31 C
Padang
Sabtu, Oktober 16, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tingkat Pelayanan Kesehatan Di Payakumbuh Empat kali Jumlah Penduduk
T

- Advertisement -

Payakumbuh, beritasumbar.com -Tingkat pelayanan kesehatan di Kota Payakumbuh melebihi jumlah penduduk, bahkan angkanya mencapai empat kali lipat dari jumlah penduduk 138.000 jiwa, kata pejabat Dinas Kesehatan Kota (DKK) setempat.

Kepala DKK Payakumbuh Bakhrizal di Payakumbuh, Senin mengatakan tingginya pelayanan yang diberikan tersebut tidak sesuai dengan tipe DKK yang dimiliki oleh kota randang tersebut yang saat ini masih berada di tipe C.

“Setiap tahunnya itu yang dilayani mencapai empat kali lipat dari jumlah penduduk yang tidak hanya berasal dari Kota Payakumbuh saja, tapi juga dari daerah sekitar lainnya. Hal ini tidak ideal dengan tipe yang kami miliki,” ujarnya.

Ia mengatakan setidaknya DKK Payakumbuh saat ini telah berada di tipe A dengan memiliki empat kepala bidang, satu sekretaris dan tiga sub bidang. Sedangkan saat ini DKK Payakumbuh hanya memiliki dua bidang dengan satu sekretaris.

“Melihat kondisi saat ini, harus diakui cukup kesulitan dalam menjalankan tugas, mengingat tugas itu sendiri yang cukup berat kali ini,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ke depan pihaknya telah berencana untuk mengurus tipe DKK Payakumbuh, setidak-tidaknya dalam waktu dekat pihaknya menargetkan dapat naik ke tipe B.

Terlebih, sambungnya Kota Payakumbuh berada di daerah yang strategis, diantara dua kota besar antara Kota Padang dan Pekanbaru dan menjadi daerah perlintasan.

“Kota Payakumbuh merupakan kota yang hidup 24 jam. Artinya standar kesehatan juga harus berjalan 24 jam dan siaga 24 jam yang tentunya harus didukung dengan jumlah personel atau tenaga kesehatan,” kata dia.

Setelah itu, diakuinya bahwa fasilitas kesehatan di Kota Payakumbuh juga harus ditingkatkan mulai dari bangunan hingga alat yang ada di Puskesmas dan rumah sakit. Pihaknya berencana untuk menjadikan rumah sakit daerah yang ada kali ini, yakni RS Adnaan WD dapat menjadi rumah sakit modern dalam beberapa tahun ke depan.

“Tentu pembangunannya dengan segala tatanan konsep yang mengacu kepada rumah sakit modern, termasuk tata letaknya bahwa bangunan dan bukan bangunan itu sama besarnya,” ujarnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img