24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

8 Partai Politik Bentuk Koalisi Lansek Manih
8

Kategori -

Sijunjung,BeritaSumbar.com, – Tak ada yang menduga, Jumat (30/8/2019), delapan partai politik (Parpol) di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, membentuk koalisi. Menariknya lagi, koalisi itu diberinama “Koalisi Lansek Manih”.

Kedelapan Parpol itu terdiri dari, Partai Demokrat memiliki 3 kursi di parlemen Sijunjung. Kemudian Partai Amanat Nasional (3 kursi), PKB (kursi), Nasdem (3 kursi), Golkar (3 kursi) Perindo (2 kursi), PDI P (2 kursi) dan PBB (1 kursi) dengan total kursi di Koalisi Lansek Manih itu mencapai 20 kursi.

Ketua DPC Partai Perindo Sijunjung, Sasmi Ultriadi, pun tak menapiknya telah terbentuk Koalisi Lansek Manih itu. Lalu adakah kemungkinan persiapan menuju Pilkada 2020.?

“Yang pasti membentuk koalisi untuk alat kelengkapan dewan. Kalau soal Liswandi (Ketua DPC Demokrat-red) dan Ashelfine “Pepen” (Ketua) DPD PAN maju bersama kenapa tidak dan itu kalau sudah ada kesepakatan dan sah-sah saja,”jawab Sasmi Ultriadi pada awak media, Jumat (30/8/2019) politis.

Hal yang sama pun tak ditampik Ashelfine “Pepen” dan Liswandi. Dengan penuh senyum dan tawacanda mereka pun blak-blakan. “Ya, alhamdallah, kami siap maju bersama untuk Sijunjung lebih baik kedepan,”jawab Liswandi dan Pepen membenarkan telah terbentuknya Koalisi Lansek Manih itu.

Meski begitu, baik Pepen dan Liswandi serta Sasmi Ultriadi belum mengatakan kapan akan di Deklarasi Koalisi Lansek Manih itu.

“Yang pasti, secepatnya Koalisi Lansek Manih ini akan segera kita Deklarasikan,”tambah Liswandi terang-terang siap maju bersama Pepen lewat jalur Koalisi Lansek Manih.

Artinya, dengan adanya Koalisi Lansek Manih, maka ada tiga Parpol yang belum berkoalisi. Ketiga Parpol itu, yakni, Gerindra (4 kursi), PKS (3 KURSI) dan PPP (3 kursi). Nah, kemanakah arah ketiga Parpol tersebut, apakah akan membentuk koalisi bersama?

Ketua DPC Gerindra Sijunjung, Drs Syahril Syamra pun tak menapiknya. “Ya, saya juga sudah tau itu. Dulu saya juga pernah ikut. Tapi kalau koalisi sudah dil, kami juga sudah ada pembicaraan dengan PPP. Kalau PKS bisa bergabung ke kami (Gerindra dan PPP-red) akan lebih baik. Koalisi itukan untuk alat kelengkapan DPRD,”jawab Syahril Syamra lewat telepon selularnya, Jumat (30/8/2019).

Ketua DPC PPP Sijunjung, Alfian Kasir tak berhasil dihubungi. Hingga berita ini naik tayang telepon selular politisi PPP itu tak diangkat. Nah, kemana arah PPP dan PKS? Apakah buat poros baru atau bergabung dengan Gerindra? Kita tunggu jawabannya. Tapi Ingat, politik terkadang bisa berobah-robah, apalagi jika belum ada ikatan. Kemungkinan-kemungkinan bisa saja terjadi. Bak kata orang bijak; Tiada kawan dan lawan Abadi, yang ada hanya kepentingan. (sap)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM Berkunjung Ke Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Posko Relawan Nagari Aman Tageh Kecamatan Sijunjung di kunjungi oleh Baharharkam Polri,yang diwakili oleh Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM, pada Jumat(11/6). Dalam kegiatan tersebut baharkam Polri di dampingi oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan, SIK, MH dan pejabat utama Polres Sijunjung.
- Advertisement -

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menghadiri Undangan Pembinaan dan Persiapan Menuju WBK-WBBM bersama Kakankemenang Pesisir Selatan, Kakankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Bukittinggi di ruangan FKUB Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021)

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Jika ada pelanggaran pemilu yang terjadi nanti, silahkan saja laporkan ke Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman, jangan pula ragu dan takut. Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu/pemilihan partisipatif tahun 2024, Selasa (15/6) di Hotel Minang Jaya Lubuak Aluang.
- Advertisement -

RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi, Kamis 17 Juni 2021.

Jalin Silahturahmi Dalam Pandemi Covid-19,Lintus Cup I Digelar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka ajang menjalin silahturahmi sesama pecinta olah raga Bulu Tangkis pada masa Pandemi Covid-19, Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo Utara gelar Open Turnamen Lintus Cup I, Rabu 16/06/2021 di Gedung Olah Raga PB Lintus, Jorong Kota Nagari Tepi Selo.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

Komisi II DPRD Sijunjung Kunjungi Nagari Batu Manjulur

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Komisi ll DPRD Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke Nagari Batu Manjulur kecamatan Kupitan dipimpin Yusnidarti Fraksi Golkar, Efrinedi Nangkodo fraksi Nasdem, Amlasta Boy Fraksi PKB dan Redi Susilo Fraksi Demokrat, dan didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi pada Kamis (17/6)

Tebing Sunga Tergerus, Tiga Rumah Dan Satu Masjid Terancam Roboh Di Sijunjung

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Kantor Walinagari, Tiga Rumah Penduduk dan masjid Baitul Makmur Nagari Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung, terancam roboh karena bangunan ini berdiri dipinggir sungai, tergerus oleh aliran Batang Palangki, kata Walinagari Mundam Sakti Dayusmar, diruang kerjanya dihadapan komisi ll DPRD, sekretarus Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, Jumat (18/6) Untuk itu kami perlu melaporkan kondisi ini kepada Komisi ll DPRD serta Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, sebelum terjadi musibah bagi warga Mundam Sakti.

Efendri Eka Saputra Sukses Memasyarakatkan Jaksa

Sijunjung,BeritaSumbar.com,-Meskipun baru menjabat 3 bulan sebagai Kepala Kejari Sijunjung, nama Efendri Eka Putra tidak asing lagi di telinga masyarakat Sijunjung.

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

Didamping Kapolres, Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM Kunjungi Lokasi Geopark Silokek

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Kabag Opsnalev Baharkam Polri Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM bersama Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan dan pejabat utama Polres mengunjungi kawasan wisata Geopark Silokek, Sabtu (12/6). Kunjungan Jendral Hendi beserta jajaran Polres Sijunjung Dalam rangka mewujudkan kepatuhan masyarakat terhadap Prokes, di kawasan wisata geopark ranah minang.

Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM Berkunjung Ke Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Posko Relawan Nagari Aman Tageh Kecamatan Sijunjung di kunjungi oleh Baharharkam Polri,yang diwakili oleh Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM, pada Jumat(11/6). Dalam kegiatan tersebut baharkam Polri di dampingi oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan, SIK, MH dan pejabat utama Polres Sijunjung.
- Advertisement -