25 C
Padang
Jumat, Januari 21, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sungai Lareh Wakili Provinsi Sumbar Lomba Tingkat Nasional
S

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Kelurahan Sungai Lareh, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terpilih sebagai kelurahan yang mewakili provinsi itu mengikuti lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Nasional 2015.

“Untuk Sumbar ditetapkan kelurahan yang mewakili Sungai Lareh, saat ini tengah dilakukan proses penilaian berkas,” kata Sekretaris Kecamatan Koto Tangah, Editiawarman di Padang, Rabu.

Ia mengatakan untuk penilaian tahap pertama hanya dikirimkan berkas laporan kegiatan yang digelar dalam pelaksanaan bulan bakti gotong royong sebagai indikator penilaian oleh tim pusat.

Kemudian, dari 34 kelurahan di seluruh Tanah Air akan diseleksi menjadi enam kelurahan untuk mengikuti penilaian tahap berikutnya.

“Kami optimistis akan lolos pada penilaian tahap pertama ini,” katanya.

Menurut dia partisipasi masyarakat selama ini cukup tinggi untuk membantu pengembangan infrastruktur di kelurahan itu.

Ia mencontohkan pada 2015 dibangun jalan sepanjang dua kilometer dengan bergotong royong tanpa ada biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk pembebasan lahan.

“Jika dinilai ganti rugi lahan beserta partisipasi gotong royong masyarakat untuk membangun jalan nilainya mencapai Rp13 miliar,” ujarnya.

Partisipasi ini yang menjadi poin penting sebagai bekal untuk dapat lolos pada penilaian tahap pertama, lanjutnya.

Ia mengatakan Kelurahan Sungai Lareh sebelumnya telah menjadi pemenang lomba bulan bakti gotong royong tingkat Sumbar oleh sebab itu ditetapkan mewakili daerah ini untuk tingkat nasional.

Bulan bakti gotong royong merupakan kegiatan yang memunculkan arti kebersamaan, kekeluargaan, serta melestarikan budaya gotong royong antara masyarakat itu sendiri, tambahnya.

Sementara itu Harika (24), seorang masyarakat Sungai Lareh mengharapkan apa yang sudah diperjuangkan selama ini berbuah manis dengan tampilnya kelurahan ini sebagai pemenang tingkat nasional.

“Semoga Kelurahan Sungai Lareh menang, sehingga apa yang telah dirintis masyarakat dengan pemerintah selama ini akan menjadi kebanggaan bagi warga Sungai Lareh dan Sumbar,” ujarnya. (iw)

 

Antara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img