25 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Wabup Tanah Datar Buka PBAK IAIN Batusangkar
W

Kategori -

Tanah Datar, Kamis-17/09-20. Dengan Mengusung Tema “Moderasi Beragama dalam Bingkai Kearifan Lokal Menuju Kampus Global di Era Industri 4.0”. 1.955 Mahasiswa Baru Ikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Th 2020, yang digelar Secara Online/Daring.

Kegiatan PBAK IAIN Batusangkar Th 2020 yang di kegelar Secara Online/Daring, selama dua hari Kamis-Jum’at 17-18/20 dan dipusatkan di auditorium Kampus II, Di buka langsung oleh Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. yang juga dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar, H. Zuldafri Darma, SH. Juga Wakil Rektor I, II, III Dekan, Direktur Pascasarjan dan juga Wakil Dekan IAIN Batusangkar.

“Kegiatan ini sebagai langkah awal mahasiswa baru sebelum memasuki perkulihan. PBAK kali ini istimewa, karena dilakukan secara daring dan diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh nusantara. Hal ini mengingat bahwa kondisi covid-19 masih merebak di masyarakat. Mari kita pahami bersama, bahwa kondisi ini bukan sebuah kekurangan, tapi bentuk syukur kepada Allah”

Dalam sambutannya Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengucapkan selamat kepada 1.955 orang mahasiswa baru yang telah masuk dan bergabung ke IAIN Batusangkar, dan telah berhasil berkopetensi dari sekitar 15 ribu calon mahasiswa yang mendaftar ke IAIN Batusangkar.

“Hal ini perlu disyukuri, ini akan di buktikan dengan prestasi belajar ananda selama bergabung di kampus dengan Visi “Integratif dan Interkonektif dalam Keilmuan Berkearifan Lokal, Bereputasi Global” dan juga Ananda tepat memilih Kampus dengan Program studi/Jurusan Terakreditasi A terbanyak di Sumatera Barat, “imbuhnya.

Lebih lanjut Marjoni berpesan walaupun kondisi dunia sedang dilanda wabah Covid-19, IAIN Batusangkar tetap melaksanakan PBAK tahun 2020, hal ini didukung dengan rancangan aplikasi-aplikasi perkuliahan dan pelayanan yang mudah diakses dan berkualitas, sehingga IAIN Batusangkar siap mengantarkan mahasiswanya dalam mengapai cita-citanya.
“Tahun akademik 2020/2021 kita IAIN Batusangkar juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa baru yang masuk ke IAIN Batusangkar, yakni beasiswa Bidikmisi/KIP, Prestasi dan Tahfiz Al-Quran. Khusus buat beasiswa Tahfiz Al-Quran, kita bebaskan memilih Jurusan yang di inginkan dan uang kuliah sesuai hafalannya,” tutup Marjoni.

Wakil Bupati H. Zuldafri Darma, SH yang hadir saat opening ceremony itu sampaikan apresiasi pelaksanaan PBAK IAIN Batusangkar, karena menurut Wabup IAIN Batusangkar sebagai salah satu PTKIN terbesar di Sumatera Barat dan memiliki jurusan atau program studi dengan akreditasi A terbanyak, sangat sejalan dengan salah satu dari lima program unggulan daerah Tanah Datar yaitu pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).
“Pembangunan SDM, Insya Allah melalui IAIN Batusangkar akan lahir generasi yang cerdas, tangguh, kompetitif dan akan mendukung visi misi daerah, khususnya Tanah Datar dan daerah asal para mahasiswa kita pada umumnya,”sebut Wabup.

Kepada mahasiswa Wabup juga himbau dan memberikan motivasi untuk giat menuntut ilmu, karena para mahasiswa sebagai generasi muda yang akan melanjutkan estapet kepemimpinan yang memiliki gagasan dan ide-ide cemerlang untuk kemajuan daerah.
“Kita sebagai mahasiswa galilah potensi diri dan saat ini berkuliah di IAIN Batusangkar kesempatan itu terbuka luas tuntutlah ilmu dengan serius dan tekun belajar sehingga masa depan lebih baik akan bisa dicapai, “ulas Zuldafri.

Dari tema yang diangkat IAIN Batusangkar, “Moderasi Beragama Dalam Bingkai Kearifan Lokal Menuju Kampus Global di Era Industri 4.0”, Wabup yakin IAIN Batusangkar akan mampu menyandingkan dengan kearifan lokal daerah yang berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kita Bullah. (ABS-SBK).tutup Wabub
Sementara itu ketua PBAK ibu Dr. Elda Herlina, M.Pd. dari total 1.955 mahasiswa baru yang mengikuti PBAK ini terbagi ke dalam empat fakultas yakni 680 untuk Fakultas Tarbiah, 608 untuk Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, 272 untuk Fakultas Syariah serta 255 untuk fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, “sebutnya.

Untuk agenda acara PBAK yang dilaksanakan secara daring atau online dan diikuti mahasiswa dari berbagai provinsi itu disampaikan Elda selama dua hari yang mana dihari pertama pembekalan tingkat institusi dan dihari kedua pembekalan pada masing-masing fakultas dan jurusan.(Rezar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.
- Advertisement -

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.

Komisi IV DPRD Serta Dinas LH Sumbar Sambangi PLTMH Lintau,Kami Tidak Menemukan Pelanggaran

Anggota Komisi IV DPRD Beserta Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Sumatera Barat menyambangi Proyek PLTMH Kalo Kalo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar,Selasa 12/10/2016.

Dilaporkan LSM Ke Kejaksaan,PT.IMP,PT Trifillia Karya Bantah Tudingan Pelapor

Dilaporkan LSM ke Kejaksaan Tanah Datar,PT.Ikhwan Mega Power (IMP),PT.Trifillia Karya selaku pengembang dan pelaksana Proyek PLTMH Kalo Kalo Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo,bantah tudingan atas pelanggaran Undang-undang RI nomor 3 tahun 2020 tentang Minerba dan Perda Tanah Datar nomor 6 tahun 2011 tentang pajak Minerba serta merusak lingkungan hidup dan kerusakan jalan di Tanah Datar.
- Advertisement -