25 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Kelurahan NDB Dikukuhkan Sebagai Kelurahan Bersinar
K

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Dengan mengusung tagline “#hidup100persen sadar, sehat, produktif dan bahagia”, Pemerintah kota Payakumbuh bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Payakumbuh gelar deklarasi Kelurahan Bersinar (bersih narkoba) bagi kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB) Selasa (1/12/2020) di aula Ngalau lantai 3 Balaikota baru ex. Poliko.

Deklarasi perdana serta merupakan pilot project dari Pemko Payakumbuh maupun BNN kota Payakumbuh ini bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib bagi masyarakat kelurahan sehingga masyarakat bersih dari penyalahgunaan narkoba”, ungkap Wakil Walikota Erwin Yunaz saat memberikan arahan pada pembukaan deklarasi tersebut.

Sebanyak 25 orang dikukuhkan sebagai pengurus pada program kelurahan bersih narkoba di kelurahan NDB kecamatan Payakumbuh Barat. Dan deklarasi pencanangan kelurahan Nunang daya bangun bersih narkoba tersebut turut dihadiri oleh Kepala BNN Provinsi Sumatra Barat, serta jajaran Forkopimda, Camat Payakumbuh Barat, OPD terkait dan tokoh masyarakat kelurahan NDB.

Lebih lanjut, Erwin Yunaz turut menyampaikan jika kota Payakumbuh merupakan kota persinggahan, sehingga hal ini rawan karna membuka untuk menjadi akses pintu masuk bagi penyebaran narkoba di kota Payakumbuh.

Dengan dicanangkan kelurahan Nunang Daya Bangun sebagai kelurahan bersih narkoba, merupakan bukti bahwa Pemko Payakumbuh sangat mendukung pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

“Sehingga nantinya dengan niat dan bergerak secara bersama maka akan dapat menjadikan kota yang aman dan tertib dari narkoba serta tindakan kriminal lainnya bagi seluruh warga kota Payakumbuh”, harap Wawako Erwin Yunaz yang juga merupakan warga kelurahan NDB itu.

Sementara itu lurah NDB Ari Ashari sangat mengapresiasi atas dipilihnya kelurahan NDB sebagai pilot project dalam program kelurahan bersih narkoba.

“Alhamdulilah, suatu kebanggaan bagi kami di kelurahan NDB yang ditunjuk sebagai role model dalam pilot project yang bertujuan menciptakan kota Payakumbuh bersih narkoba ini”, ungkap Ari Ashadi dengan bahagianya.

Meskipun telah ditunjuknya Kelurahan NDB sebagai kelurahan pertama dalam program Bersinar yang dibentuk Pemko bersama BNN kota Payakumbuh, lurah NDB Ari Ashari tidak ingin hanya dari kelurahan NDB saja yang aktif menjaga kota Payakumbuh agar bersih dari narkoba.

“Mari kita semua warga kota Payakumbuh untuk saling menjaga dengan selalu aktif melaksanakan program P4GN di kota Payakumbuh secara bersama. Sehingga dengan cara ini tentu kota Payakumbuh dapat kita wujudkan menjadi kota yang bebas dari narkoba nantinya”, harap Lurah NDB itu.

Dengan dikukuhkan kelurahan NDB sebagai role model kelurahan bersinar di kota Payakumbuh juga turut mendapat apresiasi dari BNN Provinsi Sumatera Barat. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kusrianto kepala bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNN Provinsi Sumatra Barat saat menghadiri pengukuhan deklarasi kelurahan bersinar kota Payakumbuh.

“Tentu ini suatu prestasi yang sangat baik kedepannya bagi kota Payakumbuh, karna dengan telah dicanangkan 1 kelurahan di kota Paykumbuh sebagai kelurahan bersih narkoba, maka ini sudah menjadi titik terang dalam mewujudkan kota Payakumbuh menjadi kota yang aman, nyaman dan tertib dari narkoba serta kejahatan kriminal lain nantinya”, ucap Kabid pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNNP Sumatra Barat.

Menurut Kusrianto, dalam mewujudkan kelurahan yang bersih narkoba tetap harus membuat komitmen serta meningkatkan soliditas dalam memerangi segala bentuk penyalahgunaan narkoba terkhusus di kelurahan NDB.

Kabid pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNNP Sumatra Barat itu turut berharap nantinya kelurahan NDB dapat mandiri dalam upaya P4GN, sehingga nanti lebih cepat terwujud kelurahan bersinar berikutnya yang pada akhirnya dengan tujuan kota Payakumbuh yang Bersinar (bersih narkoba).(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ciptakan Kamtibmascar, Polres Pessel gelar Operasi Cipta Kondisi

Pelaksanaan operasi Cipta Kondisi yang digelar Jajaran Polres Pesisir Selatan di dua tempat diwilayah Hukum Polres Pesisir Selatan, Sabtu (16/1) pukul 21.00 Wib. Berhasil terjaring 24 kendaraan roda dua ( R2), dengan berbagai pelanggaran.
- Advertisement -

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,
- Advertisement -

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -