25.2 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

Syahrul Yondri, Penemu Cabe Kopay Pelopor Ketahanan Pangan 2013
S

Kategori -

Ketua Kelompok Tani Tanjung Subur Kelurahan Kotopanjang Dalam, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Syahrul Yondri, 45 tahun, terpilih sebagai Pelopor Ketahanan Pangan (PKP) 2013 Sumatera Barat. Petani penemu Cabe Kopay Payakumbuh itu, untuk selanjutnya mewakili Sumatera Barat dalam pemilihan PKP Tingkat Nasional tahun ini.

 

 

 

Sementara. Dalam lomba ketahanan pangan antar kelompok tani, Payakumbuh gagal mendulang prestasi terbaik. Kelompok Wanita Tani (KWT) Teratai dari Kelurahan Padang Datar, Kecamatan Payakumbuh Barat, yang mewakili Payakumbuh dalam lomba tersebut, hanya mampu merebut gelar juara ketiga. KWT Teratai gagal bertaung ke tingkat nasional.

 

 

 

 

 

Sekdako Payakumbuh Ir. H. Benni Warlis, MM didampingi Kepala Kantor Ketahanan Pangan Ir. Syahril, di Payakumbuh, Sabtu (7/9), menginformasikan, lomba PKP diawali dengan pengiriman profil dan data keltan ke Kementerian Pertanian di Jakarta. “Profil Syahrul Yondri berupan CD dan data Keltan Tanjung Subur dalam membudidayakan Cabe Kopay sudah dikirim ke Jakarta,” sebut Syahril.

 

 

 

Sesuai jadwal, 10 besar PKP 2013 akan diundang ke Jakarta, November mendatang. Setiap nominator akan mempresentasikan hasil pertanian keunggulannya di hadapan dewan juri nasional. “Untuk presentasi ini, kita optimis Syahrul Yondri punya kemampuan, karena ia sendirilah yang menemukan dan mengembangkan Cabe Kopay yang panjangnya mencapai40 Cm itu.

 

 

 

Cabe Kopay milik Syahrul Yondri itu, ungkap sekdako, sudah dipatenkan Kementerian Pertanian, 2011. Sejak itu, nama Syahrul Yondri dan Kota Payakumbuh semakin berkibar di tingkat nasional. Keltan Tanjung Subur pun sudah menjadi tujuan studi banding kelompok tani dari sejumlah provinsi di Tanah Air.

 

 

 

“Mudah-mudahan dalam Lomba PKP 2013 ini, Syahrul Yondri mempu mendulang prestasi nasional, sehingga nama Sumatera Barat dan Kota Payakumbuh makin berkibar di Tanah Air,” simpul Syahril.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...
- Advertisement -

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.

Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS 2021, Bupati Lima Puluh Kota Ingatkan Prokes Covid 19 dan Motivasi Pada Peserta

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-- Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo melakukan peninjauan secara langsung pelaksanaan Tes Sekeksi Kemampuan Dasar (SKD) hari pertama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di SMPN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota pada, Rabu (15/9/2021)
- Advertisement -

Lima Positif Covid-19 dan Empat Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Perkembangan kasus Covid-19 Kota Payakumbuh terus melandai dari hari kehari. Dimana sampai Jumat(17/09) kasus aktif virus corona tinggal 49 kasus.

Literasi Digital, Melanie Soebono Hadir Virtual di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Aktris sekaligus musisi senior yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup, Melanie Soebono hadir secara virtual menyapa warga Kabupaten Limapuluh Kota. Melanie menjadi narasumber Literasi Digital yang diprakarsai Kemenkominfo, Sabtu (21/8).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Semakin Dekat Dengan Konsumen, Oli Mobil Evalube Perluas Layanan Ganti Oli Bersama Capella Daihatsu dan Isuzu

Padang, September 2021 – Oli mobil Evalube menghadirkan program kerja sama layanan ganti oli dengan Capella Daihatsu dan Isuzu. Hingga saat ini, layanan kerja sama ini sudah memberikan kemudahan bagi pelanggan yang tersebar di wilayah Sumatera (Medan, Padang, Aceh, Pekanbaru, dan Batam)

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...
- Advertisement -