26 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

8 Partai Politik Bentuk Koalisi Lansek Manih
8

Kategori -

Sijunjung,BeritaSumbar.com, – Tak ada yang menduga, Jumat (30/8/2019), delapan partai politik (Parpol) di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, membentuk koalisi. Menariknya lagi, koalisi itu diberinama “Koalisi Lansek Manih”.

Kedelapan Parpol itu terdiri dari, Partai Demokrat memiliki 3 kursi di parlemen Sijunjung. Kemudian Partai Amanat Nasional (3 kursi), PKB (kursi), Nasdem (3 kursi), Golkar (3 kursi) Perindo (2 kursi), PDI P (2 kursi) dan PBB (1 kursi) dengan total kursi di Koalisi Lansek Manih itu mencapai 20 kursi.

Ketua DPC Partai Perindo Sijunjung, Sasmi Ultriadi, pun tak menapiknya telah terbentuk Koalisi Lansek Manih itu. Lalu adakah kemungkinan persiapan menuju Pilkada 2020.?

“Yang pasti membentuk koalisi untuk alat kelengkapan dewan. Kalau soal Liswandi (Ketua DPC Demokrat-red) dan Ashelfine “Pepen” (Ketua) DPD PAN maju bersama kenapa tidak dan itu kalau sudah ada kesepakatan dan sah-sah saja,”jawab Sasmi Ultriadi pada awak media, Jumat (30/8/2019) politis.

Hal yang sama pun tak ditampik Ashelfine “Pepen” dan Liswandi. Dengan penuh senyum dan tawacanda mereka pun blak-blakan. “Ya, alhamdallah, kami siap maju bersama untuk Sijunjung lebih baik kedepan,”jawab Liswandi dan Pepen membenarkan telah terbentuknya Koalisi Lansek Manih itu.

Meski begitu, baik Pepen dan Liswandi serta Sasmi Ultriadi belum mengatakan kapan akan di Deklarasi Koalisi Lansek Manih itu.

“Yang pasti, secepatnya Koalisi Lansek Manih ini akan segera kita Deklarasikan,”tambah Liswandi terang-terang siap maju bersama Pepen lewat jalur Koalisi Lansek Manih.

Artinya, dengan adanya Koalisi Lansek Manih, maka ada tiga Parpol yang belum berkoalisi. Ketiga Parpol itu, yakni, Gerindra (4 kursi), PKS (3 KURSI) dan PPP (3 kursi). Nah, kemanakah arah ketiga Parpol tersebut, apakah akan membentuk koalisi bersama?

Ketua DPC Gerindra Sijunjung, Drs Syahril Syamra pun tak menapiknya. “Ya, saya juga sudah tau itu. Dulu saya juga pernah ikut. Tapi kalau koalisi sudah dil, kami juga sudah ada pembicaraan dengan PPP. Kalau PKS bisa bergabung ke kami (Gerindra dan PPP-red) akan lebih baik. Koalisi itukan untuk alat kelengkapan DPRD,”jawab Syahril Syamra lewat telepon selularnya, Jumat (30/8/2019).

Ketua DPC PPP Sijunjung, Alfian Kasir tak berhasil dihubungi. Hingga berita ini naik tayang telepon selular politisi PPP itu tak diangkat. Nah, kemana arah PPP dan PKS? Apakah buat poros baru atau bergabung dengan Gerindra? Kita tunggu jawabannya. Tapi Ingat, politik terkadang bisa berobah-robah, apalagi jika belum ada ikatan. Kemungkinan-kemungkinan bisa saja terjadi. Bak kata orang bijak; Tiada kawan dan lawan Abadi, yang ada hanya kepentingan. (sap)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.
- Advertisement -

Bukittinggi Dapat Bantuan Becak Sampah, Marfendi: Itu Pokir Anggota DPR RI Fraksi PKS

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Dalam mendukung penanganan sampah di Kota Bukittinggi, sejumlah pihak turut serta membantu agar kota dengan ikon Jam Gadan tersebut, bisa memaksimalkan...

