31 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Merenda Benang Emas Untuk Penambah Uang Belanja Dapur
M

- Advertisement -

Payakumbuh, Beritasumbar.com,-Mungkin tidak banyak diantara kita yang tahu bagaimana cara menyulam benang emas menjadi renda indah pada pakaian. Beragam motif renda penghias baju, songket atau selendang dihasilkan dari anyaman benang secara manual oelh kaum ibu buat penambah belanja dapur.

Penasaran akan renda renda indah di berbagai pakaian, BeritaSumbar mencoba menelusuri dimana dibuat. Akhirnya pada Jumat 14/6 kemaren bersua salah satu pengrajin renda benang emas ini.

Secara tidak sengaja BeritaSumbar bertemu dengan Cica Sulastri,salah seorang pengrajin renda benang emas di Balai Batuang Kelurahan Ompang tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Saat bertemu,Uni Cica panggilan sehari hari pengrajin ini sedang asyik membuat renda benang emas.

Yuuk Ikuti : Polling Kandidat Calon Gubernur Sumatera Barat Untuk Pilkada 2020

Sambil menjalin renda, Uni Cica menceritakan bahwa usaha sampingan ini ditekuni dari masa remajanya. Waktu itu diajari oleh keluarga bagaimana menjalin benang emas jadi renda pelengkap hiasan songket dan pakaian lainnya.

Renda yang sudah selesai kita jual kepada Pedagang pengumpul di Bukittinggi,cerita ibu dua anak ini kepada BeritaSumbar. Untuk satu buah renda dengan ukuran panjang 55 cm ini paling cepat siap 1 buah perhari,imbuh Uni Cica.

baca juga: Guspardi Gaus Tanggapi Beredarnya Voucher Belanja Atas Namanya Di Pasaman Barat

Daripada kita duduk tidak ada kegiatan atau bergunjing dengan tetangga lebih baik kita manfaatkan keterampilan membuat renda ini, dapat tertolong juga belanja dapur dan anak anak walau tidak terlalu besar, ujar Uni Cica

Kebanyakan renda renda seperti yang dikerjakan uni Cica dipakai buat pakaian adat, songket atau selendang. Sekarang pasaran renda agak lesu juga, semoga kedepan bisa membaik lagi sehingga pesanan bisa banyak, keluh Uni Cica.(*)

 

 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img