28 C
Padang
Kamis, Oktober 21, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Warga Trans Sijunjung Dapat Pelatihan Pertanian Produktif
W

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.Com,-Tak ada orang lain yang akan merubah nasib kita, kecuali dari dalam diri kita sendiri. Demikian kalimat yang menyentuhkan disampaikan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dihadapan peserta Pelatihan Pengelolaan Budidaya Jahe Merah, Serei Wangi dan Pinang di lokasi UPT Padang Tarok SP.1, kata Kadis Nakertrans Kabupaten Sijunjung Adlis ST, di Muaro Rabu (2/12).

Bupati berharap kepada masyarakat Sijunjung khusus warga transmigrasi untuk selalu memanfaatkan potensi yang ada didaerah masing masing-masing untuk peningkatan ekonomi keluarga.
Kalau kita memiliki lahan tidur supaya ditanami dengan tanaman bisa memiliki nilai jual yang bagus di pasaran seperti jahe merah, serai wangi dan pinang.

Ketiga komoditi ini sangat bagus peminat dan pemasarannya. Untuk itu masyarakat supaya bisa membaca pangsa pasar ini secara baik.Kalau masyarakat sudah memiliki semua ini, dengan sendirinya ekonomi keluarga akan membaik, demikian harapan bupati, jelas Adlis.

Dengan narasumber Balai acara pelatihan ini dilaksanakan selama 4 ( empat) hari dengan 2 angkatan.masing-masing angkatan sebanyak 50 ( lima puluh) orang. Sebagai nara sumber Penyuluh Pertanian Kecamatan Kamang Baru.

Peserta pelatihan terdiri dari warga Transmigran, pemuka masyarakat, pengurus organisasi, dan PKK.
Adapun tujuan acara pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan SDM warga transmigrasi sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan pendapatan warga transmigrasi untuk menuju tranmigrasi yg mandiri. Pada kesempatan itu bupati Sijunjung juga memberikan bantuan serta penebaran benih ikan nila di kolam warga. Acara ini djuga dihadiri beberapa Kepala OPD Kab Sijunjung , Camat Kamang Baru, Wali Nagari, Pemuka Mayakat dan Ninik Mamak Nagari Padang Tarok, tambah Adlis.( alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img