yaitu dari bibit terpendam di lahan pada tahun-tahun sebelumnya (umbi bentuk katak, biji) maupun pertanaman baru, yang sengaja ditanam pada musim ini. Overlap umur ini sulit untuk diidentifikasi, bahkan oleh pemilik pertanaman.
Tanaman porang di Desa Klangon, Kecamatan Saradan umumnya ternaungi dengan intensitas cahaya mulai dari rendah hingga sedang. Kondisi tanaman juga cukup baik, meskipun di satu lokasi ditemukan hama ulat dan gejala bercak pada daun.
Selain itu, ditemukan juga pada pinggiran daun berwarna putih dan merah muda serta pada tepi daun bergelombang. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari petani, warna merah muda pada daun akan memudar menjadi putih seiring bertambahnya umur tanaman, demikian juga untuk gelombang pada tepi daun.
Observasi juga dilakukan pada pertanaman porang di lahan terbuka (tanpa naungan) tepatnya di Desa Ngranget, Kecamatan Dagangan. Bibit porang berasal dari umbi yang biasa disebut katak hasil dari budidaya. Lahan tidak sepenuhnya terbuka, namun tingkat naungan relatif lebih rendah dibandingkan dengan di Klangon.
Petani melakukan budidaya menggunakan mulsa plastik dengan jarak tanam 30-40 cm dalam baris, dan 60 cm antar guludan. Petani memberikan urine sapi pada saat tanam, kemudian tiap 14 hari disemprot dengan pupuk mutiara yang dicairkan dengan dosis 80 kg/1,5 hektare.
Keragaman warna batang, pola bercak batang, warna daun juga ditemukan pada pertanaman di desa ini. Kondisi pertanaman tidak seoptimal di Desa Klangon, namun petani optimis hasil panen umbi tidak lebih rendah dibandingkan hasil panen pertanaman di Desa Klangon.
Pengalaman Pak Warsito, ketua Gapoktan di Desa Ngranget, Kecamatan Dagangan, sudah terbiasa menanam porang di lahan terbuka tanpa naungan seluas 1,25 hektare. Tanaman Porang berasal dari umbi hasil budidaya dengan hasil panen umbi 2-3 kg per tanaman satu musim. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal Pak Warsito harus menggunakan pupuk Phonska 200 kg pada saat tanam dan 300 kg saat tanaman umur satu bulan. (Uje/RTPH/Balitkabi)
 

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rayakan HUT ke 42, PD V GM FKPPI Provinsi Jambi Adakan Syukuran

JAMBI - Pengurus Daerah V Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (GM FKPPI) Jambi mengadakan Syukuran...

Polres Pessel Siap Laksanakan Operasi Yustisi

Pesisir Selatan,-Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo S.Ik, MH menegaskan, jika jajaran Polres Pesisir Selatan siap melaksanakan operasi Yustisi, di wilayah Hukum...

DPRD Payakumbuh Sidak Perda 12 Tahun Kebelakang

Payakumbuh --- Peraturan Daerah (Perda) yang menjadi produk hukum antara DPRD dengan Pemerintah Kota Payakumbuh dari tahun 2008 hingga 2019 dievaluasi oleh...

Tokoh Minta Puan Ke Sumbar Anggap Sudah Selesai, PMM Jangan Politisasi Masyarakat Uni Puan Harus Minta Maaf

Padang - Banyak sejumlah tokoh Sumatera Barat memandang persoalan ucapan Puan Maharani yang menyebut "Semoga sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila"...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Terpapar Covid-19, Kondisi Dino Patti Djalal Semakin Memburuk

JAKARTA - Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, dia dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot...

Akhirnya, Ponsel BM di Indonesia Benar-benar Diblokir Mulai Malam Ini

Setelah mengalami penundaan beberapa kali, akhirnya aturan pemblokiran ponsel ilegal atau black market (BM) melalui nomor IMEI resmi diberlakukan.

Hasil Temuan PERNUSA ditanggapi Presiden RI, Team Kepresidenan Kirim Sembako

JAKARTA - Virus Corona atau Covid-19 mempunyai dampak kepada seluruh lapisan masyarakat, hal ini mendasari Organisasi Perjuangan Rakyat Nusantara / PERNUSA untuk...

Rayakan HUT ke 42, PD V GM FKPPI Provinsi Jambi Adakan Syukuran

JAMBI - Pengurus Daerah V Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (GM FKPPI) Jambi mengadakan Syukuran...
- Advertisement -