26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Supardi, Payakumbuh harus Punya Branding
S

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Botuang merupakan salah satu jenis tumbuhan bambu yang banyak hidup di Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Dari zaman dahulu sudah banyak dimanfaatkan masyarakat daerah ini untuk kebutuhan sehari hari. Baik Untuk bahan baku rumah sampai pernak pernik isi rumah. Belum lagi yang di gunakan di lokasi pertanian.

Terinspirasi dengan banyaknya manfaat botuang ini para seniman Luak Limopuluah mengangkat sebuah festival dengan nama Payakumbuh Botuang Festival 2017. Minggu 26/11 acara ini di buka secara resmi oleh Erwin yunaz Wakil Walikota Payakumbuh di pelataran parkir Ngalau Indah. Sementara puncak atau pusat kegiatan diadakan di Panorama Ampangan payakumbuh selatan.

Supardi,Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari daerah pemilihan V (Payakumbuh dan Limapuluh Kota) dalam sambutannya mengatakan,Pernahkah kita berpikir, botuang(bambu) ini menyeberang ke luar Payakumbuh dengan nilai artistik tinggi. Para penggemar kerajinan bambu sangat banyak di Indonesia dan dunia. Tentu untuk meraih itu semua perlu usaha dan kerjasama dari semua unsur termasuk pemerintah, sehingga bernilai ekonomi. Tingkat kesejahteraan dan kehidupan masyarakat akan meningkat, kalau ini terolah maksimal. Hadir bersama kita saat ini pengelola dan pengrajin bambu dari Jepang, Satoru Hoshiba. Koreklah ilmu dari sang ahli.

Sepengetahuan kami, hingga kini belum ada brand yang dapat dibanggakan Payakumbuh untuk keluar. Padahal aset itu sendiri ada di Payakumbuh Kota Batiah ini. Apa Brand yang kita banggakan ? Sudah sepatutnya Payakumbuh miliki Branding, sebagai jatidiri kota ini.

Dengan dilaksanakankannya iven ini secara kolaborasi antara pemprov, pemko dan para seniman/budayawan akan menjadi pancingan bagi warga Payakumbuh untuk lebih kreatif dan bisa diakses. Dan bukan slogan semata dan terus tenggelam. Tentunya butuh koordinasi dan kerjasama.

Dan apa yang sudah di buat pada festival ini butuh pengelolaan berkelanjutan. Saat ini di Panorama Ampangan banyak di buat serba bambu. Belum acara di louching sudah ramai dikunjungi untuk berfoto foto oleh masyarakat.

Dengan Festival ini kita mengharapkan Payakumbuh mampu menciptakan sebuah branding untuk kota ini. Kota Payakumbuh harus memiliki suatu ciri khas. Kita tidak punya unggulan yang bisa di jual keluar untuk dunia pariwisata. Sekarang bagaimana kita bisa menciptakan sebuah brand tentang kota ini. Disaat orang bicara yang menjadi branding daerah tersebut,orang akan ingat Kota payakumbuh,Ujar Supardi usai acara di salah satu warung kopi di Payakumbuh kepada BeritaSumbar.com.

 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP
- Advertisement -

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Warga Tanjuang Gadang dihebohkan Penemuan Mayat Laki Laki

Masyarakat Jorong Guaguak None Kenagarian Tanjung Gadang kabupaten Sijunjung dihebohkan dengan penemuan mayat laki-laki Minggu (10/1) Sekitar pukul 09.30 WIB.

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -