26 C
Padang
Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Syahrul Yondri, Penemu Cabe Kopay Pelopor Ketahanan Pangan 2013
S

Kategori -
- Advertisement -

Ketua Kelompok Tani Tanjung Subur Kelurahan Kotopanjang Dalam, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Syahrul Yondri, 45 tahun, terpilih sebagai Pelopor Ketahanan Pangan (PKP) 2013 Sumatera Barat. Petani penemu Cabe Kopay Payakumbuh itu, untuk selanjutnya mewakili Sumatera Barat dalam pemilihan PKP Tingkat Nasional tahun ini.

 

 

 

Sementara. Dalam lomba ketahanan pangan antar kelompok tani, Payakumbuh gagal mendulang prestasi terbaik. Kelompok Wanita Tani (KWT) Teratai dari Kelurahan Padang Datar, Kecamatan Payakumbuh Barat, yang mewakili Payakumbuh dalam lomba tersebut, hanya mampu merebut gelar juara ketiga. KWT Teratai gagal bertaung ke tingkat nasional.

 

 

 

 

 

Sekdako Payakumbuh Ir. H. Benni Warlis, MM didampingi Kepala Kantor Ketahanan Pangan Ir. Syahril, di Payakumbuh, Sabtu (7/9), menginformasikan, lomba PKP diawali dengan pengiriman profil dan data keltan ke Kementerian Pertanian di Jakarta. “Profil Syahrul Yondri berupan CD dan data Keltan Tanjung Subur dalam membudidayakan Cabe Kopay sudah dikirim ke Jakarta,” sebut Syahril.

 

 

 

Sesuai jadwal, 10 besar PKP 2013 akan diundang ke Jakarta, November mendatang. Setiap nominator akan mempresentasikan hasil pertanian keunggulannya di hadapan dewan juri nasional. “Untuk presentasi ini, kita optimis Syahrul Yondri punya kemampuan, karena ia sendirilah yang menemukan dan mengembangkan Cabe Kopay yang panjangnya mencapai40 Cm itu.

 

 

 

Cabe Kopay milik Syahrul Yondri itu, ungkap sekdako, sudah dipatenkan Kementerian Pertanian, 2011. Sejak itu, nama Syahrul Yondri dan Kota Payakumbuh semakin berkibar di tingkat nasional. Keltan Tanjung Subur pun sudah menjadi tujuan studi banding kelompok tani dari sejumlah provinsi di Tanah Air.

 

 

 

“Mudah-mudahan dalam Lomba PKP 2013 ini, Syahrul Yondri mempu mendulang prestasi nasional, sehingga nama Sumatera Barat dan Kota Payakumbuh makin berkibar di Tanah Air,” simpul Syahril.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img