26 C
Padang
Senin, Juli 26, 2021
Beritasumbar.com

Wagub Dorong Percepatan UGGp Geopark Ranah Minang Untuk Ikon Pariwisata Sumbar
W

Kategori -

Padang, BeritaSumbar.com,- Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy sangat mendukung dan mendorong Percepatan UNESCO Global Geoparks (UGGp) Geopark Ranah Minang “Patahan Besar Sumatera Danau Tektonik Singkarak” untuk ikon pariwisata Sumatera Barat.

Konsep geopark pada awalnya bertujuan untuk mengkonservasi warisan bumi dan alamnya
serta mengkonservasi warisan budaya, kultur serta identitas masyarakat lokal serta flora
dan fauna. Saat ini tengah diupayakan menjadi kawasan warisan geologi dunia atau UNESCO Global Geopark.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy di ruang kerjanya, Selasa (18/5/2021) saat menerima Dr. Osronita, M.Pd, kepala Puslitbang Geopark Dan Lingkungan Hidup Universitas Tamansiswa Padang yang juga Ahli Geopark Sumbar.

Kawasan Geopark Ranah Minang ditetapkan sebagai warisan geologi dunia oleh UNESCO merupakan target utama. Dengan demikian, pengembangan kawasan geopark akan berpeluang mendapat kucuran dana dari organisasi dunia, menjadi pendorong bagi seluruh sektor pembangunan yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

“Kita upayakan segera, Geopark Ranah Minang merupakan aset bagi pengembangan pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. Kita akan bentuk Badan Pengelola yang Independen dan Profesinal di bidang Geopark/kebumian,” kata Wagub Sumbar

Sumatera Barat memiliki dengan 3 Geopark Nasional (Geopark Silokek,Geopark Sianok-Maninjau dan
Geopark Sawahlunto) dan yang rencana akan diusulkan tahun ini menjadi Geopark Nasional.

Wagub Audy Joinaldy menyebutkan, bahwa Sumatera Barat juga mengusulkan 1 UGGp dengan Tema Patahan Besar Sumatera Danau Tektonik Singkarak. Yang temanya sama dengan usulan Geopark Palu-Koro.

Sesar Palu-Koro
juga punya potensi besar untuk dijadikan sebagai UNESCO Global Geopark Provinsi Sulawesi
Tengah dengan Tema yang sama ini akan menjadi Pesaing bagi Usulan Geopark Ranah Minang
Dengan Tema yg sama Sesar/Patahan Sumatera. Untuk itu perlu percepatan penyiapan dokumen dan kelembagaan (Badan Pengelola Indenpenden) serta regulasi penerapan standar geopark.

“Sebagai contoh beberapa Geopark UNESCO lainnya akan mengajukan Badan Pengelola Bersifat Independen. Baru bisa diajukan, seperti Geopark Batur Bali, Geopark Gunung Sewu dan sebagainya,” ucapnya.

Geopark Ranah Minang sesuai Standar UNESCO untuk dapat menjadi UGGp Harus memiliki
keunikan nilai terkemuka secara internasional Outstanding Universal Value. Setelah Geopark Kaldera Toba dan Geopark Belitong yang saat ini disusul oleh Geopark Maros.

Dalam pertemuan itu Audy menjelaskan di setiap daerah geopark memiliki keunikan tersendiri, seperti Geopark Kaldera Toba Dengan Keunikan dan Unsur terkemuka secara Universal (outstanding
universal value) sebagai Kaldera Gunung Api Tektovulkanik dengan pulau besar ditengahnya
Samosir. Termasuk salah satu danau terbesar didunia.

Kemudian Geopark Belitong dengan keunikan empat potensi warisan geologi bernilai tinggi, diantaranya
geomorfologi batuan granit. Geopark Belitong, merupakan geopark nasional Indonesia ke-6 yang masuk ke dalam daftar UNESCO Global
Geoparks.

Sebelumnya, Indonesia telah berhasil mendaftarkan Kaldera Toba, Batur, Ciletuh, Gunung Sewu, dan Rinjani. Menyusul Maros-pangkep, dan Ijen kemudian Geopark Singkarak yang juga sedang mempersiapkan untuk diusulkan.

