Kepulauan Mentawai,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka meningkatkan kunjungan pariwisata ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, pemkab daerah ini gelar Festival Pesona Mentawai 2019. Acara di adakan dari tanggal 20 Juni sampai 1 Juli 2019.

Di festival ini berbagai perlombaan di adakan. Mulai dari lagu Mentawai, busana tradisional Mentawai, jelajah hutan mangrove, lomba panah tradisional, perahu layar tradisonal, turuk laggai (tari tradisional). Tak hanya ini dalam festival ini juga digelar kuliner tradisional, tato dan berbagai atraksi daerah lainnya.

Salah satu dari kuliner adalah lomba masak berbahan baku ikan yang di promotori oleh dinas perikanan setempat. Lomba ini diadakan di Home stay Mapadegat Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Senin 1 Juli 2019.

Tujuan dari lomba ini adalah untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam mengolah ikan sebagai bahan makanan, memperkenalkan berbagai ragam bahan makanan berbahan baku ikan, dan juga untuk mempromosikan tingginya gizi yang dikandung ikan tersebut.

Sebanyak 25 tim di undang panitia untuk hadir dalam lomba masak ikan ini, yang hadir 14 tim. Panitia membagi 3 kategori lomba, Kategori Keluarga, Balita dan Kudapan. Masing masing tim mengutus anggota untuk tiap kategori.

Tim dari Bhayangkari Polres Kepulauan Mentawai pada lomba tersebut raih juara II di kategori makanan Balita dan harapan I di kategori makanan keluarga dan harapan II di Kategori Kudapan.

Kita puas dengan hasil yang didapat tim kita ujar Ny Rina Hendri Yahya usai acara tersebut. Di 3 kategori kita masuk daftar juara. Dengan adanya lomba ini pengetahuan dan keterampilan kita akan mengolah ikan jadi makanan keluarga bertambah imbuh Pembina Bhayangkari cabang Kabupaten Kepulauan Mentawai ini.

Sementara itu PPTK Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang sekaligus koordinator pelaksana acara Rudi S.Pi kepada BeritaSumbar melalui telepon selularnya mengatakan Kegiatan ini didukung penuh dinas perikanan Kabupaten kepulauan Mentawai. Sebagai salah satu daerah yang memiliki sumber daya ikan kita kemas olahan lokal berbahan baku ikan sehingga bisa berkembang dan menjadi salah satu komoditas unggulan daerah ini.

Dengan momen acara Festival Pesona Mentawai 2019 kita ikut ambil bagian dalam mempromosikan produk kuliner berbahan ikan, Imbuh Rudi S.Pi.(*)

loading...