30 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Wagub Sumbar Razia Kendaraan di Perbatasan Sumbar Riau
W

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,– Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit memerintahkan enam travel yang ingin masuk ke wilayah Sumbar di Posko Covid-19 Perbatasan Sumbar-Riau Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa dini hari (19/5/2020).
“Travel tidak ada yang boleh lewat sini, harus memutar balik. Kita tidak izinkan travel masuk ke Sumbar, putar balik saja lebih aman. Sopir dan penumpang harus tahu itu, Sumbar masih berlakukan PSBB hingga 29 Mei,” tegas Nasrul Abit.
Kehadiran Wagub Sumbar Nasrul Abit bersama Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan dan ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra mendadak mengunjungi Posko Covid-19 Perbatasan Sumbar-Riau. Karena banyaknya laporan dari masyarakat terkait masih ada travel Padang-Pekanbaru mondar mandir masuk wilayah Sumbar.

“Sangat kita sayangkan walau PSBB sudah berlaku, masih saja ada belasan travel tetap beroperasi,” kata Wagub Sumbar.
Kedatangan Wagub Sumbar tersebut mengagetkan para petugas di Posko perbatasan tersebut. Pasalnya Nasrul Abit langsung menyetop enam kendaraan travel pelat kuning dan disuruh putar balik. Bahkan tidak itu saja ada lima kendaraan pribadi juga disuruh putar balik karena tidak sesuai Permenhub 25 tahun 2020, karena ingin mudik dengan alasan tidak jelas.
“Kita juga perintahkan kendaraan pribadi untuk putar balik, karena setiap penumpang dan sopir memiliki KTP yang berbeda alamatnya. Jadi tetap tidak boleh masuk Sumbar,” jelasnya.
Larangan keras Nasrul Abit menyetop mobilitas orang masuk dan ke luar Sumbar, ternyata belum sepenuhnya membuat pengemudi keder. Buktinya, pengemudi kendaraan masih banyak yang berhenti di salah satu warung menunggu kalau ada kesempatan untuk bisa lewat.
Terbukti belasan kendaraan mini bus yang ditenggarai travel tersebut parkir dengan alasan istirahat dan berbelanja. Untuk menunggu kesempatan. Tentu saja hal ini membuat Wagub Sumbar kembali bertegas – tegas.
“Tidak ada yang tipu-tipu saya, tidak ada satupun kendaraan disini bisa masuk Sumbar. Saya akan catat semua plat nomor yang ada disini. Berani masuk Sumbar, kendaraan ini kita tahan sesuai aturan,” tuturnya.
Reaksi Nasrul Abit itu membuat sopir travel langsung memutar balik kendaraannya dan kembali ke daerah asalnya, yaitu Riau. Karena kendaraan tersebut bernomor polisi BM (Provinsi Riau).
Selanjutnya Wagub Sumbar menyampaikan, bahwa masih banyaknya mobil yang lewat dengan bermacam modus, contoh mereka hanya membawa barang saja untuk di bawa ke Bukittinggi.
“Masak semua travel itu isinya barang semua, itu tidak mungkin. Kita curiga penumpang lewat melalui sungai atau menumpang mobil truck dan menunggu di suatu tempat, dan nantinya dijemput oleh travel,” sebut Wagub Sumbar.
Wagub Sumbar minta pada dinas terkait Satpol PP dan Dishub untuk mempersiapkan blangko untuk diisi oleh orang yang memiliki keperluan yang telah diatur Permenhub 25 tahun 2020 dan aturan PSBB.
“Setelah diizinkan, dia tidak boleh kembali ke Riau dan sebaliknya dia juga tidak boleh lagi kembali ke Sumbar sampai masa PSBB berakhir. Itu akan tercatat dan jelas,” ujarnya.
Pemprov Sumbar tidak main-main dalam pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). “Kita akan tidak tegas, siapa saja yang menyalahi PSBB ini,” imbuhnya.
Selain itu Wagub Sumbar mengucapkan terima kasih pada petugas yang ada di perbatasan Sumbar – Riau yang telah bekerja tanpa mengenal lelah dan dedikasinya pada pemerintah Sumbar.
Hadir dalam kunjungan tersebut Asisten II Setda Sumbar Benni Warlis, Kepala Satpol PP Sumbar Dedy Diantaulani dan dinas terkait lainnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.
- Advertisement -

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test

Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -