27 C
Padang
Minggu, Januari 24, 2021
Beritasumbar.com

Bank Indonesia Buat MoU Dengan Tenun Balai Panjang
B

Kategori -

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi dan Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Henny Yusnita menandatangani Nota Kesepahaman dan Komitmen Bersama Pencanangan Transformasi Tenun Minang bersama Bank Indonesia di Aula Anggun Nan Tongga, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat, Padang, Senin (30/11).

Pencanangan transformasi ini merupakan puncak kegiatan November Sasalero. Rangkaian kegiatan ini merupakan langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh BI untuk kembali meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM khususnya di Provinsi Sumbar.

Pencanangan ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara gubernur, kepala perwakilan BI, dan Bupati/Wali Kota, serta diiringi pemukulan gendang secara bersama.

Wahyu Purnama A, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat mengatakan ini adalah bentuk transformasi tenun minang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Sumatera Barat.

Penandatanganan itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kerja sama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) yang selama ini telah terjalin dengan baik, serta melakukan sinergi program kerja terutama dalam pengembangan ekonomi dan keuangan di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

“BI melakukan pengkinian kerja sama dengan dengan Pemprov Sumbar tentang Pengembangan Ekonomi dan Keuangan. Disamping itu, sebagai salah satu upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Sumbar, kami juga bermaksud menginisiasi Transformasi Tenun Minang dalam rangka pengembangan songket yang merupakan salah satu komoditas unggulan sekaligus merupakan kekayaan warisan budaya Minangkabau,” ulasnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mensinergikan dukungan dari Pemerintah dalam melestarikan dan mengembangkan songket yang telah dilakukan selama ini.

Ada pemko Payakumbuh melalui pengembangan Sentra Tenun Balai Panjang, Kementerian PUPR mendirikan Sentra Tenun Lintau di Kabupaten Tanah Datar, dan Kementerian Perindustrian mendirikan Sentra Tenun Songket Unggan di Kabupaten Sijunjung serta kegiatan-kegiatan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumbar.

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki memberi dukungan penuh kepada Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumbar dalam langkah-langkahnya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat pasca terjangan Covid-19.

“Pemerintah pusat mendorong para pelaku UMKM dan Pemerintah Daerah untuk menyiapkan produk UMKM yang berkualitas dan siap untuk dipasarkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sangat mengapresiasi langkah-langkah Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumbar dalam mengenalkan dan “mengangkat” tenun khas Minangkabau, sehingga para pengrajin tenun juga dapat meningkatkan kualitas.

Wali Kota Riza Falepi sangat bahagia dengan dukungan BI kepada pengembangan Sentra Tenun Balai Panjang ini, menurutnya kerjasama dengan BI dapat melebarkan peluang bagi pelaku tenun di Payakumbuh untuk ekspansi dan pengembangan produk, saat ini Tenun Balai Panjang juga telah berkembang lebih baik.

“Dukungan dari Dekranasda Payakumbuh dan Provinsi Sumbar sangat berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang Sentra IKM Tenun Balai Panjang. Alhamdulillah, saat ini Sentra Tenun Balai Panjang kita mendapat kesempatan emas, tentu kita tidak akan menyia-nyiakan kerjasama dengan BI ini, tidak banyak daerah yang bisa mendapat kepercayaan kerjasama seperti ini,” kata Riza.

Sementara itu, melebarnya sayap IKM Tenun Balai Panjang tak lepas dari peran Ketua Dekranasda Henny Yusnita. Istri Wako Riza Falepi itu tak tanggung-tanggung, dirinya menggaet desainer ternama Tuty Adib yang tertarik dengan keunikan Tenun Balai Panjang, bahkan desainer lokal D’ Fitranatz juga memadukan tenun Balai Panjang dengan bordir kerancang.

Sehingga, Tenun Balai Panjang perlahan mulai dikenal dunia, tampil di Fashion Week New York 2019, London Fashion Week, Fashion Show di hari ketiga gelaran Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang diselenggarakan secara daring di Jakarta, Jumat, 30 Oktober 2020 lalu.

“Kita sangat bersyukur, produk Tenun Balai Panjang terus diterima dunia Internasional, karena memiliki keunikan tersendiri dari tenun lainnya, semoga kerjasama dengan BI dapat membawa progress besar bagi pengembangan IKM kita,” terang Henny didampingi Kadisnakerin Wal Asri. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.
- Advertisement -

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -