31.4 C
Padang
Tuesday, October 20, 2020

Tiga Kandidat Berpeluang Jadi Rektor UNAND

Padang – Sebanyak tiga kandidat yaitu Werry Darta Taifur, Tafdil Husni, dan Masrul berpeluang untuk menduduki kursi sebagai rektor baru Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) periode 2015-2019.

“Kepastian calon ini setelah ketiganya memperoleh tiga besar suara terbanyak dalam pemilihan rektor tingkat senat pada Rabu (5/8) lalu,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unand 2015-2019 Firman Hasan, di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan dalam pemilihan tersebut Werry Darta Taifur memperoleh suara terbanyak dengan 35 anggota senat, diikuti oleh Tafdil Husni dengan 19 suara dan Masrul 16 suara.

Ketiganya menyingkirkan dua kandidat lain yakni Uyung S Hadinata dengan tiga suara dan Marlina dengan satu suara.

Setelah hasil ini senat kembali melakukan pemilihan bersama dengan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi yang menurut rencana pada 27 Agustus mendatang.

“Dari sini akan ditentukan siapa yang terpilih menjadi rektor baru Unand dalam empat tahun ke depan,” katanya.
Pada pemilihan tersebut kata Firman, senat memiliki suara 65 persen, sementara menteri akan memiliki suara 35 persen dari jumlah total pemilih.

Secara perhitungan jika pemilih senat yang hadir 76 orang berarti memiliki 76 suara, sedangkan suara menteri dihitung dengan mengalikan jumlah pemilih dengan kuota persentase suara pemilih 65 persen kemudian dikali dengan persentase suara menteri 35 persen.

Artinya bila nanti pada waktu pemilihan semua senat yang hadir 76 orang ditambah perwakilan menteri, total suara yang akan keluar yakni 117 suara.

Untuk itu dia mengimbau kepada seluruh anggota senat Unand untuk kembali hadir dalam pemilihan mendatang.
“Sebab pada hari itu menjadi titik tolak lahirnya pemimpin Unand pada periode baru,” ucapnya.

Sementara itu petahana Rektor Werry Darta Taifur mengapresiasi panitia pemilihan rektor Unand kali ini.
Menurutnya selain profesional dalam bekerja, panitia juga menjaga kedisiplinannya, terutama soal waktu.

Dari semua tahap pemilihan dimulai debat hingga pemilihan rektor tingkat senat lalu, sejauh ini tidak mengalami kendala dan keterlambatan.

Untuk itu dia berharap semangat tersebut dapat terus terjaga hingga selesai tahap pemilihan rektor akhir Agustus mendatang.

 

Sumber: Antara/Oleh M R Denya Utama
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dr Andani Gagas Gerakan Semesta Menghadapi Pandemi

Solok Selatan, - Guna menyiapkan nagari-nagari yang berdaya dalam masa pandemi Covid, diperlukan usaha-usaha yang konkrit dari berbagai lini untuk menghadapinya. Konsep...

Kekuatan (Sosial) Untuk Perubahan (Sosial)

Sulit sekali untuk membantah bahwa daya/kuasa ( power ) adalah sumber dari kemenangan atas apapun di dunia ini. Dalam situasi damai maupun...

Kemen PUPR: Pembangunan Bendungan Dapat Cegah Banjir Pangkalan

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI mengemukakan salah satu solusi untuk mengatasi banjir yang melanda...

Serap Aspirasi, Alirman Sori Temui Konstituen dan Sahabat di Pessel

Pesisir Selatan,- Senator Dr. H. Alirman Sori memanfaatkan masa reses untuk menemui Konstituen dan sahabat Also kampung halaman Kabupaten Pesisir Selatan. Selasa (13/10)...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -