25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Sukseskan Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Limapuluh Kota Gelar Rakor Lintas Instasi
S

Kategori -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 tinggal 5 hari lagi. Untuk suksesnya pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Limapuluh Kota, Bawaslu setempat mengundang sejumlah kepala OPD/Stake Holder untuk mengikuti Rapat Koordinasi (RAKOR) Kesiapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Bupati -wakil Bupati Limapuluh Kota.

Kegiatan yang juga diikuti Tim Pasangan Calon Bupati-Wakil dan Tim Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur itu digelar sesuai protokol kesehatan di salah satu ruang pertemuan Cafe di Kawasan Tanjung Pati Kecamatan Harau, Jumat pagi 4 Desember.

Bupati Limapuluh Kota yang diwakili Kepala Kesbangpol, Herman Azmar menyebutkan bahwa Pemkab Limapuluh Kota telah menjalankan kewajibannya untuk memfasilitasi Penyelenggara Pilkada, baik KPU maupun Bawaslu sebagai pengawas.

” Dalam Pilkada tahun 2020 ini Pemerintah Daerah telah melaksanakan kewajibannya dalam memfasilitasi KPU dan Bawaslu, Pemerintah Daerah juga ikut dalam melakukan Sosialisasi terkait aturan-aturan Pilkada, termasuk terkait data pemilih.” Ucapnya.

Sementara Kapolres Limapuluh Kota, AKBP. Trisno Eko Santoso dalam paparannya berharap dan menghimbau seluruh Paslon dan Tim Kampanye untuk menyukseskan dan menjaga Pilkada tetap aman dan berjalan secara normal, Kapolres juga mengingatkan agar peserta Pilkada untuk bersikap dewasa dalam berdemokrasi.

” Kita berharap Pilkada di Kabupaten Limapuluh Kota bisa berjalan dengan aman dan Normal. Kita juga mengingatkan peserta Pilkada untuk dewasa dalam berdemokrasi.” Ucap AKBP. Trisno.

Perwira dengan pangkat dua mawar itu itu juga menyebutkan bahwa pihaknya memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah hukum yang masuk ke Polres Limapuluh Kota menjadi tiga, yakni 469 TPS kategori aman, 11 TPS Rawan dan 1 kategori sangat Rawan.

” Ada 11 TPS Rawan di Daerah hukum Polres Limapuluh Kota, Namum kerawanan tersebut karena Geografis dan Infrastruktur jalan. Kita menghimbau jangan sampai ada pecah kaca, asap mengepul ataupun darah berceceran dalam Pilkada didaerah kita ini.” Tutupnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra menyebutkan bahwa Rapat Kordinasi yang digelar sebagai bentuk kesiapan seluruh pihak/stakeholder di Kabupaten Limapuluh Kota untik ikut ambil bagian dalam Pengawasan Pilkada.

” Prosesi Pilkada tidak bisa dilaksanakan oleh KPU ataupun BAWASLU saja, Namum oleh seluruh pihak. Untuk itu kita libatkan semua unsur, sehingga Pilkada didaerah kita bisa berjalan dengan aman, damai dan sehat”. Sebut Yori diamini Komisioner Bawaslu, Ismet Aljannata.

Ismet juga menambahkan, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan Pengawasan terhadap Proses Sortir dan Lipat yang dilakukan KPU.

” Setelah Proses Sortir dan Lipat terhadap Surat Suara Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota selesai kita awasi, kita lanjutkan dengan Pengawasan terhadap proses sortir dan lipat surat suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar.” Ucapnya.

Ketua KPU Limapuluh Kota Masnijon dalam acara tersebut juga menyampaikan bahwa pelaksanaan pencoblosan di hari H nanti diatur dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini mengingat pelaksanaan pilkada ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda negeri ini.

Anggota KPPS yang bertugas dipastikan dalam kondisi sehat. Hal ini dibuktikan dengan hasil rapit tes dan swab. Bagi yang positif kita sudah siapkan penggantinya. ujar Masnijon.

Untuk masa minggu tenang, Ketua Bawaslu dan Ketua KPU Limapuluh Kota juga berharap kerjasama semua lini yang terlibat di pelaksanaan pilkada serentak untuk membersihkan alat peraga kampanye. Baik terpasang dibangunan, lapangan terbuka maupun di kendaraan. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.
- Advertisement -

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Masuk Bursa Capres 2024, Ridwan Kamil: Kalau Jalannya Terbuka Saya Bismillah

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan kesiapan dirinya untuk maju sebagai Calon Presiden RI 2024 apabila memang jalan untuk maju terbuka. Pria yang...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Pemkab Lima Puluh Kota Ajukan Dana Rehab Rekon Pasca Bencana 42 Miliar Ke BNPB

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com- Untuk penanganan pascabencana yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota sejak beberapa tahun terakhir, Bupati setempat mengajukan anggaran...
- Advertisement -