“Kita harus gerak cepat agar kita ndak keduluan dengan daerah lain, karena ini merupakan peluang Geopark Global UNESCO dalam persaingan Nasional,” ujarnya.

Untuk itu perlu konsep pengembangan Geopark Ranah Minang butuh dukungan dari Kabupaten dan Kota yang mengacu pada pengembangan kawasan dengan infrastruktur pendukung sesuai standar Geopark, agar bisa menjadi desitinasi pariwisata berkelas dunia.

“Kita butuh dukungan dalam insfrastruktur dan masukan dari semua daerah serta pihak yang terkait guna percepatan,” sebut Audy.

Menurut Audy Joinaldy, Geopark Ranah Minang punya keindahan alam yang eksotik yang merupakan warisan geologi dan budaya merupakan salah satu yang terlengkap di Indonesia.

“Kita memiliki geopark dengan keunikan geoheritage (keunikan geologi), bioheritage (keunikan hayati) hingga cultural heritage (keunikan budaya),” ujarnya.

Menurut Audy Joinaldy, tekad Pemprov Sumbar untuk mendorong percepatan ke Geopark Global UNESCO harus disertai dukungan semua pihak.

“Hal ini untuk memajukan Geopark Ranah Minang sebagai salah satu anggota jaringan taman bumi dunia, UNESCO atau Geopark Global Network/GGN Unesco,” ungkapnya.

Untuk penataan kawasan Geopark Ranah Minang Wagub Sumbar katakan perlunya pembangunan infrastruktur kawasan strategis, seperti adanya hotel yang nyaman, Rest Area dan penunjang lainnya.

“Untuk itu, pariwisata Sumbar dapat diangkat dengan mengedepankan Natural dan alami. Kita juga butuh investasi untuk pengelolaan geopark. Selain itu kita juga perlu pendampingan untuk merubah perilaku masyarakat agar masyarakat lebih welcome terhadap pendatang dan investor,” harap Audy.

Sementara itu, Dr. Osronita, M.Pd, kepala Puslitbang Geopark Dan Lingkungan Hidup Universitas Tamansiswa Padang yang juga Ahli Geopark Sumbar menjelaskan pengelolaan Geopark Ranah Minang perlu dilakukan secara profesional, sehingga badan pengelola dijalankan secara idenpenden bertugas penuh sehingga bisa fokus, serius dan bertanggung jawab penuh dalam pengembangan geopark.

Hal ini sesuai dengan hasil pertemuan pembahasan Kongres Nasional Ke 2 Jaringan Geopark Indonesia yang diselenggarakan di Jogjakarta tanggal 23-24 Maret 2021.

Hasil pembahasan kongres bagaimana pengembangan geopark Sumatera Barat harus konsisten menerapkan dan mengupayakan konservasi perlindungan warisan bumi dengan melibatkan masyarakat lokal kemudian peningkatan peluang usaha masyarakat lokal melalui pemberdayaan masyarakat dan edukasi.

“Kita akan melibatkan masyarakat setempat dalam pengelolaan secara idenpenden yang serius, fokus dan bertanggung jawab terhadap pengembangan Geopark Ranah Minang,” ucap Osronita.

Selain itu, Osronita juga memberikan gambaran dan menyiapkan dokumen rencana manajemen pengembangan potensi sumber daya wisata Geopark Ranah Minang yang memiliki daya saing tinggi dalam mendukung pengembangan kebijakan nasional.

Dengan Badan Pengelola yang independen berpeluang besar mendapatkan fasilitas bantuan CSR perusahaan, BUMN dan NGO dari luar negeri sebagaimana disampaikan oleh Asisten Deputi Kementerian BUMN pada saat kongres tersebut, sehingga pembiayaan pengembangan Geopark tidak bergantung pada APBD.

Osronita menambahkan pengembangan destinasi wisata alam yang dikemas dalam Geopark atau geowisata merupakan wujud dari pengelolaan aspek geodiversity, biodiversity, dan cultural diversity dalam konsep geopark.

