Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni menghadiri Acara Acara ziarah dan dzikir bersama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan Rombongan dari Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah, Batang Kabung, Kota Padang ke makam Syeikh Burhanuddin Ulakan pada Selasa (19/02). Ziarah tersebut diikuti oleh seluruh jamaah masjid/mushalla kecatamatan Koto Tangah Padang, Jamaah dari Dharmasraya dan Sijunjung yang berada dibawah naungan Pondok pesantren Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung.

Kegiatan tersebut diawali dengan ceramah singkat oleh Muhammad Hafiz yang merupakan santri salfiyah MTI Batang Kabung. Pemimpin Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Prof. Dr. Duski Samad, menceritakan sejarahnya ketika masih berada di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah tersebut.

“Ketika saya masih di Pondok Pesantren dulu, saya merupakan gharim masjid, dan sekarangpun juga masih. Saya sangat bersyukur bisa berada di Pesantren,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Drs. H. Ali Mukhni dalam acara tersebut juga juga melakukan expose Padang Pariaman, terutama makam Syeikh Burhanuddin yang menjadi tempat ziarah sekarang.
“Makam Syeikh Burhanuddin sekarang ini sudah banyak perubahan. Untuk jamaah yang sudah sering kesini pasti tahu, bagaimana dulu bangunannya, dan sekrang sudah cukup megah seperti saat sekarang ini,” ungkapnya

Acara ziarah tersebut ditutup dengan ceramah oleh Buya H. Idris Tuanku Mudo yang merupakan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah. Dalam acara tersebut Ali mukhni juga menyerahkan sedekah sebesar 10 juta rupiah, dan berharap dapat membantu pembangunan mesjid di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah sampai selesai.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan Pengurus Masjid Raya Syeikh Burhanuddin. (bus/rel)

loading...