27.9 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Sosialisasikan Pencegahan pelanggaran Pemilu, Panwaslu Limapuluh Kota Rangkul Segala Lini Masyarakat
S

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Mengingat pelanggaran dalam pemilu bukanlah hal yang bisa di anggap enteng,Panwaslu Limapuluh kota dari sekarang sudah mulai mensosialisasikan langkah pencegahan pelanggaran tersebut. Berbagai elemen dirangkul dalam pelaksanaan sosialisasi ini.

Mulai dari tokoh masyarakat di tiap kecamatan,ormas ormas yang ada di Limapuluh Kota, serta pelajar dan mahasiwa seperti yang di gelar sabtu 25/11 kemaren

“Sengaja kami undang adik-adik mahasiwa dan pelajar dalam kegiatan ini, supaya nanti adik-adik bisa mengetahui jenis-jenis pelanggaran pemilu menurut aturan perundang-undangan, serta dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan pesta demokrasi pada Pemilu 2019 mendatang,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra, di auditorium BPTU Padang Mengatas.

Dalam sosialisasi pengawasan partisipatif (pemilih pemula) Pemilu 2019 itu, hadir puluhan mahasiswa dari Kampus Politani Unand Payakumbuh Tanjung Pati, serta para pelajar SMA dari utusan sejumlah sekolah SMA/SMK. Materi sosialisasi diberikan langsung oleh para komisioner bersama unsur pimpinan dan sekretariat Panwaslu.

Yoriza Asra menyebutkan, berdasarkan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, saat ini tugas dan tanggung jawab Bawaslu berbeda dengan periode sebelumnya. Jika pada periode sebelumnya dengan UU Pemilu yang lama, lembaga pengawas pemilu hanya diibebankan menerima serta menindaklanjuti laporan pelanggaran masyarakat, sekarang Bawaslu diberi beban kerja pada bidang pencegahan.

Begitu pula terhadap penyelesaian proses sengketa pemilu, berdasarkan UU nomor 7, kini diberikan kewenangan untuk melidik serta memutus langsung proses sengketa. Ia juga menerangkan, ada 3 jenis pelanggaran pemilu yang bisa ditindaklanjuti oleh Bawaslu, sepanjang pelanggaran tersebut memenuhi unsur TSM, yaitu Tersstruktur, Sistematis dan Masif.

Tiga jenis pelanggaran dimaksud, pertama, pelanggaran administrasi, kedua, pelanggaran etika penyelenggara, serta ketiga pelanggaran pidana. “Ketiga pelannggaran ini adalah ranah kami menindak dan memutusnya. Makanya, kami minta adik-adik dapat berpartisipasi ikut mengawasi setiap tahapan, mengawasi dan melaporkan seandainya ada melihat pelanggaran dan kecurangan pemilu di daerah tempat tinggal masing-masing,” papar Yoriza Asra.

Adapun komisioner Panwaslu lainnya, Budi Febriandi, yang ikut menjadi nara sumber lebih menjelaskan kepada sistim pemilu berintegritas. Menurutnya, banyaknya kepala daerah dan anggota legislatif di Indonesia yang terlibat kasus hukum seperti praktik pidana korupsi disebabkan tidak terciptanya pemilu berintegritas di sebuah negara.

“Politik kita, seperti anggapan banyak orang, itu kotor. Itu wajar. Kenapa kotor? Karena diisi oleh orang-orang kotor. Jika saja diisi oleh orang-orang baik dan amanah tentu akan tercapai tujuan kesejahteraan bagi masyarakat. Makanya, orang-orang baik itu tidak boleh diam. Selama ini banyaknya terpilih para pemimpin korupsi, tidak amanah, karena orang-orang baik selalu diam tidak mau ikut campur,” sebut Budi Febriandi.

Masyarakat, katanya, harus diberikan pencerdasan dalam politik, agar mau berpartisipasi aktif dalam mengawasi setiap tahapan demokrasi. Itu lah tugas kami sebagai Panwaslu. Jika peyelenggara bersama-sama mau menjaga etika, tugas tanggung jawabnya sesuai aturan maka pemilu kita akan melahirkan para pemimpin bermartabat pula.(red/rilis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 3, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Forkopimda

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kota Padang Panjang sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2021 tanggal 25 Juli 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Padang Panjang, Selasa (27/07/2021)

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Sinergi Anggota Satgas TMMD Bersama Mahasiswa KKN Bekerjasama Membangun Nagari

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Program terpadu TMMD/N ke 111 tahun 2021 bertepatan dengan diadakan nya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Maek yang berasal dari kampus yang berbeda. Walaupun kegiatan KKN baru dimulai pada masa akhir TMMD, kerjasama pun tetap dilakukan.

Komsos Terakhir Dengan Pengrajin Makanan Tradisional Lemang di Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Pemberdayaan potensi Nagari dalam rangka menunjang perkembangan Nagari menjadi fokus utama dalam kegiatan TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Mulai dari potensi alam, wisata, ekonomi, dan berbagai peluang lain menjadi perhatian bagi anggota Satgas untuk bisa mengangkat Nagari dengan potensi yang bisa dikembangkan. Selain potensi alam yang menunjang pertanian, masih banyak potensi lainnya yang menunjang perekonomian Nagari Talanag Maur.

Ucapkan Terimakasih Pada TNI, TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Resmi Ditutup

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo sangat bersyukur dan tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas terbukanya jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan.

Selama TMMD di Teritorial 0306/50 Kota, Satgas dan Pemkab Tak Henti Cegah Penyebaran Covid-19 dan Ajak Warga Tetap Terapkan Prokes

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Usai sudah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota. Berbagai suka duka, dialami tim yang tergabung bersama Satuan Tugas TMMD yang berlangsung dari 15 Juni hingga 14 Juli itu.
- Advertisement -