Kegiatan pariwisata di kawasan geopark menentukan kualitas sumber daya alam dan budaya yang beranekaragam untuk dapat terus dinikmati wisatawan yang perlu dijaga keasliannya.

“Potensi Geopark Ranah Minang harus menjadi kesatuan pembangunan kepariwisataan berbasis konservasi, edukasi dan peningkatan ekonomi masyarakat di Sumatera Barat,” tuturnya.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LBH Sumbar Desak Kejari Painan Segera Eksekusi Bupati Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Sehubungan dengan ditolaknya permohonan Kasasi Bupati Pesisir Selatan dalam perkara Nomor: 31 K/Pid.Sus-LH/2021 tanggal 24 Februari 2021 oleh Mahkamah Agung RI, sehingga dengan demikian perkara dimaksud telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde)

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Wakil Ketum DPN LPPKI Meraih Gelar Doktor

Padang,BeritaSumbar.com,- Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan Dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia DPN-LPPKI Dr.Doris Rahmat, SH.MH berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Hukum dan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul pendayagunaan peradilan adat nagari dalam penyelesaian sengketa pusako tinggi pada masyarakat hukum adat Minangkabau Sumatera Barat

PK IMM Kasman Singodimedjo Diskusi Wirausaha Dengan Wagub Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-PK IMM Kasman Singodimedjo berkunjung dan audiensi dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Senin (21/06) di kantor Gubernur SUMBAR. Dalam pertemuan ini membahas tentang kewirausahaan dan program pemprov dalam menghidupkan pelaku usaha/UMKM. Selain itu juga dibahas program PK IMM Kasman Singodimedjo dalam bidang Ekonomi dan Kewirausahaan yang Insyaallah wakil Gubernur SUMBAR serta ketua umum KADIN SUMBAR Ramal Saleh ikut berperan dalam program ini.

LPPKI Bangga Dengan Nagari Mart Melayani Konsumen Dengan Baik

Padang,BeritaSumbar.com,-Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN- LPPKI) Azwar Siri.SH beserta jajaran pengurus LPPKI lainya mengunjungi Mini market Nagari Mart yang terletak di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Senin 7/6/2021.

Kunjungan Kepala BP2MI Diharapkan Memberikan Peluang Positif dan Kepastian Buat PMI Asal Sumbar

Ketua DPD partai Hanura Sumbar Zalfadri S.T.,M.M. bersama Sekretaris DPD Hanura Sondri BS dan kepala UPT BP2MI Provinsi Sumatera Barat Joko Purwato

Keluarga Besar LPPKI Silaturahmi Dengan Anak Panti Asuhan

Padang,BeritaSumbar.com,- Keluarga besar Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) mengadakan kunjungan silaturahmi dengan panti sosial Lubuk Kilangan, yang bertempat di Panti Sosial Anak Asuh Batu Gadang, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa 1/6/2021.

Ribuan THL Pasbar Dirumahkan, PMM Sebut Diawal Menjabat Bupati Pasbar Berhasil Sengsara kan Rakyat

Padang - Organisasi Pergerakan Milenial Minang (PMM) mengkritisi keras kabar tak sedap tentang tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. sekitar 3.200 THL, yang terdiri dari tenaga guru, medis, teknis dan PTT akan terdepak dari pekerjaan saat ini. Kebijakan itu dilakukan dengan alasan upaya penghematan anggaran, (1/06/2021)

Koperasi Mutiara Tigo Pasie Kunjungi Koperasi Mandiri Dan Merdeka

Padang,BeritaSumbar.com,- Koperasi Mutiara Tigo Pasie (KMTP) adalah koperasi yang didirikan dan diselenggarakan oleh Ibu-Ibu warga Pasie Nan Tigo

Aksi Solidaritas Masyarakat Sumbar; Palestina Permasalahan Kita

Padang,BeritaSumbar.com,- Puluhan ormas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Sumatera Barat Peduli Palestina menggelar aksi solidaritas, Ahad (23/5/2021). Aksi berupa longmarch dan flashmob digelar di sepanjang jalan Khatib Sulaiman hingga Sudirman, Padang. Peserta aksi dilepas dari pelataran Masjid Raya Sumatera Barat, oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.
- Advertisement -