30 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Solok Selatan Luncurkan Seragam Daerah Bagi ASN Dan Pelajar
S

Padang Aro, beritasumbar.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) meluncurkan motif baju seragam daerah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelajar di daerah tersebut, Selasa (23/12).

Pelaksana Tugas Bupati Solok Selatan melalui Pejabat Sekretaris Daerah Fidel Efendi mengatakan bahwa peluncuran baju seragam daerah oleh Dekranasda untuk pegawai dan pelajar diharapkan akan membawa dampak positif terhadap pemerintah daerah, karna motif yang dibuat berdasarkan ciri khas dan ikon Pariwisata Daerah Kabupaten Solok Selatan.

“Saya mengapresiasi peluncuran baju motif bagi pegawai dan pelajar ini, semoga membawa dampak positif bagi Pemda dan menjadi ciri khas serta icon pariwisata,” katanya.

Ia mengatakan bahwa peluang BUMNAG (Badan Usaha Milik Nagari) untuk bekerja sama dengan perajin yang ada di nagari masing-masing sebagai bentuk usahanya terbuka lebar, sehingga permintaan seragam di nagari terutama untuk pelajar SD dan SMP bisa terpenuhi dengan bantuan modal Bumnag tersebut.

Motif baju yang sudah dibuat oleh Dekranasda, katanya bisa digunakan oleh semua perajin di Solok Selatan. Para pengrajin diimbau untuk terus meningkatkan kualitas sulaman dan bordiran, sehingga konsumen senang dan nyaman dalam menggunakan produk yang dibuat, serta dengan harga yang yang terjangkau.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyampaikan apresiasinya atas peluncuran motif seragam tersebut. Ia mengharapkan perusahaan yang ada di Kabupaten Solok Selatan bisa berkontribusi dalam melakukan pembinaan-pembinaan serta menyelenggarakan acara pemasaran sulaman khas daerah.

Ia meminta Pemda melalui OPD terkait untuk dapat mencarikan pemasaran hasil produk UMKM masyarakat, termasuk usaha sulaman bordir, serta dapat melakukan subsidi kerja sama dengan Bank melalui pembinaan dan pemasaran produk.

“Mari sama-sama kita mensupport kegiatan ini sehingga perajin Solok Selatan langsung mendapat peluang pasar di daerahnya sendiri,” himbaunya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Budiman mengatakan tujuan melaunching Motif baju seragam daerah ini adalah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya daerah melalui motif untuk seragam baju daerah. Serta mananamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni bagi kehidupan, dan mendorong semangat kewirusahaan. Budiman juga mengatakan bahwa pengerjaan motif pada seragam berbentuk sulaman dan bordiran akan dikerjakan langsung oleh para perajin yang ada di Solok Selatan, sehingga dengan adanya pemakaian motif seragam tersebut akan ikut memberdayakan pengrajin di Solok Selatan. (Akbar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -

Cello Elby Rilis Video Lirik Lagu ‘Bebas’ Bersama Chossy Pratama Production untuk Ajak Generasimuda Percaya Diri

Tahun baru 2021 jadi awal bagi Cello Elby dalam memasuki industri musik profesional. Jebolan The Voice Kids Indonesia tersebut merilis video lirik single perdananya yang berjudul Bebas pada Kamis (7/1/2021) di kanal YouTube Chossy Pratama Production.

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.
- Advertisement -

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Enam Penambang Emas Tertimbun Longsor Di Solok Selatan, Dua Meninggal

Padang Aro, beritasumbar.com - Akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir, sebanyak enam orang penambang emas asal Jawa Tengah tertimbun longsor di...

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...
- Advertisement -