24.4 C
Padang
Rabu, Desember 1, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Terkait Isu Lalat Banyak Di Limapuluh Kota, Ini Solusi Dari Masril Koto
T

- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Berdasarkan pemberitaan media online Beritasumbar.com yang dirilis pada Kamis 13 Juni 2019 lalu, seorang inovator bidang pertanian Masril Koto telah memberikan beberapa solusi di grup whatsapp Sikola Lapau. Berikut rangkuman redaksi ini terkait masalah lalat yang merata di Luak Limopuluah.

baca juga : Dikerumuni Lalat, Warga Minta Pengusaha Ayam Tanggung Jawab!

“Ini harus cepat di upayakan. Karena lalat membawa bakteri. Dan sebenarnya tidak rumit kok penyelesaianya, satu membersihkan kandang ayamnya dan mencampur kotoranya dengan bio bakteri, supaya tidak membusuk dan berulat. Bakteri tersebut bisa didapatkan di balai pertanian atau di buat sendiri.

Lanjutnya, “yang kedua adalah dengan cara penyemprotan supaya lalat ini berkurang, penyemprotan sudah boleh pakai pestisida untuk lalat. Yang ke tiga, buat perangkap lalat supaya lalat jantan tidak membuahi yang betina dan tidak berkembang biak lagi. Nah yang menanggung biayanya adalah si pengusaha ayamnya.”

Dan itu tidak mahal kok bagi pengusaha ayamnya, tapi ini memang harus kita atasi dan fasilitatori dengan cepat, kadang warga kita tidak paham atau tidak pandai menyelesaikan. Nanti justru akan jadi konflik. Di Payakumbuh kebanyakan peternak kita tidak mau berinovasi untuk penyelesaian limbahnya ini. Sedangkan itu berbahaya bagi peternak itu sendiri, termasuk bagi ayamnya juga.

yuuk ikut: Polling Kandidat Bupati Limapuluh Kota Di Pilkada 2020

Lebih lanjut dalam diskusi di grup WA Sikola Lapau yang berisi tokoh – tokoh Sumatera Barat itu, “untuk memfasilitasi masalah lalat itu, kita akan upayakan membuat sekolah lapangan peternak, disini bisa kita kembangkan cara mengatasi lalat dari kotoran ayam tersebut.” Jelas Masril Koto yang direspon baik oleh admin dan anggota grup. (FRP)

Guspardi Gaus Tanggapi Beredarnya Voucher Belanja Atas Namanya Di Pasaman Barat

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img