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.
- Advertisement -

Di Acara Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ini Harapan Bupati

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota menyelenggarakan acara pisah sambut Komandan Kodim (Dandim) 0306/50 Kota dari Letkol Kav Ferry Stevanus Lahe, S.A.P., M.H kepada Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyono, S.H. bertempat di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Minggu (12/09/2021).

Wujudkan Manusia Beriman-Akhlak, Pemkab Limapuluh Kota Targetkan Setiap Nagari Miliki Rumah Tahfidz

Limapuluh Kota, beritasumbar.com  - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menargetkan setiap nagari atau desa adat di daerah tersebut memiliki rumah tahfidz, guna mewujudkan manusia...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.

Saat PLEK, Poktan Diminta Catat Biaya-Usaha Tani

Sijunjung, beritasumbar.com - Tenaga Ahli (TA) keuangan pedesaan IPDMIP Regional  II, Sri Sumaryani meminta peserta Pelatihan Literasi Edukasi dan Keuangan (PLEK) membiasakan diri mencatat biaya...

DPC Gerindra Sijunjung Gelar Vaksin

Sijunjung, Berita Sumbar--Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Sijunjung melaksanakan vaksin sinovac di pada Selasa (14/9) di kantor DPC Partai Gerindra Kabupaten Sijunjung untuk 260 vaksin. Sedangkan untuk 13 lokasi (tiga belas) lagi dilaksanakan mulsi dari tanggal 16 sampai 18 September ini, kata Ketua DPC Gerindra Kabupaten Sijunjung Drs. Syahril Syamra di kantor Gerindra Muaro Sijunjung, Senin (13/9).

Wakapolres Sijunjung Berganti, Kompol Syahrul Chan Gantikan Kompol Andy Santoso Yang Pindah Ke Polda Sumbar

Sijunjung, beritasumbar.com - Pergantian jabatan kembali berganti di Polres Sijunjung Sumatera Barat, dimana kali ini Wakapolres itu Kompol Andy Santoso SH yang pindah tugas...

Internet Positif, Ini Kata Pakar saat Webinar di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Founder and Chief Product Officer Threespeakers, Hilbram Dunar menyebut kunci internet yang positif yaitu membiasakan diri untuk saring dahulu sebelum dibagikan.

Salurkan Bibit-Pupuk, Pemkab Sijunjung Targetkan Wilayah Transmigrasi Jadi Desa Rempah

Sijunjung, beritasumbar.com - Perhatian pemerintah terhadap warga transmigrasi Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung terus berlanjut, hal itu ditandai dengan penyerahan dan pendistribusian tanaman herbal...

Operasi Pekat, Polres Sijunjung Amankan 18 Pejudi-Ratusan Botol Miras

Sijunjung, beritasumbar.com - Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) yang dilaksanakan Jajaran Polres Sijunjung berhasil menangkap 18  orang tersangka pemain judi, yang mana dua diantaranya masih di...

Tingkatkan Literasi Edukasi Keuangan, 12 Pasutri Petani Ikuti PLEK IPDMIP

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 12 pasangan suami istri (pasutri) petani mengikuti Pelatihan Literasi Edukasi Keuangan (PLEK) di Ruang Pertemuan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) IV Nagari,...

Silaturrahmi Dengan LKAAM, Kapolres: Polri Hargai Kearifan Lokal-Adat Sebagai Pertimbangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Kepolisian Resor AKBP Muhammad Ikwan Lazuardi SH.SIK.MH Sijunjung melakukan silturrahmi dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Sabtu (4/9) sebagai perkenalan...

Kapolsek Kamang Baru Gelar Kegiatan Bhakti Sosial

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Deritamu deritaku jua, kesulitanmu, kepedihanmu ku jua, kata-kata ini yang tergiang ditelingga Kapolsek paling Selatan di Kabupaten Sijunjung.
- Advertisement -