26.1 C
Padang
Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Solok Selatan Luncurkan Seragam Daerah Bagi ASN Dan Pelajar
S

- Advertisement -

Padang Aro, beritasumbar.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) meluncurkan motif baju seragam daerah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelajar di daerah tersebut, Selasa (23/12).

Pelaksana Tugas Bupati Solok Selatan melalui Pejabat Sekretaris Daerah Fidel Efendi mengatakan bahwa peluncuran baju seragam daerah oleh Dekranasda untuk pegawai dan pelajar diharapkan akan membawa dampak positif terhadap pemerintah daerah, karna motif yang dibuat berdasarkan ciri khas dan ikon Pariwisata Daerah Kabupaten Solok Selatan.

“Saya mengapresiasi peluncuran baju motif bagi pegawai dan pelajar ini, semoga membawa dampak positif bagi Pemda dan menjadi ciri khas serta icon pariwisata,” katanya.

Ia mengatakan bahwa peluang BUMNAG (Badan Usaha Milik Nagari) untuk bekerja sama dengan perajin yang ada di nagari masing-masing sebagai bentuk usahanya terbuka lebar, sehingga permintaan seragam di nagari terutama untuk pelajar SD dan SMP bisa terpenuhi dengan bantuan modal Bumnag tersebut.

Motif baju yang sudah dibuat oleh Dekranasda, katanya bisa digunakan oleh semua perajin di Solok Selatan. Para pengrajin diimbau untuk terus meningkatkan kualitas sulaman dan bordiran, sehingga konsumen senang dan nyaman dalam menggunakan produk yang dibuat, serta dengan harga yang yang terjangkau.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyampaikan apresiasinya atas peluncuran motif seragam tersebut. Ia mengharapkan perusahaan yang ada di Kabupaten Solok Selatan bisa berkontribusi dalam melakukan pembinaan-pembinaan serta menyelenggarakan acara pemasaran sulaman khas daerah.

Ia meminta Pemda melalui OPD terkait untuk dapat mencarikan pemasaran hasil produk UMKM masyarakat, termasuk usaha sulaman bordir, serta dapat melakukan subsidi kerja sama dengan Bank melalui pembinaan dan pemasaran produk.

“Mari sama-sama kita mensupport kegiatan ini sehingga perajin Solok Selatan langsung mendapat peluang pasar di daerahnya sendiri,” himbaunya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Budiman mengatakan tujuan melaunching Motif baju seragam daerah ini adalah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya daerah melalui motif untuk seragam baju daerah. Serta mananamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni bagi kehidupan, dan mendorong semangat kewirusahaan. Budiman juga mengatakan bahwa pengerjaan motif pada seragam berbentuk sulaman dan bordiran akan dikerjakan langsung oleh para perajin yang ada di Solok Selatan, sehingga dengan adanya pemakaian motif seragam tersebut akan ikut memberdayakan pengrajin di Solok Selatan. (Akbar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img